Kamis, 06 Januari 2011

makalah teknologi komputer dalam bidang psikologi pendidikan


Yasika (15509902)
Kelas: 2 PA 05

Kata Pengantar


Dengan puji syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada saya sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul: ‘Teknologi komputer dalan bidang psikologi pendidikan”
saya menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini. Terutama kepada desen penbimbing mata kuliah soft skil ini.
Makalah ini memang masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, saya telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, saya akan menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini, dan saya berharap makalah ini dapat berguna bagi yang membacanya.


Penyusun
Bab 1
Pendahuluan
a.       Latar belakang
Manusia berkembang dari sebuah  masalah, karena itu setiap karya ilmiah mengunakan hipotesis (perumusan masalah). Untuk menyelesaikan  masalah itu manusia akan terus berkembang  mengunakan akalnya, sampai akhirnya manusia menciptakan kemajuan-kemajuan dan pengetahuan yang disebut teknologi. Secara garis besar teknologi merupakan hasil dari pemikiran manusia, untuk membantu  pekerjaan manusia.
Perkembangan dan Kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, menuntut berbagai pihak untuk terus menyesuaikan diri. Di bidang psikologi pendidikan juga tidak luput dari  hal itu. Terutama untuk meningkatkan kualitas dan memajukan konsep-konsep pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi.
Psikologi pendidikan adalah studi  ilmiah tentang perilaku dan proses mental.  Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu buah bahasan tersendiri untuk menjelaskannya. Kemajuan teknologi tentunya akan mempengaruhi banyak bidang temasuk di bidang psikologi pendidikan. Kerena pendidikan harus difokuskan pada anak secara keseluruhan dan kemampuan anak untuk beradaptasi dengan  perkambangan lingkungan.

b.      Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini adalah  teknologi komputer dalam bidang psikologi pendidikan.

c.       Tujuan
Untuk mengetahui teknologi apa saja yang menunjang dalam bidang psikologi pendidikan dan manfaat-mafaat teknologi tersebut dalam perkembangan psikologi pendidikan tersebut.

 Bab 2
Pembahasan

a.      Teknologi Komputer
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan  mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan di dalam  memori serta bekerja secara otomatis dalam  aturan tertentu. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan  berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung.  Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu  alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan  instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah  dan  hasil pengolahannya, serta menyediakan  output dalam bentuk informasi.  Sedangkan  menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan  menghasilkan output berdasarkan  instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam  memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Berdasarkan data yang diolah, komputer dibedakan menjadi tiga yaitu:
1.      komputer Analog,
2.      komputer Digital
3.      Komputer Hybrid.
Berdasarkan penggunaannya digolongkan menjadi dua yaitu komputer untuk tujuan khusus
(Special Purpose Computer) dan Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer).
Berdasarkan Kapasitas dan ukuran dibedakan menjadi enam yaitu
1.    KomputerMikro(Micro Computer);
2.    Komputer Mini (Mini Computer
3.    Komputer Keeil (Small Computer)
4.    Komputer Menengah (Medium Computer);
5.    KomputerBesar (Large Compute)
6.    KomputerSuper (Super Computer).
Berdasarkan Generasinya diklasifikasikan menjadi lima yaitu
1.    Komputer Generasi Pertama (1946-1959
2.    Komputer Generasi Kedua(1959-1964)
3.    Komputer Generasi Ketiga (1964-1970);
4.    Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5.    Komputer Generasi Kelima.

b.      Teknologi Komputer Yang Menunjang Bidang Psikologi Pendidikan
Setidaknya ada delapan  potensi teknologi komputer berbasis internet dan ada tiga potensi kategori komputer berbasis non internet untuk menunjang bidang Psikologi Pendidikan terutama di bidang Bimbingan dan Konseling. Potensi teknologi komputer berbasis internet untuk Bimbingan dan Konseling, diantaranya:
1.    E-mail atau  surat elektronik
2.    Websites , home pages
3.    Komputer konfrensi video
4.    Sistem bulletin board, lislservs / newsgroups
5.    Simulasi terkomputerisasi;
6.    Pangkalan data , FTP Sites
7.    Chat Rooms / electroni Discussion groups
8.    Software.
Mengenai potensi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
1.    E-mail atau surat elektronik. Potensi penggunaan oleh konselor entara lain, untuk terapi, marketing, screening, client / therapist, Surat menyurat untuk penjatualan , janji, monitoring inter-sessions, dan tindak lanjut post-therapeutic, transfer rekaman klien, referal, masukan, pekerjaan rumah, penelitian dan colegia' profesional Web sites' home pages Potensi penggunaanoleh konselor antara lain, untuk Pemasaran, periklanan, diseminasi informesi, dan publikasi.
2.      Komputer konfrensi video Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk therapy, pekerjaan rumah, referral dan konsultasi.
3.      Sistem bulletin board / listservs/ newsgroups Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk konsultasi referal , alih tangan kasus, sumber daya untuk informasi dan kegiatan asosiasi profesional.
4.      Simulasi terkomputerisasi Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk Supervisi dan pelatihan kompetensi
5.      Pangkalan data' FTPSites Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk Panelitian, sumber informasi bagi therapist, sumber Aplikasi Teknologi Komputer untuk Bimbingan dan Konseling informasi perpustakaan, penilaiandan analisis.
6.      Chat Rooms I Electronic Discussiongroups Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk Terapi kelompok, membantu diri sendiridan dukungan  pengukuhan.
7.      Software Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk Pelatihan Ketrampilan dan keah/ian,bantuan diri sendiri, dan pelatihan ketrampilan pekerjaan rumah, dan pekerjaanrumah. Sedangkan potensi penggunaan komputer dalam internet untuk

Bimbingan dan Konseling yang dapat digunakan dalam pekerjaan konseling antara lain:
1.      Spreatdsheets, Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk Tata kearsipan, data organisasi, intormasi klien dan penelitian.
2.      Pemerosesan kata Potensi penggunaan oleh konselor antara lain,untuk Tata kearsipan,surat menyurat, marketing, publikasi penelitian.
3.      Software Potensi penggunaan oleh konselor antara lain, untuk Pelatihan ketrampilan untuk professional dan klien, informasi bantuan diri sendiri, marketing, manajemen kantor, sumber referensidan catatan kasus.


c.       Teknologi komputer berperan  untuk pendidikan di sekolah
Selain untuk bimbingan konseling perkembangan teknologi komputer jelas sangat mempengaruhi kualitas pendidikan saat ini. Banyak paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari banyak mata pelajaran, seperti  matematika, bhs inggris, geografi, sejarah, ekonomi dan pelajaran lainnya. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Kita bisa memperoleh informasi apapun hanya dengan mengunakan internet.  Sekarang pun banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh ini. Karena kemajuan tersebut pula munculah mata pelajaran soft skill yaitu, mata pelajaran yang mengasah kemampuan siswa dan maha siswa di bidang tegnologi dan internet.  Internet juga sebagai kelas jarak jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD. Selain itu juga teknologi komputer mempunyai peran yang sangat penting antara lain:
1.      Munculnya elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah  guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Hal tersebut menjadikan peran guru sebagai pahlawan tampa jasa kurang di hargai lagi.
2.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3.      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Berkembanya mara pelajaran soft skill, tugas diberikan melalui E-mail atau surat elektronik.
  1. Dampak negatif dari berkembanya teknologi bagi bidang pendidikan
      Dalam sebuah kemajuan yang pesat (revolusi) pasti memiliki dampak negatif terutama dalam bidang psikologi dan pendidikan, misalnya saja  kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan  ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan  tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran  melalui internet tersebut. Sedangkan alat tes tersebut bersifat sangat rahasia.
Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
Selain itu pola interaksi antar masyarakat  akan  berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga sudah merubah pola interaksi keluarga. Komunikasi melalui internet memang memudahkan namun terkadang kesalahan pada jaringan internet bisa membuat komunikasi menjadi tidak lanar.selain itu teknologi yang cangih bias menimbulkan kesalah pahaman.  Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mai terkadangl telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri di dunia maya, dan terkadang malah membuat kita semakin malas. Orang jadi tidak memiliki semangat juang, karena sekarang semua informasi mudah di dapat hanya dengan Komputer.

Bab 3
Kesimpulan
Komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.  Potensi teknologi komputer berbasis internet untuk Bimbingan dan Konseling, diantaranya  E-mail I surat eleldronik, Websites , homepages, komputer konfrensi video, Sistem bulletin board, lislservs / newsgroups, Simulasi terkomputerisasi Pangkalandata , FTP Sites, Chat Rooms / electroni Discussion groups, Software. Banyak paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari banyak mata pelajaran, seperti  matematika, bhs inggris, geografi, sejarah, ekonomi dan pelajaran lainnya. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh ini. Dalam sebuah kemajuan yang pesat, pasti memiliki dampak negatif  misalnya saja  kerahasiaan alat tes semakin terancam , penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal pola interaksi antar masyarakat  akan  berubah.


Daftar Pustaka
roziqin khoirul / 2010/Manfaat komputer/http://www.scribd.com/doc/16890796/Manfaat-Komputer/. 7januari 2011
kuyudz yuda/ 2008/Dampak Komputer/http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/23/dampak-kemajuan-teknologi-komputer/ .7januari 2011

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo