Minggu, 23 Januari 2011

Feng Shui Rumah

Fengshui adalah sebuah ilmu pengetahuan tentang keselarasan dengan alam, angin, dan air. Sebenarnya jika kita merasa nyaman dengan rumah kita sendiri, kita tidak usah memikirkan masalah feng shui. Namun ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman berada di rumah karena itu banyak orang sering mengganti tata letak rumah untuk menenukan kenyamanan tersebut. dalam menata letak bisa saja kita memper timbangkan aspek fengshui. Atau jika memang kita ingin merasa perfect dengan rumah tempat kita tinggal dan agar merasa nyaman serta yakin diri dalam menghadapi keseharian hidup, konsultasi dengan ahli fengshui adalah salah satu dari banyak pilihan. Yang perlu di perhatikan jika kita merasa perlu rumah kita ditata secara fengshui, maka tanya ahli fengshui.
Rumah yang nyaman atau "harmonis" tentu menjadi dambaan setiap orang. Meskipun ukuran kenyamanan dan keharmonisan itu berbeda untuk setiap orangnya. Namun, fengshui, seperti yang diungkapkan Taning Yandono, dari Yap Ceng Hai Feng Shui, punya definisi mengenai rumah yang harmonis, yaitu rumah di mana keluarga yang menghuninya memiliki kesehatan yang relatif baik, anak-anaknya berbakti dan patuh pada orangtua, berpendidikan baik, hubungan suami istri harmonis, secara finansial relatif berkecukupan. Artinya penghasilan lebih besar dari pengeluaran. Namun, menjadi sangat kaya, amat bergantung pada keberuntungan langitnya.
Bagi ahli fengshui, dalam menciptakan rumah yang harmonis bagi kliennya, biasanya memerhatikan berbagai faktor. Faktor utamanya adalah mengetahui penghuninya itu sendiri. Sebab, ada orang yang tidak cocok tinggal di suatu rumah, tetapi ada yang cocok dan sukses tinggal di rumah yang sama. Hal ini disebabkan pribadi setiap individu berbeda, dan fengshui menghitungnya dari tahun kelahiran. Faktor lainnya adalah aspek dimensi waktu, karena tidak selamanya suatu rumah mengalami nasib buruk atau nasib baik. Ini disebabkan oleh adanya periode perubahan.
Dalam fengshui ada yang disebut periode 20 tahun yang ditandai dengan align-nya Planet Saturnus dan Yupiter dalam satu garis. Bahkan, setiap bulan atau bahkan jam, energi yang memengaruhi suatu rumah bisa berubah. Tetapi, ada juga lokasi atau rumah yang memiliki masa kejayaan yang panjang.


Faktor umum eksternal
Meski setiap orang memiliki karakter yang spesifik yang memengaruhi penentuan tata ruang atau tatak letak dalam kehidupannya, para ahli fengshui mempunyai saran-saran umum dalam menentukan pilihan suatu tempat tinggal.
pertama yang harus di perhatikan adalah sejarah tanahnya.Kita harus yakin bahwa tidak ada energi "sha" yang mengarah ke pintu utama. Energi sha adalah energi buruk atau negatif yang di antaranya bisa ditimbulkan dari sudut bangunan di seberangnya yang mengarah ke pintu utama, tiang listrik, pemancar radio, dan bentuk jalan terhadap rumah (misalnya jalan tusuk sate). Bentuk rusuk sate menyebabkan energinya amat deras mengarah ke pintu utama. Reotnya, energi yang kencang dan langsung tersebut berpotensi menjadi energi buruk.
Sejarah kavling dan bentuk tanah ideal menjadi faktor lainnya yang harus diperhatikan. Kavling bekas kuburan atau kolam akan memancarkan energi yang berbeda dengan tanah kavling tegalan. Bentuk tanah ideal secara sederhana bisa ditandai dengan dimilikinya titik tengah oleh kavling tersebut.
Harus diyakinkan pula bahwa arah jalan masuk dan keluar terhadap arah pintu utama dan arah duduk tidak ada dalam formasi delapan killing forces, delapan jalan pemusnah, jalan bunga persik, robbery mountain sha, dan lain-lain.
Delapan killing forces, misalnya, berdasarkan arah duduk rumah tertentu tidak boleh berpasangan dengan arah kedatangan gunung (incomming mountain: seperti bangunan tinggi berantai sampai rendah) ataupun adanya tiang yang dapat menciptakan energi buruk pada arah tertentu. Semuanya ada delapan jenis arah masing-masing dalam formasi ini, kalau berpasangan sesuai rumus disebut formasi delapan kekuatan pembunuh.
Adapun jalan pemusnah berdasarkan arah hadap pintu utama tidak boleh berpasangan dengan kedatangan arah jalan tertentu yang melalui pintu utama, juga ada delapan jenis dalam formasi ini. Kedua formasi ini (delapan killing forces dan delapan jalan pemusnah) sangat kuat dan bisa mengakibatkan banyak masalah yang fatal bagi penghuni rumah.
Arah pintu utama tertentu tidak boleh berpasangan dengan arah jalan tertentu, yang kalau berpasangan-sesuai dengan rumus fengshui-akan masuk dalam formasi jalan bunga persik yang dapat membawa pihak ketiga dalam rumah tangga, mialnya selingkuh, bad romance, skandal.
Sementara robbery mountain atau energi buruk gunung perampokan bisa diakibatkan dari arah duduk rumah tertentu tidak boleh berpasangan dengan letak bangunan rusak, pohon mati, pilon, dan lain-lain, yang membawa energi buruk.
Sebenarnya hanya dengan arah pintu utama tertentu berpasangan dengan arah letak gunung tertentu dapat menghasilkan energi yang buruk, tetapi karena adanya arah letak jalan tertentu sehingga dari negatif berubah menjadi positif yang luar biasa. Formasi ini biasa disebut formasi lima sekawan. Banyak istilah berbau mistik, namun hanya istilahnya, sementara metodenya sama sekali tidak bersentuhan dengan mistik.
Banyak yang sangat percaya bahwa formasi ini kuat menghasilkan uang. Genting higland adalah salah satu contoh yang mempergunakan formasi ini. Formasi ini juga dapat dibuat sendiri dengan letak lanskap gunung di letak tertentu dan arah jalan air atau jalan masuk tertentu dengan pasangan arah pintu utama tertentu.

Faktor umum internal
Faktor internal rumah yang paling utama harus diperhatikan di antaranya adalah menghindari bentuk rumah yang aneh, mengukur arah bangunan untuk meyakinkan bahwa pintu utama memiliki bintang hadap yang paling berjaya dengan menggunakan metode flying star. Mengukur arah pintu utama apakah cocok dengan kua atau bintang pribadi kita ala fengshui. Kua yang dihitung berdasarkan tahun lahir seseorang dengan metode Ba Zhai (teori delapan rumah/eight mansions) dan juga sesuai dengan tujuan kita, misalnya untuk seorang spiritual lebih cocok pintunya mengarah ke arah stabilitas yaitu ketenangan, atau seorang pengusaha lebih disarankan mengarah ke arah keberuntungan.
Apabila halaman memungkinkan, dapat membuat naga air, seperti parit. Setelah itu, baru memerhatikan tata letak dalam rumah seperti letak tempat tidur, letak dapur, kamar mandi, letak kompor, dan arah tombol kompor, letak akuarium, dan lain-lain.
Bagi rumah yang sudah jadi dan belum bisa mengubah arah hadap pintu utama, kita bisa menggunakan partisi sebagai ekstensi arah masuk ke rumah.


Posisi pintu utama rumah
Banyak orang percaya bahwa pintu utama rumah atau pintu depan hendaknya menghadap ke timur atau selatan dan tidak menghadap ke timur laut atau ke sisi macan (kanan) rumah.
Walau demikian, banyak yang tidak mengetahui alasan dibalik kepercayaan ini. Karena ilmu Feng Shui berasal dari dataran Tiongkok yang mengkaitkan ilmu geografi dimana Utara lebih dingin sedangkan Selatan lebih hangat dan subur. Berikut penjelasannya :

Pintu Utama menghadap ke Timur
Sinar ultra violet matahari pagi adalah baik sedangkan sinar yang sama dari matahari sore hari terlalu kuat.
Pintu Utama menghadap ke Selatan
Aliran angin dari sebelah selatan lebih lembut dan berangsur-angsur, sedangkan hembusan angin secara mendadak akan menghamburkan Chi (energi) baik dalam rumah.
Pintu Utama menghadap ke Timur Laut
Ini adalah pengaruh jahat, sebab berada di bawah pengaruh Chi (energi) buruk, yang juga dinamakan Sha Chi.
Pintu Utama menghadap ke Sisi Macan
Adalah paling baik selama mulut macan tetap tertutup. Membuka dan menutup pintu ke arah sisi macan akan mempengaruhi gerakan mulut macan serta akan mengakibatkan masalah kesehatan dan peruntungan yang buruk.
Sebenarnya perhitungan feng shui yang benar misalnya hadap rumah, ukuran pintu, kamar tidur, kamar mandi, dan lain-lain hendaknya sesuai dengan tanggal lahir pencari nafkah. Keadaan yang paling baik adalah sesuai dengan suami dan istri.

beberapa saran letak posisi pintu utama rumah :

 
Pintu utama rumah sebaiknya tidak menghadap pohon, tiang, dan pintu gerbang halaman. 



Pintu utama rumah sebaiknya tidak menghadap jalan yang berbentuk huruf – T
Pintu utama hendaknya tidak menghadap ke rumah ibadah, bangunan urusan makam, kantor polisi


Pintu utama rumah sebaiknya tidak menghadap ke tangga
Pintu utama rumah sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu belakang 



Pintu utama rumah hendaknya tidak berhadapan dengan pintu kamar tidur mana pun
Ukuran pintu belakang harus lebih kecil daripada pintu utama
Pintu utama rumah hendaknya tidak menghadap sudut rumah tetangga, cerobong asap, tangki penyimpanan
Pintu utama rumah hendaknya tidak berhadapan dengan tempat mencuci dan pipa pompa air.
Saat memasuki pintu utama rumah, kompor, atau tungku perapian hendaknya tidak terlihat.
Pintu utama hendaknya segaris dengan dinding dan tidak menonjol ke dalam atau ke luar
Kamar mandi hendaknya tidak berada diatas pintu utama


Pintu utama rumah sebaiknya jangan berhadapan langsung dengan kamar mandi (Gbr. 6)
Demikian saran kami semoga bermanfaat.
 

Tata letak pintu
  • Penggunaan material pintu masuk utama harus padat karena memberi perlindungan untuk rumah dan dapat menjauhkan chi yang kurang baik.
  • Ukuran pintu utama tidak boleh lebih kecil dari pintu-pintu lainnya yang ada di dalam rumah tersebut karena apabila demikian menyatakan bahwa keluarga yang tinggal di rumah tersebut akan dimanfaatkan oleh orang lain.
  • Usahakan agar pintu utama tidak membuka ke ruang yang sempit, tapi ruang yang luas dan terang. Namun bisa sudah terlanjur, gunakan cermin di dinding yang tidak langsung menghadap ke pintu utama.
  • Usahakan agar pintu utama Anda tidak langsung menghadap ke koridor yang lurus. Untuk mensiasatinya, tempatkan pemisah seperti dinding lipat atau buffet untuk menghalangi energi buruk.
  • Usahakan agar pintu utama tidak berhadapan langsung dengan pintu lainnya yang ada di dalam rumah. Efek negatifnya sama saja seperti pintu utama yang menghadap ke arah koridor yang lurus. Yang sering terjadi, pintu utama berhadapan dengan pintu toilet, pintu kamar saling berhadapan, atau pintu kamar berhadapan dengan pintu toilet. Solusinya, letakkan cermin di kedua pintu yang berhadapan tersebut atau sekalian merenovasi rumah dengan mengubah posisi salah satu pintu. Namun bila tidak memungkinkan, tempatkan pemisah yang kokoh, khususnya untuk kasus pintu utama yang berhadapan langsung dengan pintu toilet.
  • Pintu masuk yang membuka ke dapur dapat membuat keberuntungan keluarga akan tersapu dan akan ada persaingan serta banyak keributan
  • Apabila kamar mandi atau toilet di lantai 2 berada di atas pintu utama rumah, maka akan menyebabkan gangguan serius pada pintu dan membawa nasib buruk karena energi negatif dari toilet mengalir ke bawah.
Letak tangga
  • Tangga tidak boleh berada di tengah rumah. Bisa dianalogikan dengan 9 kotak (3x3), maka yang dimaksud adalah kotak yang ada di tengah.
  • Untuk jumlah anak tangga, dihitung dari awal tangga dan diakhir dengan hitungan antara 1,2, dan 3. Jika berada pada akhiran 4 atau 5 akan bermakna sakit-sakitan dan bangkrut.
  • Tinggi per anak tangga yang terbaik di antara 16.5 cm - 18.5 cm.
  • Lebar anak tangga yang baik: 81 cm (makmur), 91 cm (sukses), dan 112 cm (kaya raya)
  • Tangga dengan bola berputar tidak boleh menjadi tangga utama karena nanti akan ada yang menumpang hidup di rumah Anda.
  • Jumlah tangga di dalam suatu rumah tidak boleh ada 3 atau lebih karena nanti akan ada PIL atau WIL (perselingkuhan)
  • Tangga yang waktu naik kemudian ke kiri berarti pria (suami) berkuasa di rumah itu, sedangkan tangga naik ke kanan berarti wanita (istri) yang berkuasa
  • Tangga utama tidak boleh terlihat dari pintu utama. Jika ya, gunakan penghalang.
  • Antara tangga utama dan tangga service (pembantu) tidak boleh bertemu atau berhadapan
  • Di akhir tangga boleh juga digunakan lukisan (seperti ikan atau kuda) dengan komposisi genap hitam (solid-biasa 2), ganjil (warna-biasa 7), dan yang penting ketika dijumlahkan totalnya ganjil.
  • Apabila tangga berbentuk U, yang naik harus di sebelah kanan, agar perputaran uang masuk ke dalam.
  • Tangga juga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu kamar

Feng shui nomer rumah
Cara terbaik untuk memahami energi murni dari angka-angka adalah melihat ke dalam numerologi atau ilmu kuno tentang angka-angka. Begitu Anda menjelajah beberapa sumber numerologi yang bagus, Anda akan mulai melihat persamaan di antara mereka dan memahami lebih banyak energi tentang angka spesifik, atau kombinasi angka-angka. Anda juga akan memahami bahwa masing-masing kultur mempunyai penafsiran-penafsiran yang agak berbeda untuk arti dari angka-angka.

Energi dari angka-angka, seperti halnya energi lain dalam hidup, selalu datang untuk membantu memahami perkembangan Anda. Begitu Anda merasakan arti angka-angka 0 sampai 9, Anda kemudian dapat menjumlahkan nomor rumah Anda untuk menemukan angka satu digit beserta artinya.

Janganlah menginterpretasikan arti dari angka-angka secara langsung. Misalnya, jika nomor rumah Anda adalah 313, yang jika dijumlah (3 + 1 + 3) berarti 7, dan salah satu kecenderungan dari nomor 7 adalah kesunyian/kesendirian, jangan menginterpretasikan bahwa akan tetap sendiri selamanya.

Cobalah untuk bijaksana menanggapinya. Kata-kata hanya dapat mengekspresikan secara terbatas. Anda harus merasakan energi di balik kata-kata tersebut.

Inilah arti yang sangat dasar dari energi angka-angka :

0 - kekosongan, ketiadaan, potensi
1 - arus tenaga yang tanpa halangan, permulaan-permulaan baru
2 - keseimbangan, pilihan, kooperasi
3 - kreativitas, keluarga, pernyataan diri
4 - stabilitas, mengandaskan, keamanan
5 - perubahan, kepanjangan daya akal, petualangan
6 - tenang, kesabaran
7 - perenungan, evaluasi diri, kesunyian
8 - ketidakterbatasan, kelimpahan, sukses di dalam bisnis
9 - nomor paling tinggi, pemenuhan, pencapaian.




sumber :
http://www.indospiritual.com/artikel_memilih-rumah-dengan-faktor-fengshui.html
http://www.indonesiamedia.com/2008/6/MID/fengshui/posisi.htm
http://www.squidoo.com/fengshui-rumah
http://www.indospiritual.com/artikel_tips-mengetahui-feng-shui-nomor-rumah-anda.html

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo