Rabu, 17 Oktober 2012

Apa itu Data? Apa Hunbungan Data dengan SASD dan DASD? Apa itu SASD, dan Apa itu DASD?


Floppy Disk
Saya ingat, waktu SMP pertama kali saya belajar komputer (dan saya sangat menyukainya), Saya mengetahui dari penjaga warnet saat itu, kalau ingin menyimpan data pribadi, bisa di simpan disebuah benda yang bernama “disket”. Bentuknya kotak tipis dengan berbagai pilihan warna. Dulu harga sebuah disket bisa mencapai 3500/buah.dengan baik penjaga warnet mengajari saya bagaimana menyimpan data didalam disket tersebut.  Disket adalah alat bantu komputer yang merupakan memory tempat menyimpan data komputer, yang pertama kali saya tahu. Dan sekarang saya sering kali melupakan nama disekt itu. Berbagai memory buatan dan baru sangat banyak, misalnya flas disk yang sering di singkat FD, sampe Hard Disk Memory yang ingin saya miliki sekarang (dan harganya lomayan mahal, untuk 500Gb bisa diatas 6ratus ribu, dan yang 1Tera sudah mencapai satu juta. Cukup mengejutkan, di banding dulu, harga-harga ini sudah sangat melambung tinggi akibat banjir yang melanda thailand *curhat*).
Awalnya saat dosen soft skill saya menetapkan tugas ini, saya sama sekali tidak menegerti apa itu SASD dan DASD. Yang terlintas di fikiran saya adalah girl band korea SNSD dan SKSD(sok kenal sok deket). Setelah samapi pada minggu dimana saya harus (mau ataupun tidak) mengerjakan tugas ini, saya mulai memahami arti dari singkata-singkatan tersebut.

SASD, kepanjangannya adalah Sequential Access Storage Device dalam bahasa Indonesia berarti Penyimpanan berurutan, dan DASD adalah Direct Access Storage Device dalam bahasa Indonesia berarti Penyimpanan akses langsung.
Sebelum membahas lebi dalam mengenai SASD dan DASD, kita mengetahui apa itu Data dan Informasi.


Apa itu Data?

Hard Disk
Dalam tugas sebelumnya saya pernah menginggung masalah Data dalam definisi Informasi. Dalam wikipedia definisi data ad adalah catatan atas kumpulan Fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
Disamping itu ada definisi lain mengenai Data, misalnya Data merupakan bahan yang akan diolah atau diproses berupa angka-angka, huruf-huruf, symbol-simbol, kata-kata yang akan menunjukkan situasi dan lain lain yang berdiri sendiri..
Dalam tugas saya sebelumnya, diterangkan data merupakan serpihan dari Informasi. Dinama informasi adalah data-data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna. Sehingga dapat di beri contoh, data itu seperti kumpulan foto, pertama foto Taeyon, kemuaidan yang kedua Foto Sanny, dan seterusnya Yoona, Yuri, Jessica, Tiffany, hyoyeon, Sooyoung, dan terakhir ada foto kemudia  seohyun. Kemudia saat foto-foto itu di datukan maka akan membentuk Informasi yaitu Girl Band SNSD, yang terdiri dari 9 wanita cantik.  (semoga contoh ini dapat memepermudah dalam memahami arti Data dan Informasi)


Apa Hubungan Data dengan SASD dan DASD??

Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang dapat disimpan dalam memori menurut format tertentu. Data dapat disimpan dalam sebuah komponen yang disebut media penyimpanan (storege madia). Perangkat keras unbtu menulis data kedalam media penyimpanan tersebut dan membacanya dari media penyimpanan di sebut dengan alat penyimpanan (storage device).
Secondary storage merupakan tempat penyimpanan luar (external memory) karena tempat penyimpanan tersebut terpisah dari komputer yang bisa di gunakan untuk menyimpan data dan program dalam bentuk semi permanen. Secondary Storage umumnya sering disebut dengan Storage saja.
Tujuan utama dari Secondary Storage adalah menyimpan data dan program secara lebih permanen dan tidak bergantung pada catu daya atau listrik karena informasi disimpan di memory , khususnya RAM yang bersifat volatile (informasi akan hilang jika listrik mati). Strorage juga menjadi alat pendistribusian, dimana kita bisa memindahkan data dan program dari komputer satu ke komputer yang lain, dan dapat pula sebagai cadangan (backup), untuk mengamankan data yang telah di miliki, apa lagi untuk orang yang ceroboh seperti saya. Akan sangat menyesal jika tidak memiliki Backup Data.
Berdasarkan Proses baca dan tulis data, maka Storage di kelompokan menjadi dua bagian, yaitu SASD dan DASD


 Apa sebenarnya SASD?

magnetic tipe
SASD, kepanjangannya adalah Sequential Access Storage Device dalam bahasa Indonesia berarti Penyimpanan berurutan. Ciri-cirinya memiliki proses yang lambat, jika ingin mencari data harus memulai dari awal, unutuk sekarang ini sudah sangat jarang di gunakan. Biasanya di gunakan sebagai backup, karena lebih mudah di gunakan dan kapasitanya besar.

contoh dari SASD


Punched card
 Pita magnetik (magnetic tipe),  merupakan tempat penyimpanan yang menggunakan medan magnet. Pita magnetik yang digunakan untuk menyimpan data komputer dan mempunyai bentuk fisik yang sama dengan pita audio.  Media pita magnetik pertama terdiri dari gulungan besar tapi sekarang cartridge lebih disukai karena dapat menyimpan lebih banyak data dan lebih sedikit memerlukan tempat.  Sebagian besar sistem komputer mainframe mempunyai 1 atau lebih tape unit dan tape drive yang membaca dan menulis data pita baik dalam bentuk gulungan atau cartridge.
Punched card (kartu menekan), termasuk benda yang sudah uzur, secara luas digunakan di seluruh abad ke-19 untuk mengendalikan alat tenun tekstil dan di akhir abad 19 dan awal abad 20 untuk operasi organ gelap dan instrumen terkait. Punched card merupakan  sepotong kertas kaku atau kartu kecil berisi lubang-lubang yang berisi digital informasi yang diwakili oleh ada atau tidak adanya lubang dalam posisi yang telah ditetapkan. Merupakan yang menggambarkan berbagai instruksi atau data.
Punched paper tape 
Punched paper tape (pita kertas berlubang) adalah bentuk penyimpanan data, yang terdiri dari strip panjang kertas di mana lubang yang menekan untuk menyimpan data. Sekarang efektif usang, secara luas digunakan selama lebih dari abad kedua puluh untuk teleprinter komunikasi, untuk input ke komputer dari tahun 1950-an dan 1960-an, dan kemudian sebagai media penyimpanan untuk minicomputer dan CNC mesin perkakas.


Apa itu DASD?

DASD adalah Direct Access Storage Device dalam bahasa Indonesia berarti Penyimpanan akses langsung. Ciri-cirinya, untuk pengambilan data bisa langsung pada data yang dituju, karena itu memiliki proses yang lebih cepat di banding SASD.

Contoh dari DASD


Zip Drive
Magnetik seperti floppy disk atau hard disk. Floppy disk ini yang disebut sebagai disket, alat penyimpan yang pertama kali saya tahu. Agar dapat di gunakan sebuah disket harus di format terlebih dahulu. Format (formatting) adalah proses penyimpanan suatu disket kosong agar bisa di gunaka untuk menyimpan data. Namun sekarang umumnya disket kosong sudah langsung di format dari pabrik pembuatannyaFloppy disk, awalnya sebagai 8-inch (200 mm) media dan kemudian di 5,25-inci (133 mm) dan 3,5 inci (89 mm) ukuran, adalah suatu bentuk di mana-mana penyimpanan data dan pertukaran dari pertengahan 1970-an baik ke pertama dekade abad ke-21. Hard Disk terbuat dari beberpa Piringan (disk) yang digunakan untuk mencatat data komputer biasanya terbuat dari metal.  Beberapa piringan dapat disusun menjadi suatu tumpukan piringan (disk stack) vertikal. Tumpukkan piringan dimasukkan dalam disk drive atau disk unit. Dalam konfigurasi komputer mikro, disk drive berupa diskette drive dan hard disk. Konfigurasi mainframe atau komputer mini mencakup beber

apa disk drive untuk memberikan kapasitas yang memadai. Keunggulan utamanya adalah kapasitasnya yang besar dibanding Floppy. HDD kapasitas ditentukan dalam kelipatan 1000 - 1-terabyte (TB) drive memiliki kapasitas 1.000 gigabyte (GB ≈ 1 milyar byte). Namun, karena penggunaan sistem dan pelaporan tidak semua penyimpanan yang ditentukan yang pernah tersedia untuk penyimpanan pengguna.HDD kapasitas ditentukan dalam kelipatan 1000 - 1-terabyte (TB) drive memiliki kapasitas 1.000 gigabyte (GB ≈ 1 milyar byte). Namun, karena penggunaan sistem dan pelaporan tidak semua penyimpanan yang ditentukan yang pernah tersedia untuk penyimpanan pengguna.
Flash disk

Removeble hard disk seperti  Zip disk dan Flash disk. Zip Disk (disk Zip) merupakan sistem penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah, yang diperkenalkan oleh Lomega pada akhir  1994. Format ini menjadi yang paling populer di antara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Zip sistem yang dikembangkan dari sistem Bernoulli Box buatan Iomega; di kedua sistem, satu set alat pembaca atau penulis yang terpasang pada linear aktuator melayang di atas sebuah Floppy disk yang berputar cepat dan terpasang pada poros yang kokoh. Flash disk, sepertinya sangat dekat dengan hati para mahasiswa. Selain bentuknya yang sederhana dan mudah dibawa kemana-mana, Flash disk (FD) juga dapat digunakan sebagai hiasan atau gantungan (looh O,o). Flash disk bahasa komputernya USB flash drive, merupakan perangkat penyimpanan data yang meliputi memory falsh dengan terintegrasi Universal serial bus antarmuka (USB). USB flash drive biasanya dilepas dan ditulis ulang, dan secara fisik jauh lebih kecil daripada Floppy disk. FD sering digunakan untuk tujuan yang sama seperti disket atau CD-ROM, untuk penyimpanan, back-up dan transfer file komputer. FD kecil, lebih cepat, memiliki ribuan kali lebih kapasitas, dan lebih tahan lama dan dapat diandalkan karena mereka tidak memiliki bagian yang bergerak. Dan sekarang harga FD sedang agak menurun di pasaran, karena mulai ada FD yang kapasitasnya 32Gb. Dulu hanya FD gak mencapai 1Gb dan seiring berjalannya waktu, kapasitasnya terus bertambah sesuai kebutuhan. Kemarin terakhir kali saya beli FD 16Gb dengan merek HP (terkenal mahal n bagus) harganya mencapai 110ribu (dengan nawar). 8Gb berkisar 95rb rupiah. (catatan : jika keperluannya untuk memindahkan Film atau bertransaksi Film, di sarankan menggunakan FD di atas 16Gb atau HDE 500Gb)
Optical Disk, merupakan medium penyimpanan skunder adalah piringan optik disebut juga laser disk atau compact disk (CD). Kapasitasnya dapat ditingkatkan dengan menumpukkan piringan-piringan optik itu dalam suatu alat otomatis penyusun piringan yang disebut jukebox. Untuk backup data komputer dan transfer data fisik, cakram optik seperti CD dan DVD secara bertahap digantikan dengan lebih cepat, lebih kecil, dan lebih dapat diandalkan perangkat solid-state.  Demikian pula, CD player portabel pribadi telah digantikan oleh solid-state portabel pemutar audio digital (MP3 player), dan MP3 musik yang dibeli atau berbagi melalui Internet secara signifikan telah mengurangi jumlah CD audio yang dijual setiap tahun.Dulu saya menggunakan ini untuk menonton film atau mendengar lagu. 


Sekian Tugas Saya Minggu ke Empat ini.. /bye

 Sumber:

Sulianta, F. (2008). Komputer Forensik. Jakarta : Elex Media Komputido.

Ukar, K. (2006).Student Guide Series Pengenalan Komputer. Jakarta : Elex Media Komputido.


0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo