Jumat, 21 Januari 2011

Menghilangkan Jerawat


Wajah adalah pesona setiap insan, baik itu pria atau wanita. Hal yang pertama kali diperhatikan jika kita bertemu seseorang adalah wajah. oleh karena itu kita wajib menjaga kebersihan wajah kita. Jika di wajah kita muncul yang namanya jerawat, pasti akan mengganggu sekali terhadap penampilan kita, khususnya bagi wanita yang selalu peduli akan kecantikan. Jerawat akan lebih menyiksa lagi karena sering muncul pada masa pubertas yang katanya sebagian besar orang adalah masa yang paling indah, masa2 pacaran.
Menghilangkan jerawat memangtidak mudahm, terkadang jerawat datang kemudian hilang dengan sendirinya tanpa diobati sekalipun (jerawat yg ini katanya karena banyak pikiran) namun ada juga jerawat yang ngeyel walau sudah diatasi dengan bermacam cara kemudian semakin membanyak, merajalela dan menggerogoti kulit wajah kita. Nah kalau sudah begini nih yang ada makin ga pede aja ketemu orang apalagi ketemu cewek cantik.
Berikut ini cara atau tips sederhana menghilangkan jerawat dari cara simpel sampai cara-cara alami.



  • Mencuci wajah 2 kali sehari
Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu menghilangkan minyak di permukaan kulit kita. Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
  • Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit
Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda..jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.
  • Hindari kosmetik yang berminyak
Secara alami wajah kita akan memproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.
  • Keringkan wajah dengan handuk yang bersih setelah mencuci mukan
Karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat.
  • Hindari stress.
Menurut banyak sumber, salah satu pemicu jerawat adalah akibat stress. Jadi kalau kamu ingin menghilangkan jerawat atau mencegahnya agar tidak muncul, sebisa mungkin hindari stress. Enjoy aja lagi, nikmati hidup.

  • Minum air putih 2 liter sehari
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, selain kulit kita akan selalu fit dan sehat, tubuh kita juga akan sehat karena. mengkonsumsi air dapat mengembalikan cairan tubuh yang terbuang karena aktifitas setiap hari melalui keringat, pernapasan, air seni, dan sekresi. mangin minum air 2 liter sehari akan menimbulkan efek samping seperti, sering buang air kecil.
  • Mengunakan Pelembab kulit
Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah-pecah. Hal ini di sebabkan karena udara yang semakin panas, sehingga membuat kulit kehilangan kelembapannya, jadi kita perlu mengunakan pelembab agar kelembapan kulit kita tetap terjaga. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak, namun sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air.
  • Hindari makanan manis
Hindari atau minimalkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula (sugar), coklat (chocolate), dan kacang dan juga makanan pedas, berminyak serta makanan berlemak. Makanan-makanan seperti itu akan mengganggu peredaran darah pada tubuh, jadi proses detoxitasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Daun kemangi dan daun peterseli (parsley) dipercaya juga bisa mengobati jerawat dari dalam tubuh.

  • Cukupi Kadar Protein
Remaja juga perlu kadar protein yang cukup dan saya anjurkan untuk memilih tempe dan tahu. Mengapa tempe dan tahu, karena tempe dan tahu diduga mengandung estrogen, yaitu suatu hormon yang berfungsi untuk menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat dan mencegah kanker prostat. Hindari makanan berlemak dan berminyak jenuh (minyak yang sudah dipakai berkali-kali).
  • Makan sayur dan buah
sayur2an mengandung banyak vitamin yang menyehatkan kulit kita. Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu perlu juga untuk menambahkan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel, wortel, dan tomat karena mengandung antioksidan.
  • Rajin berolahraga. 
Karena dengan berolahraga, panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotorannya. Penjelasannya begini, saat kita olahraga maka peredaran darah kita akan lancar dan proses detoxitasi akan berjalan teratur, jadi darah-darah kotor yang ada di dalam tubuh bisa terbuang.
  • Cukup tidur
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.
  • Jangan pernah memencet jerawat
Bukan malah sembuh, tapi malah bisa menyebabkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah. selain itu memencet jerawat akan membuat pori-pori wajah sekain besar dan berakibat timbulnya jerawat lain.
  •  Menghilangkan jerawat dengan jeruk
Kita juga bisa menghilangkan jerawat dengan jeruk. Jeruk nipis atau jeruk lemon mengandung antioksidan yang bagus untuk wajah, juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. caranya, ambil jeruk dan patong beberapa bagian, lalu ambil sarinya, kemudian usapkan dengan kapas kebagian wajah yang berjerawat sehari 2-3kali setiap pagi dan sore.

  • Menghilangkan Jerawat dengan memakai masker dari pepaya
Coba buat masker pepaya untuk menghilangkan jerawat secara alami. Caranya, Pepaya yang sudah matang dihaluskan (bisa ditambahkan jeruk nipis), dan pakailah untuk maskeran. Diamkan sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Lebih baik dilakukan menjelang tidur. Masker pepaya, selain bisa menghilangkan jerawat secara alami, juga mempunyai khasiat menghilangkan komedo dan mencegah wajah kusam. Sebenarnya masih banyak komposisi masker alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Misalnya masker tomat dan mentimun, caranya buah tomat atau timun, dipotong tipis-tipis, kemudian diamkan di kulit sekitar 10-15 menit.
  • Menghilangkan Jerawar dengan Lidah Buaya
Perhatian jangan gunakan lidah yang asli dari mulut buaya. Caranya Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. yang perlu di perhatikan bahwa kita harus  telaten dalam melakukan cara ini. Selain untuk wajah lidah buaya sangat bagus untuk rambut.

  • Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi
Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama denga kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.
  •  menghilangkan Jerawat dengan Tomat
Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam (blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.
  • Menghilangkan jerawat dengan Putih Telur
Caranya, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat
  • Menghilangkan jerawat dengan Bawang Putih
Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari. Banyak yang mengatakan kedua cara ini cukup efekktif, namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain. Jangan khawatir masih banyak cara alami lainnya yang akan saya jelaskan di bawah ini.


0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo