Senin, 03 Januari 2011

Struktur otak


1.      1. Forebrain
Forebrain terletak di sekeliling ujung rostral dari otak. Bagian utamanya, Dienchephalon dan telencephalon.
·         Telencephalon
Terdiri dari dua belah hemisphere yang simetris dan membentuk otak besar (cerebrum), yang dilapisi oleh cerebral cortex dan terdiri dari basal ganglia dan system limbic. Telencephalon merupakan bagian terbesar dari otak manusia. Fungsinya untuk mengatur gerak yang tidak di sadari (volunter), menginterpretasikan input sensory dan bertugas sebagai mediator bagi proses kognitif.
o   Cortex
Hemisphine dilapisi jaringan yang disebut Cerebral cortex.  Cerebral cortex adalah lembaran jaringan saraf yang terluar ke otak. Hal ini memainkan peran penting dalam ingatan, perhatian, kesadaran persepsi, pikiran, bahasa, dan kesadaran. Ini didasari sampai enam lapisan horizontal, masing-masing memiliki komposisi yang berbeda dalam hal neuron dan konektivitas.  Sebagian besar cortex terdiri dari sel glia, soma sal, dendrite dan interneuron. Karena sebagian besar cortex terdiri dari soma sel, maka sebagian besar corten berwarna abu-abu. Bentuk jaringan cerebral ini bergelombang (berlipat-lipat), dalam lipatan tersebut terdapat sebuah jurang yang disebut fissures(jurang yang dalam) dan sulci(jurang yang dangkal). Fissure yang membagi cortex menjadi dua bagian yaitu dua buah central fissure dan dua buah lateral fissure. Fissure utama ini membagi cortex menjadi empat bagian di sebut dengan lobus, lobus frontal, parietal, temporal, occipital.

o   System limbic
Sistem limbik adalah satu set struktur otak termasuk hipokampus, amigdala, nukleus thalamic anterior, septum, korteks limbik dan forniks, yang tampaknya mendukung berbagai fungsi termasuk emosi, perilaku, memori jangka panjang, dan penciuman. Beberapa ilmuwan telah menyatakan bahwa konsep sistem limbik harus ditinggalkan sebagai usang, karena didasarkan lebih dalam tradisi transien dari pada fakta. System limbic terdiri dari limbic cortex dan satu set struktur interkonesi, yang berfungsi dalam proses prilaku yang bermotivasi.
o   Basal ganglia
Basal ganglia dalah sekumpulan subcortical nuclei pada forebrain yang terletak dibagian anterior dari vertrikel lateral. Secara umum basal ganglia terlibat dalam proses pengandalian gerak. Basal ganglia terdiri dari globus pallidus yang terletak dibagian lateral dari thalamus.

·         Diencephalon
Dienchephalon adalah bagian dari farebrain yang terletak antara telencephalon dan midbrain, dan mengelilingi ventrikel ketiga. Diencephalon terdiri dari dua stuktur utama yaitu thalamus dan hypothalamus.
o   Thalamus
Thalamus adalah pasangan garis tengah struktur simetris dalam otak vertebrata, termasuk manusia. Hal ini terletak antara korteks otak dan otak tengah, baik dalam hal lokasi dan koneksi saraf. Fungsinya termasuk menyampaikan sensasi, rasa khusus dan sinyal motor ke korteks otak, bersama dengan peraturan kesadaran, tidur dan kewaspadaan.




thalamus adalah struktur terbesar di diencephalon, bagian dari otak yang terletak di antara otak tengah (mesencephalon) dan otak depan (telencephalon). Anatomis, talamus bertengger di atas batang otak, dekat pusat otak, dalam posisi untuk mengirimkan serabut saraf ke korteks serebral di segala penjuru.
o   Hypothalamus
Hypothalamus terletak di kedua sis bagian inferior dari ventrikel ketiga di bagian dasar otak, tepat dibawah thalamus. Hypothalamus mengontrol sostem saraf otonom dan endokrin, seta memegang peranan penting dalam pengetahuan prilaku bermotivasi.
2.      Midbrain
Midbrain sering juga disebut dengan istilah mesencephalon yang mengelilingi cerebral aquaduct dan terdiri dari dua struktur utama yaitu tectum dan tegmentum.
·         Tectum
Terletak di bagian dorsal dari mesencephalon. Struktur utama dari tectum adalah superior colliculi (visual/penglihatan) dan inferior colliculli (auditory/pendengaran).
·         Tegmentum
Terletak dibawah tectum. Tegmentum membentuk lantai dari midbrain tectum sedangkan bentuk langit-langit Ini adalah jaringan multisynaptic neuron yang terlibat dalam berbagai jalur homeostasis dan refleksif pingsan. Selain ujung rostral reticular formation, nuclei pada cranical nerves, terutama yang mengontrol gerakan mata, dan trakus yang terkandung didalam periaqueductal gray matter, red nucleus, dan substancia nigra adalah bagian dari tegmentum yang banyak menarikperhatian para ahli biopsikologi.
3.      Hindbrain
Hindbrain terletak disekitar vertical keempat. Terdiri dari dua struktu utama yaitu metencephalon dan myelencephalon.
·         Metencephalon
Terdiri dari dua struktur utama yaitu pons dan cerebellum.
o   Pons
Pons berarti bridge atau jembatan. Pons berisi inti yang relay sinyal dari otak depan ke otak kecil, bersama dengan inti yang berhubungan terutama dengan tidur, pernapasan, menelan, kontrol kandung kemih, pendengaran, keseimbangan, rasa, gerakan mata, ekspresi wajah, sensasi wajah, dan postur tubuh.
o   Cerebellum
Cerebellum adalah wilayah otak yang memainkan peran penting dalam pengendalian motor. Hal ini juga terlibat dalam beberapa fungsi kognitif seperti perhatian dan bahasa, dan mungkin dalam beberapa fungsi emosional seperti mengatur respon takut dan kesenangan. Fungsinya gerakan-terkait adalah yang paling jelas dimengerti, namun otak kecil tidak melakukan gerakan, tapi memberikan kontribusi untuk koordinasi, presisi, dan waktu yang akurat. Ini menerima masukan dari sistem sensorik dan dari bagian lain dari kabel otak dan tulang belakang, dan mengintegrasikan masukan-masukan ke motor tune kegiatan halus.  Kerusakan pada otak kecil tidak menyebabkan kelumpuhan, tapi malah menghasilkan gangguan dalam gerakan halus, keseimbangan, postur, dan motor belajar.
·         Myelencephalon
Myelecephalon terdiri dari satu struktur utama yaitu medulla oblongata yang sering juga disebut dengan medulla. Myelecephalon merupakan bagian otak yang letaknya paling ujung posterior, sebagian besar terdiri dari traktus yang membawa singal dari seluruh bagian otak dan bangian tubuh, ia juga mengandung nuclei dari saraf cranial yang meninggalkan otak. myelencephalon dikategorikan sebagai vesikel sekunder dalam pengembangan sistem saraf pusat. Medulla terdiri dari sebgaian besar reticular formation, termasuk didalam nuclei yang mengatur fungsi organ-organ vital seperti system kardiovaskuler, respirasi dan gerak otot kepala.

sumber: Puspitawati Ari. (1999), psikologi faal : Gunadarma
             Riyanti Dwi. Prabowo Hendro. Puspitawati Ira. (1996), psikologi umum1. Gunadarma
anonim. http://en.wikipedia.org/wiki/Brain. 4januari2011
Poskan Komentar