Rabu, 30 Maret 2011

Electroconvulsive Therapy (kejut listrik)

Electroconvulsive therapy (ECT) adalah salah satu metode dalam psikiatri untuk menangani pasien dengan penyakit-penyakit tertentu yang berhubungan dengan mental atau gejala emosional. alat ECT ini lebih besar dibanding kotak sepatu namun dapat memberi kejutan listrik ratusan volt dalam waktu yang di tentukan. Secara tidak langsung Terapi ini sangat tidak berprikemanusiaan karena pasien setelah diberi terapi ini menjadi koma sesaat dan berada di antara hidup dan mati. Jika di pikirkan terapi ini memiliki resiko yang sangat besar. ECT dianggap sebagai pengobatan pada pasien depresi berat, dan obat yang diberikan tidak berpengaruh pada pasien misalkan di saat pasien sudah diluar kendali, tidak makan dan minum atau pada saat pasien ingin bunuh diri. ECT juga digunakan sebagai pengobatan untuk scuzofrenia dan mani, tapi sekarang itu hanya kadang-kadang. 

Sejarah
ECT telah digunakan selama lebih dari 70 tahun, namun tetap salah satu perawatan paling kontroversial yang digunakan dalam psikiatri Meskipun psikiater paling mendukung penggunaannya, tetapi masih banyak orang yang tidak setuju dengan terapi ini.
Pada awal abad ke 16 alat kejut ini telah dipergunakan oleh orang-orang yang mengalami gangguan jiwa. Pada 1785, penggunaan terapi induksi kejang didokumentasikan di London Medical Journal. Terapi kejang diperkenalkan pada tahun 1934 oleh ahli saraf Hungaria Ladislas J. Meduna yang, keliru percaya bahwa skizofrenia dan epilepsi adalah gangguan antagonistic.  Dalam waktu tiga tahun terapi kejang Metrazol telah digunakan di seluruh dunia. Pada tahun 1937, pertemuan internasional pertama pada terapi kejang diselenggarakan di Swiss oleh psikiater Muller Swiss. Proses diterbitkan di American Journal of Psychiatry dan, dalam waktu tiga tahun, terapi kejang cardiazol telah digunakan di seluruh dunia. Italia Profesor Neuropsychiatry Ugo Cerletti, yang telah menggunakan kejutan listrik untuk menghasilkan kejang pada hewan percobaan, dan rekannya Lucio Bini mengembangkan ide menggunakan listrik sebagai pengganti Metrazol dalam terapi kejang dan, pada tahun 1937, bereksperimen untuk pertama kali pada seseorang. Sherwin B. Nuland, yang membicarakan masalah dengan seorang pengamat tangan pertama pada 1970-an, memberikan deskripsi berikut hasil penggunaan pertama dari ECT pada seseorang. 
Pada awal 1940-an, dalam upaya untuk mengurangi gangguan memori dan kebingungan yang berhubungan dengan pengobatan, dua modifikasi yang diperkenalkan yaitu penggunaan penempatan elektroda sepihak dan penggantian arus sinusoidal dengan pulsa singkat. Butuh waktu bertahun-tahun untuk singkat-pulsa peralatan untuk diadopsi secara luas. Beberapa waktu  ECT tidak di gunakan psikiater.
Pada 1940-an dan awal 1950-an ECT biasanya diberikan dalam bentuk "dimodifikasi", tanpa relaksan otot, dan penyitaan yang menghasilkan kejang skala penuh. Sebuah komplikasi yang jarang tetapi serius dari ECT tidak dimodifikasi adalah fraktur atau dislokasi tulang panjang. Pada tahun 1940-an psikiater mulai bereksperimen dengan curare, racun Selatan melumpuhkan otot-Amerika, dalam rangka memodifikasi kejang. Pengenalan suxamethonium (succinylcholine), sintetis alternatif yang lebih aman untuk curare, pada tahun 1951 menyebabkan penggunaan lebih luas dari ECT "dimodifikasi". Bius short-acting biasanya diberikan di samping relaksan otot dalam rangka luang pasien rasa sesak napas mengerikan yang dapat dialami dengan relaksan otot.

Pertumbuhan stabil penggunaan anti depresan bersama dengan penggambaran negatif ECT di media massa menyebabkan penurunan ditandai dalam penggunaan ECT selama tahun 1950 hingga 1970-an. The Surgeon General menyatakan ada masalah dengan terapi kejut listrik di tahun-tahun awal sebelum anestesi secara rutin diberikan dan, sekarang praktek-praktek kuno berkontribusi penggambaran negatif ECT di media populer. The New York Times menggambarkan persepsi negatif publik terhadap ECT sebagai terutama disebabkan oleh satu film,”For Big Nurse in One Flew Over the Cuckoo's Nest
Pada tahun 1976, Dr Blatchley menunjukkan efektivitas arus konstan ECT nya, perangkat pulsa singkat. Perangkat ini akhirnya digantikan perangkat sebelumnya karena pengurangan efek samping kognitif, meskipun beberapa klinik ECT di AS masih menggunakan perangkat sinus-gelombang.Tahun 1970-an melihat publikasi dari Psikiatri pertama tugas laporan Asosiasi Amerika berlaku pada terapi electroconvulsive (yang harus diikuti oleh laporan lebih lanjut pada tahun 1990 dan 2001). Laporan ini mendukung penggunaan ECT dalam pengobatan depresi. dekade juga melihat kritik dari ECT. Khusus kritikus menunjuk kekurangan seperti dicatat efek samping, prosedur yang digunakan sebagai bentuk pelecehan, dan aplikasi tidak merata ECT. Penggunaan ECT menurun sampai tahun 1980-an, "ketika digunakan mulai meningkat di tengah meningkatnya kesadaran akan manfaat dan efektivitas biaya untuk mengobati depresi berat". Pada tahun 1985 Institut Kesehatan Mental Nasional dan National Institutes of Health mengadakan konferensi pengembangan konsensus tentang ECT dan menyimpulkan bahwa, ECT sementara adalah pengobatan yang paling kontroversial di psikiatri dan memiliki efek samping yang signifikan, itu telah terbukti efektif untuk berbagai sempit gangguan kejiwaan parah. Karena reaksi yang telah dijelaskan sebelumnya, lembaga-lembaga nasional ditinjau praktek-praktek masa lalu dan standar baru ditetapkan.
Pada tahun 1978, The American Psychiatric Association merilis laporan tugas pertama berlaku di mana standar baru untuk persetujuan diperkenalkan dan penggunaan penempatan elektroda sepihak direkomendasikan. Tahun 1985 NIMH Konsensus Konferensi menegaskan peran terapi ECT dalam keadaan tertentu. Asosiasi Psikiater Amerika merilis laporan tugas kedua berlaku pada tahun 1990 di mana rincian khusus mengenai pengiriman, pendidikan, dan pelatihan ECT didokumentasikan. Akhirnya pada tahun 2001 Asosiasi Psikiater Amerika merilis laporan tugas terbaru gaya. Laporan ini menekankan pentingnya informed consent, dan peran diperluas bahwa prosedur telah dalam kedokteran modern.
Proses
  • Pasien dibaringkan di sebuah ranjang dan diikat dengan tujuan saat pasien dikejutkan dengan listrik tidak menimbulkan cereda fisik. Lidah pasien di beri penyangga adar pasien tidak mengigit lidahnya sendiri. 
  • ada sekitar 6 sampai 12 perawat, untuk keamanan pasien.
  • ECT di pasangkan di kepala dan ditur voltnya, sesuai dengan kebutuhan.
  • Pasien akan mendapat kejutan listrik selama beberapa detik, namun efeknya akan berlangsung lama (sekitar satu sampai dua jam), tubuh pasien akan mengalami kejang beberapa kali (efek listrik yang masih ada di tubuhnya)

 Resiko dan Efek samping
  • ECT tidak lebih berbahaya dari pada operasi kecil di bawah anestesi umum, yang memiliki tingkat kematian sekitar 1 dalam 10.000.
  • Ini dilakukan di bawah asuhan konsultan atau spesialis anestesi, yang mengelola anestesi umum dan memantau pasien selama prosedur.
  • Pasien akan kehilangan memori jangka pendeknya, namun pasien bisa mengingat kembali beberapa waktu kemuadian.
  • Beberapa orang menderita sakit kepala dan nyeri otot langsung setelah perlakuan dan ini merespon dengan baik untuk obat penghilang rasa sakit umum, seperti parasetamol.
  • Jumlah listrik diterapkan pada kulit kepala dan jumlah yang lebih rendah yang mencapai otak terlalu kecil untuk menyebabkan kerusakan otak abadi.
  • American Psychiatric Association, telah menyimpulkan bahwa tidak ada bukti bahwa ECT menyebabkan kerusakan otak struktural.
  • Kejang ditimbulkan oleh kejutan listrik penyebab utama kematian neuron .
  • Orang yang menderita epilepsi dan telah sesuai spontan (dalam kondisi yang jauh lebih sedikit hati-hati dikendalikan) tidak mengalami kerusakan otak berlangsung kecuali sesuai yang berkepanjangan. 

Persetujuan
  • Hanya dokter yang bisa hanya memutuskan untuk memberikan ECT pada pasien.
  •  Setiap pasien, yang cukup baik, akan memiliki prosedur yang dijelaskan kepada mereka dan akan diminta untuk memberikan persetujuan tertulis (izin) untuk pengobatan.
  • Persetujuan ini dapat ditarik setiap saat dan pengobatan akan dihentikan.
  • Pasien yang dianggap terlalu sakit untuk memberikan persetujuan masih akan memiliki prosedur yang dijelaskan kepada mereka, tetapi dokter independen yang ditunjuk khusus (yang tidak bekerja dengan dokter yang merawat pasien) akan diminta untuk memberikan pendapat. Jika ia menganggap ECT pengobatan yang paling tepat ini dokter kedua secara efektif akan memberikan persetujuan atas nama pasien.
  • Setiap orang mempertimbangkan ECT harus membicarakan hal ini dengan psikiater mereka, yang dapat menjawab pertanyaan spesifik mereka. 

Anonim.  http://en.wikipedia.org/wiki/Electroconvulsive_therapy. 31 maret 2011
Anonim. http://www.medhelp.org/lib/ect.htm . 31 maret 2011
Anonim. http://www.mdf.org.uk/?o=56908. 31 maret 2011
Mulholland Ciaran. http://www.netdoctor.co.uk/diseases/depression/electroconvulsivetherapy_000605.htm .
            31 maret 2011



0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo