Rabu, 30 Maret 2011

Konsep Sehat

Jika kita bicara tentang kesehatan maka kita langsung terhubung dengan kata sakit, banyak orang yang mengartikan Sehat berati tidak Sakit, namun Sehat itu adalah suatu  hal yang relatif, serta kedudukannya dinamis dan bersifat individual. Secara umum sehat ada lah kondisi dimana jasmani, rohani serta lingkungan berada dalam kondisi baik (sempurna) dan tidak memiliki gangguan. Sehat bukan merupakan suatu kondisi tetapi merupakan penyesesuaian,sehat juga bukan merupakan suatu keadaan tapi merupakan proses. Proses sebagai adaptasi individu terhadap dengan lingkungan fisik maupun sosial.
Ada beberapa definisi lain, diantaranya :

  • Definisi Menurut WHO (1947)
      “Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan”.
 Dari definisi tersebut “sehat” mempunyui karakteristik yang dapat meningkatkan konsep sehat yang positif (Edelman dan Mandle. 1994):
1. Memperhatikan individu sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.
2. Memandang sehat dengan mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal.
3. Penghargaan terhadap pentingnya peran individu dalam hidup.

  • Definisi UU No.23,1992 tentang Kesehatan
“ Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dalam pengertian ini maka kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik, mental dan sosial dan di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral kesehatan”.

  • Definisi Sehat Dalam Bidang Medis
Sehat merupakan gangguan dalam fungsi tubuh yang menghasilkan berkurangnya suatu kapasitas.

  • Definisi Sehat Dalam Bidang atau Perwatan
o  Menurut Pender (1982)
“Perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (Aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural”.
o  Menurut Paune (1983)
“ Fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakanuntuk perawatan diri (self care Aktions) secara adekual”.
Self care Resoureces : mencangkup pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Self care Aktions : Perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahan kan dan menigkatkan fungsi psicososial dan piritual.
  • Definisi Sehat Menurut
Gambaran seseorang tentang penyakit sangatlah bervariasi. Banyak faktor yang mempengaruhi pandangan seseorang tentang sakit seperti dari status perkembangan, pengaruh social dan budaya, pengalaman masalalu, bahkan harapan seseorang tentang dirinya sendiri,

  •   Definisi sakit yang menyimpangan dari status sehat.
o   Menurut Pemons (1972)
“Sakit merupakan gangguan dalam fungsi normal individu sebagai tatalitas termasuk keadaan organisme sebagai siste biologis dan penyesuaian sosialnya”.
o   Menurut Bauman (1965)
Seseoang menggunakan3 kriteria untuk menentukan kesehatannya:
1. Adanya gejala : Naiknya temperatur, nyeri.
2. Persepsi tentang bagaimana mereka merasakan : baik, buruk, sakitda tidak sakit.
3.Kemampuan untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari : bekerja , sekolah.
  • Dalam Pengertian yang Luas
“sehat merupakan suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan internal (psikologis, intelektual, spiritual dan penyakit) dan eksternal (lingkungan fisik, social, dan ekonomi) dalam mempertahankan kesehatannya”.

         Secara naluriah manusia akan menghindari rasa sakit, salah satunya dengan cara hidup sehat.  Jika bicara tentang hidup sehat maka banyak sekali artikel yang membahas tentang “hidup sehat”. Mungkin sebagian orang akan bosan karena setiap artikel mengenai hidup sehat memiliki isi yang tidak jauh berbeda. Makan makanan yang bergizi,olahraga teratur, serta banyak berdoa adalah dasar dari hidup sehat. Untuk melengkapi tulisan ini, saya akan membahas tentang beberapa cara hidup sehat.

         Makan dengan bijak!!
Makan. Jangan terlalu banyak. Konsumsi banyak sayur, buah dan biji.” Denagn kata-kata ini Michael Pollan merangkum kiat diet yang sederhana namun sudah lama ter uji. Kiat-kiat tersebut diantaranya :
  • Konsumsi makanan segar
Utamakan makanan alami seperti makanan sehat dan segar yang telah dinikmati orang selama ribuan tahun dari pada makanan-makanan modern. Makanan-makanan jaman dahulu memang lebih sehat dan lebih baik. Makanan kaleng komersial dan makanan siap saji di restoran biasanya mengandung kadar gula, garam, dan lemak yang tinggi, yang sangat berkaitan erat dengan penyakit jantung, stroke, kenker, dan kenyakit kronis lainnya. Cara memasak juga harus diperhatikan, makanan yang dikukus lebih baik dari pada makanan yang digoreng. Upayakan lebih banyak menggunakan rempah dan bumbu untuk mengurangi garam. Pastikan agar daging dimasak sampai matang, dan jangan pernah menyantap makanan yang basi, selain rasanya yang tidak enak makanan basi akan membuat pencernaan menjadi tidak baik.
  • Jangan makan terlalu banyak
         Ada pepatah “makanlah selagi lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. Pepatah ini mungkin bermakna ganda, secara religi diartikan kita tidak boleh serakah dan secara fisik terlalu banyak makan memang bukanlah hal yang baik. Organisasi kesehatan dunia melaporkan adanya peningkatan yang membahayakan di seluruh dunia dalam jumlah orang yang mengalami kegemukan dan menderita obesitas. Mungkin masalah obesitas bukan lagi hal tabu dan tidak layak untuk dibicarakan.  Orang Dari banyak fakta obesitas memang menimbulkan banyak penyakit seperti darah tinggi, jantung dan diabetes yang dengan cepat mengurangi jumlah penduduk. Bukan hanya itu, secara langsung orang yang menderita obesitas akan mengalami banyak masalah seperti, kesulitan bergerak, berpakayan, mengikat tali sepatu, dan tidak jarang menjadi pusat perhatian (dalam arti negatif).
  • Konsumsi hasil pertanian
Hidangan yang seimbang terdiri dari beragam buah, dan biji-bijian ketimbang danging dan pati. Satu atau dua kali seminggu, makanlah ikan sebagai ganti dari danging. Kurangi makanan olahan seperti pasta atau roti putih, yang kandungan gizinya sabahian besar sudah hilang. Disini bimbingan orang tua sangat berperan dalam menjaga keseh atan anak-anaknya. Orang tua bisa mulai dengan member kacang-kacanagn dan buah-buahan serta sayuran segar yang sudah dicuci bersih untuk kudapan.
  • Minum banyak air
        Orang dewasa maupun anak-anak setiap hari perlu meminum cukup air. Minumlah lebih banyak lagi pada cuaca panas atau sewaktu melakukan pekerjaan fisik dan olah raga yang berat. Cairan yang cukup dapat membantu pencernaan, membuang racun dalam tubuh, membuat kulit lebih sehat, dan mengurangi berat badan. Minum banyak air bukan berati minum-minuman yang diberi pemanis atau minuman beralkohol. Minum-minuman yang bersoda bisa menambah berat badan 6,8 kilo dalam satu tahun, bila soda dikonsumsi secara permanen bisa mempercepat osteoporosis dan pengapukan tulang. Di beberapa Negara, air bersih sulit sekali didapat, dan mahal. Namun minum air mutlak perlu. Air yang tercemar perlu dimasak atau diproses secara kimiawi.
         Perhatikan Kebutuhan Dasar Tubuh
Pada dasarnya tidak ada orang yang membenci tubuhnya sendiri. Mangambil langkah dasar untuk mengurus diri bisa membuat kita jauh lebih sehat.
  • Cukup tidur
Tuntutan berbagai kegiatan dalam kehidupan moderen telah banyak menyita waktu terutama untuk tidur. Padahal tidur mutlak perlu untuk kesehatanyang baik. Penelitian menunjukan bahwa selama tidur, tubuh dan otak kita memperbaiki diri, yang bermanfaat untuk daya ingat dan suasana hati. Dengan tidur kita dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terkena infeksi, diabetes, stoke, penyakit jantung, kanker, obesitas, depresi, dan mungkin penyakit Alzemer. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam supaya bisa tampil dan beraktivitas seprima mungkin. Remaja yang kurang tidur lebih mudah mangalami problem psikologis. Tidur juga sangat penting sewaktu kita sakit, tetapi apa kita harus menunggu sakit dulu baru bisa meluangkan waktu untuk tidur.
  • Periksa ke dokter
Pada jaman sekarang banyak sekali virus serta penyakit yang tersebar, ada baiknya sesekali kita memeriksa kesehatan. Ada pepatah yang mengatakan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.
  • Jaga kesehatan gigi
Segala sesuatunya berawal dari mulut. Apapun yang kita makan akan masuk melalui mulut dan kemudian dicerna, karena hal tersebut kesehatan gigi perlu dijaga. Dalam gigi pun banyak syaraf-syaraf yang berhubungan dengan otak. Oleh sebab itu saat gigi kita terasa sakit terkagang kepala kitapun tersa pusing.

         Tetaplah Aktif 
       Andaikan garak badan adalah pil, itu akan menjadi obat yang paling luas diserap didunia. Diantara semua hal yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita, tidak ada yang lebih bermanfaat dari pada gerak badan.
Berjalan kaki adalah gerak badan yang bernamfaat bagi orang dari segala usia, selain itu berjalan kaki adalah salah satu olah raga termurah bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Joging, berjalan cepat, bersepeda dan ikut olahraga secara aktif dapat membuat jantung kita berdetak lebih cepat dan membuat kita berkeriangat, hal ini bisa meningkatkan ketahanan tubuh dan mencegah seranagn jantung dan stroke. Jika olah raga dilakukan secara benar dan teratur maka akan mengurangi berat badan kita.

         Kesehatan rohani
Kemudian cara menjaga kesehatan rohani dapat dilakuakan dengan beberapa cara, misalnya dengan memotifasi diri dan kelarga. Setiap orang yang cerdik akan bertindak denganpengetahuan.
  •  Terus belajar
Berbagai lembaga pemeritahan dan swasta di banyak negara menyediakan banyak program dan literatur pendidikan tentang topik kesehatan. Selama manusia hiduppun manusia selalu belajar. Seringkali terdengar hidup ini adalah proses belajar. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, dengan belajar kita dapat memiliki pengartahuan yang banyak dan  kita dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk hal-hal positif.
  • Memperdalam belajar Agama
Agama merupaka ilmu tertinggi yang mencakup segala aspek. Dengan memper dalam ilmu agama kita dapat mendapat ketenangan jiwa, karena pada dasarnya semua agama mengajarkan kita pada kebaikan.

Dalam banyak pengertiannya saya berusaha menyimpulkan, kesehatan itu mencakup dua unsur yaitu, kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan jasmani dan rohani sangatlah penting, keduanya tidak dapat dipisahkan. Jika salah satu diantaranya mengalai gangguan maka timbulah kata ‘sakit’. Kesehatan jasmani mempergaruhi kesehatan rohani, begitu pun kesehatan rohani mempengaruhi kesehatan jasmami. Misalnya saja, seseorang mangalami stress berati kesehatan jasmainya sedang terganggu (sakit), dan mambuat orang tersebut menjadi pusing, demam dan lain sebagainya. Atau seseorang yang mengidap penyakit kronis atau gangguan jasmani, maka bisa saja akan menggagu pikiran orang tersebut bisa menimbulkan depresi atau rohaninya terguncang.

Sumber   :
Tabloid rohani Sadarlah!. Lima kiat Untuk lebih sehat, halaman1-8. Maret 2011

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo