Rabu, 10 Oktober 2012

'All about CBIS' dan Apa itu Sistem Informasi Berbasis Komputer?


Sekilas kisah.
Pertama kali dosen menulis deretan huruf ini di papan tulis yang telintas di fikiranku adalah sesuatu yang rumit, selain karena mata kuliah ini bernama “sistem informatian psikologi”, mata kuliah atau bisa di bilang pelajaran dari dua fakultas yang berbeda. Kemudian dia menyebutkan sesuatu seperti “computer base sesssessses" begitu cepat dia menyebutkannya sampai saya mengira Dia berbicara bahasa parselmouth (bahasa ular dalam cerita Harry Potter).
Kemudia, tiba lah minggu dimana aku harus menulis artikel ini sebagai tugas. Yang pertama aku lakukan adalah membuka lembar google dengan kata kunci “all about CBIS”, menuliskan sampil menerka-nerka apakah artinya? Apakah Cucur Beras Isi Sosis?. Kemudia tersedia beberapa link dalam bentuk Bahasa Inggris yang memberi informasi mengenai CBIS(sesaat saya agak menyesal). Pada link pertama, saya terkejut saat membaca Chemical and Biological Information Sistem. Dengan bahasa Inggris saya yang pas-pasan, saya berusaha menerjemahkan situs tersebut. Chemical? Saya tidak tahu artinya, dan saya tidak berniat untuk membuka google translate. Bilogical, sepertinya memiliki arti biologi. Kemudian Information Sistem, saya pernah menulis artikel tentang ini sebelumnya. Beberapa saat saya berusaha meyakinkan diri ‘ini tugas yang dimaksud dosen saya’, karena sepertinya mata kuliah itu berhubungan dengan Sistem Informasi atau Teknologi Informasi bukan biologi, walau pun ada Tulisan mengenai ‘Sistem Informasi’. Setelah itu saya mencoba membuka link yang lain.
Link kedua bertuliskan “Chicago Biomedicine Information Service”supporting the missions of the BSD and madical center. Oke, saya langsung yakin ini bukan link yang benar. Bagaimana mungkin BSD (Bumi Serpong Damai) ada di Chicago? BSD itu di Indonesia, tepatnya dekat dengan Tanggerang.
Saya berfikir sepertinya ada yang salah mengenai kata kunci yang saya tulis, jadi saya mulai mencari lagi dengan hanya menggunakan kata kunci “CBIS”, dan hasilnya wooollaaa... CBIS itu adalah Computer Based Information System (dengan penuh keyakinan ‘ini pasti tugas saya minggu ini’). Dengan situs berbahas Indonesia, dan sebagian lain Berbahasa Inggris.

Apa ini hanya certita atau curhatan? Bukan.
Ini salah satu contoh kesalahan informasi akibat CIBS atau Computer Based Information System atau informasi sistem berbasis komputer. Mari kita segera mulai Topik ini. (Saya sarankan sebelum membaca artikel ini, mohon menyiapkan pop-corn atau sejenis makanan ringan lainnya, karena bahasan yang panjang dan akan menyita banyak waktu. Jangan lupa minumnya.)


Apa itu C.B.I.S?                                                    

C.B.I.S Terdiri dari 4 kata “Computer Based Information System”.

Definisi ‘Computer’
                Computer, adalah salah satu bagian dari Artificial Intelegence (kecerdasan Buatan).  Dan bahasa Indonesianya adalah “komputer”, selanjutnya Computer akan kita sebut dengan komputer.  Dalam wikipedia komputer di definisikan sebagai “alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan”.

Definisi ‘Based’
Kata dasarnya adalah “base” karena ingin menunjukan komputer makanya manjedi “based”. (saya mule sok tau). Yang artinya (bahasa Indonesia) berbasis.

Arti Berbasis + Komputer?
Mungkin definisinya adalah basis yang menggunakan komputer. Dalam bahasa Indonesia kata berbasis tidak dapat berdiri sendiri. Kata ini dapat memiliki arti yang lebih mendalam jika menjelas kan kata yang berada di depannya. Misalnya, informasi berbasis komputer, sistem berbasis komputer atau sistem informasi berbasis komputer. (abaikan paragraf ini)

Untuk Definisi dan info ‘Information System’ (informasi dan sistem) yang lebih jelas dan lengkap silahkan melihat artikel tugas sebelumnya. Dengan cara klik pada kata Informasi dan sistem di atas. Sekarang hanya di bahasa seperlunya mengenai Sistem dan Informasi.

Definisi ‘Information’
Information dalam bahasa Indonesia adalah “informasi”. Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.  Informasi itu adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna. Sedangkan Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata atau disebut sebagai fakta.

Definisi ‘system
System dalam bahasa Indonesia adalah “Sistem”. Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan. Selalin itu sistem juga merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut.

Arti Sistem + Infomasi ?
Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang memiliki tujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu


Apa itu ‘Sistem Informasi berbasis komputer’?

Jika keempat kata ini di gabung menjadi, mengandung arti ‘sistem Informasi yang menggunakan basis komputer’.
Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan sebagi alat bantu dalam pengambilan keputusan.
Sistem Informasi “berbasis komputer” ini juga mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengban kebutuhan pemakainya.
Secara teori, dalam kegiatan Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer. Tetapi pada prakteknya, sistem informasi yang sangat kompleks tidak dapat berjalan dengan baik, jika tidak menggunakan komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
                Dengan demikian mari kita sahkan definisi sistem Informasi berbasis komputer adalah sebuah sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan perangkat keras atau lunak komputer.


Apa Manfaat atau Fungsi Sistem Informasi Berbasis Komputer?

Melihat dari definisi sistem informasi berbasis komputer diatas, maka kita dapat menerka-nerka apa saja fungsi CBIS tersebut. Yang paling populer tentunya adalah dalam bidang ekonomi. Contohnya, persaingan antar perusahaan. Setiap perusahaan pastinya menginginkan laba yang besar, untuk mencapai itu konsumen harus membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan, dalam hal ini tidak mungkin konsumen bagitu saja dapat membeli prodak tanpa mengatahui jenis, guna dan kualitas dari barang tersebut. karena itu dibutuhkan sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebut sangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan keputusan bagi konsumen untuk memilih produk yang tepat, maupun bagi perusahaan dalam menentukan apa saja yang ingin di produksi. Secara tidak langsung manfaat ini juga menambah penghasilan bagi perusahaan.
Masih dalam bidang ekonomi,  sistem informasi berbasis komputer ini dapat menghemat waktu (time saving), biaya (cost saving) dan tenaga. Misalnya saja seseorang ingin membeli Maichi, keripik pedas dengan harga murah dan kualitas bangus. Maka mencari informasi, dan menemukan situs resmi pabrik maichi yang berada di luar kota. Dan Ia memesan online maichi, secara tidak langsung orang tersebut menghemat biaya, waktu dan tenanga. Secara biaya, Ia tidak perlu pergi ke pabriknya langsung untuk membeli maichi, ongkos yang dikeluarkan hanya untuk sekali jalan atau ongkos kirim barang. Secara waktu dan tenaga akan lebih cepat membeli onlie di banding ita harus ke tempat pembuatannya itu, selain kita tidak tau lokasi percisnya kita juga akan kehabisan banyak waktu dan tenaga dalam perjalanan.
Selain itu guna lain dari Sistem Informasi Berbasis Komputer adalah peningkatan efektivitas (effectiveness), pengembangan teknologi (technology development), dan pengembangan personel (staff developmen). Sistem informasi berbasis Komputer ini dapat meningkatkan efektivitas atau meningkatkan daya guna suatu barang, misalnya saat kita tersesat di suatu tempat, ponsel kita akan meningkat efektifitasnya saat menggunakan GPS (Global Positioning System). Secara tidak langsung sistem informasi berbasis komputer pula mempengaruhi perkembangan teknologi. Memang pada awalnya sistem informasi berbasis komputer ini merupakan bagian dari perkembangan teknologi, namun bagian dari perkembangan teknologi ini justru berpengaruh besar pada perkembangan teknologi lainnya. Misalnya perkembangan teknologi nuklir dan teknologi kedokteran.
Meningkatkan kreatifitas. Ya. Contohnya saya, mencari inspirasi dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis komputer. Saya mencari bahan atau informasi yang berkaitan dengan artikel-artikel yang saya buat kemudian saya dapat mengembangkannya dengan cara saya sendiri.
              Jauh dari pada segi materi, sistem informasi berbasis komputer ini bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, bukan haya pengetahuan mengenai Artificial Intelegence, namun cabang ilmu pengen tahuan lain. Misalnya  saja ilmu psikologi, untuk mengembangkan dan menjangkau seluruh psikolog diseluruh dunia, maka didirikan APA (American Psychological Association) yaitu lembaga  himpunan psikologi. Dengan cukup mudah para calon serta psikolog dapat mencari jurnal-jurna yang dibutuhkan bagi riset atau kebutuhannya, secara tidak langsung sistem informasi berbasis komputer ibni mempercepat kemajuan ilmu psikologi.

Apa kerugian Sistem Informasi berbasis Komputer?
Sesuatu yang praktis pasti ada efek sampingnya, seperti kita memakan mie instan. Cepat, lezat dan mengenyangkan, namun efeknya terjadi di usus kita nantinya. Sama sepeti teknologi atau sistem informasi berbesis komputern mereka memiliki efek samping yaitu menjadi malas. Sistem informasi yang mudah didapat akan menaikan tingkat kemalasan. Saat diberi tugas orang akan cenderung malas mencari, karena menganggap bahwa informasi sangat mudah dicari.
Selanjutnya harga informasi akan menurun. Sama seperti hukum ekonomi. Semakin banyak barang yang tersedia dipasaran maka harga belinya semakin menurun, dan kebalikannya semakin langka barang di pasaran maka harganya semakin melambung tinggi.
Terjadi banyak misscomunication, atau kesalahan informasi. Mudahnya orang mengakses informasi, seringkali membuat kesalahan, contohnya pada cerita saya di awal tadi. Saya menggunakan sistem informasi berbasis komputer namun saya malah salah mencari informasi, karena banyaknya informasi mengenai CBIS.
Mungkin masih ada lagi kerugian lain, tetapi jika Anda mencarinya di google maka Anda tidak akan menemukannya dengan mudah. (mungkin ini adalah permainan bisnis para mengusaha sistem informasi berbasis komputer)

Apa saja komponen CBIS itu?

Hadware : computer equipment used to perform input, processing, and output activitas. Dalam bahasa Indonesia berarti peralatan komputer yang melakukan pemasukan data, pemrosesan dan mengeluaran data.
Software : computer programs that govern the operation of the computer. Dalam Bahasa Indonesia yang berarti, program komputer yang mengatur segala macam pengoprasian komputer.
Data base : an organized collection of facts and information, typically consisting of two or more related data files. Dalam bahasa Indonesianya berarti, fakta atai informasi yang terorganisasi, dan biasanya terdiri dari dua atau lebih file data yang saling berhubungan.
People : the most important element in most computer based information systems. Yang berart, unsur yang paling penting dalam sistem informasi berbasis komputer. Bagaimana tidak, manusia yang menciptakan, menggunakan, memasukan, dan mengeluarkan informasi.
Produrest : include the stategies, policies, methods, and rules for using the CBIS. Berarti, dalam mengunakan CBIS harus meliputi stategi, kebijakan, metode, dan aturan.

Bagaimana evolusi dari Sistem Informasi Berbasis Komputer?
Kita mulai dari membahasa mengenai Evolusi Komputer. Ada empat tahap utama, atau generasi komputer, dalam evolusi perangkat keras komputer:
Generasi Pertama, Vacuum Tube teknologi tahun 1946-1956. Generasi ini didasarkan pada tabung vakum untuk menyimpan dan memproses informasi. Tabung-tabung dikonsumsi banyak kekuasaan, hanya bertahan sebentar, dan menghasilkan banyak panas. Ukurannya besar, memori terbatas (main memory 2 kilobyte), kecepatan 10, 000 instruksi per detik.
Generasi Kedua, Transistor tahun 1957-1963. Generasi  ini didasarkan pada transistor untuk menyimpan dan memproses informasi. Transistor mengkonsumsi daya yang lebih kecil, menghasilkan lebih sedikit panas. Namun setiap transistor harus dibuat secara individual dan kabel menjadi papan sirkuit cetak-sloe & proses yang membosankan. Memory (RAM 32 kilobyte), kecepatan 200, 000 - 300, 000 instruksi per detik.
Generasi Ketiga, Sirkuit Terpadu tahun 1964-1979. Generasi  ini didasarkan pada sirkuit terpadu. Sirkuit Terpadu dibuat dengan mencetak ratusan dan kemudian ribuan s transistor kecil pada chip silikon kecil. Perangkat ini disebut semikonduktor. Memory: 2 megabyte (RAM), kecepatan 5 MIPS.
Generasi Keempat, Sangat Skala Besar Sirkuit Terpadu dari tahun 1980 sampai sekarang. Generasi ini didasarkan pada skala yang sangat besar sirkuit terpadu (VLSIC). VLSIC yang dikemas dengan jutaan sirkuit per keping. Memory: lebih dari 2 gigabyte kecepatan 200 MIPS. Ukurannya kecil.
Selanjutnya, Mikroprosesor merupakanTeknologi VLSIC, dengan jutaan transistor pada satu chip, mengintegrasikan memori komputer, logika, dan kontrol pada satu chip (mikroprosesor, atau komputer pada sebuah chip). Mikroprosesor, Microcomputers, Microcomputers, Minicomputer, Superkomputer, Microcomputers, notebook, Personal digital assistant (PDA) dan masih banyak lagi. Jangan memaksa saya untuk menjelaskan benda-benda itu semua, selain saya tidak terlalu mengerti, saya juga tidak mau mengerti. Karena saya tidak memiliki cukup uang untuk membeli benda-benda tersebut. Jadi lebih baik saya tidak tau benda-benda itu.
Yang jelas untuk masa sekarang ini komputer sudah berkembang. Bukan semakin besar ukurannya, namun semakin kecil. Namun tetap disain atau bentuk dari generasi komputer ini terus di setarakan dengan tingkat kebutuhan masyarakat.
/bye


0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo