Rabu, 06 April 2011

Manusia

bersambung dari entri yang tadi...
kalo gak salah aku pernag nulis di bloh tentang manusia juga... tapi mungkin di mantan blog aku yang aku buat di "ngeblog.com" blognya tiba-tiba ilang dan gak bisa di buka.. rese banget emang...
nah karena tadi nyinggung-nyinggung kata "manusia" aku jadi terinspirasi nulis tentang mahluk yang bernama "manusia" itu... (teringan hari sabtu ada quis filsafat)

apa itu "Manusia"???
dari mana manusia berasal??
siapa si manusia??

beberapa pandangan filsuf mengenai manusia...
Sokrates berkata "kenali dirimu sendiri".  
Plato dan Plotinus berkata bahwa manusia adalah suatu mahluk Tuhan"
Epikurus "manusia adalah suatu mahluk yang berum,ur pendek, lahir karena kebetulan dan tidak berisi apa-apa"
Descrates "manusia adalah hewan yang berfikir terbentuk dari jiwa dan raga" dia juga pernah berpikir bahwa "kebebasan manusia itu dalam beberapa segi sama dengan kebebasan Tuhan"
Voltare "manusia adalah hewan yang paling berkembang dalam hidup"
Hobbes "manusia adalah mahluk agresif dan jahat"
Roseau "manusia adalah mahluk yang baik menurut kodratnya"
si Buber, Marcel, Levinas, sama Mounier berpendapat "manusia mahluk yang bernialai unik"
Spinoza "manusia hanya banyangan dari subtansi ilahi"

maka menurut teori Yasika (sok kaya filsuf) "manusia itu adalah mahluk ciptaan Tuhan yang dapat bergerak dan berfikir (memiliki alak dan budi) yang juga merupakan mahluk terjahat menurut alam dan sekaligus mahluk terbaik menurut kodratnya."

manusia selalu manganggap dirinya adalah mahluk sempurna karena manusia memiliki akal pikiran.(memiliki kelebihan yang tidak dimiliki mahluk lain) Akal pikiran adalah senjata tercangih manusia, dengan akal pikirannya manusia bisa menjadi mahluk baik di muka bumi ini, namun dengan akalnya serta ketamakannya manusia juga bisa menjadi mahluk penghancur, predator dan memangsa nomer satu di dunia.
Hewan, Tumbuhan dan kata Tuhan tidak akan ada jika manusia tidak ada. Manusia merupakan pencipta dan penghancur. 
Ada yang mengatakan manusia adalah mahluk pencari kebenaran, namun kebenaran itu sendiri berasal dari akal pikiran manusia.
jika berbicara mengenai manusia makan akan sangan luas aspeknya karena semua saling berhubungan. seperti yang di tulis tadi "manusia merupakan pencipta." Jika manusia tidak berfikir maka tidak ada yang mengenal Tuhan.
Manusia bisa dipandang dalam 4 aspek biologis, rohani, kebudayaan ataupun secara campuran.  
Secara biologis, manusia adalah salah satu spesies di muka bumi yang diklasifikasikan sebagai Homo sapiens , sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi dengan otak berkemampuan tinggi. manusia biasanya dianggap sebagai satu-satunya spesies yang dapat bertahan hidup dalam genus  Homo. Manusia menggunakan daya penggerak bipedalnya (dua kaki) yang sempurna. Dengan adanya kedua kaki untuk menggerakan badan, kedua tungkai depan dapat digunakan untuk memanipulasi obyek menggunakan ibu jari.
Dalam hal kerohanian, manusia dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam  agama dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan keTuhanan atau mahluk hidup dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.
Dalam antropologi kebudayaan, manusia dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan bisa disebut saling melengkapi.

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo