Rabu, 22 Mei 2013

Sun Flower, Seed, and Dear Love (Bunga Matahari, Buji, Dan Kasih Sayang)



Pada kisah entri sebelumnya telah banyak di bahas mengenai cerita my sunsun (my sun flower). Banyak rintangan hidup yang di alami sunsun saat tumbuh...
namun yang saat yang paling membahagiakan dalam kehidupan sunsun adalah saat dia tumbuh....
untuk entri ini spesial saya ceritakan kisah senang dan duka sunsun... beserta pengamatan-pengamatan saya mengenai bunga matahari.

Saya senang ketika searching di Google, ternyata banyak yang berbagi pengalaman bahagia saat menanam bunga matahari... Namun hanya sedikit artikel mengenai bagaimana MEMPANEN BUNGA MATAHARI... 

saat pertaama kali mengetahui ada sunsun yang akan mekar, saya amat bahagia... bahkan saya lebih sering memfoto proses pertumbuhan sunsun...
rasanya seperti anak yang akan lahir...
dalam bungkusan bibit bunga matahari tertulis bunga matahari akan tumbuh dalam waktu 4 bulan, namun bunga matahari saya tumbuh hanya sekitar 2 bulan saja... dalam waktu 2 bulan saya dapat melihat puncak keemasan sunsun...
 


sunsun nampak kokoh.. setiap kelopak yang baru mekar membuat hati bahagia dan tidak sabar untuk menunggu... untuk melihat kelopaknya mekar saja membutuhkan waktu beberapa hari... namun hari-hari itu terasa menyenangkan...

saat semua kelopaknya mekar, upload-tan foto-foto sunsun-pun menyebar... rasanya aku ingin mengatakan pada seluruh dunia bahwa sunsun telah mekar... bunga yang aku rawat dengan penuh KASIH SAYANG...

 


setiap hari saya mengunjungi sunsun dan menfotonya,,, mengamatinya... dan saya menyadari 1 hal... sunsun ada dua jenis.. jeng~~ jeng~~ jeng~ jeng~
ada sunsun yang tumbuh dengan bunga putih di tengahnya.. dan ada yang berbunga hitam....
akhirnya aku menceritakan hal ini kesemua orang... dan aku mendapat informasi ternyata bunga matahari itu bukan yang berwarna kuning... namun yang hitam dan putih itu adalah bunga aslinya.... yang mekar berwarna kuning itu adalah "Bed Flower"

sepanjang hari bunga matahari mekar bergantian di sekeliling Bed Flowernya.... membentuk lingkaran, dimulai dengan lingkaran yang paling luar... tumbuh dari lingkaran demi lingkaran... sampai semua bunga itu tumbuh dan SAYA MERASA MERINDING.....  bunga matahari nya jadi GENDUT...  bintik-bintik gendut...

pertama kali saya melihat kegendutan bunga itu saya merinding parah....




awalnya saya senang mengamati bunga itu... dan yang menggendut itu bunga putih... sedang bunga yang hitam tetap tumbuh dengan cantik....
terlihat sangat serasi perpaduan coklat kehitam-hitaman dengan warna kuning pekat...
WOOOWWW...

dan saat itu adalah saat puncak....
tekat saya sejak awal... yaitu MEMBERIKAN SUNSUN PADA SAHABAT-SAHABAT YANG SAYA CINTAI...
walaupun ada sahabat saya yang menolak dengan gigih.. karena GELI dengan bintik-bintik sunsun...
T.T
walau berat namun ini tekat saya...
saya mulai memberikan foto sunsun kepada sahabat saya sejak SD... dan dengan ajaib dia memilih sunsun Gendut.... yang awalnya bernama sunsun sembilan.... awalnya dia tidak enak, menerima sunsun... namun ini sudah tekat saya... 
saya ingin memberikan sesuatu yang saya rawat dengan penuh kasih sayang pada sahabat saya sebagai simbol sayang saya untuk mereka...
 
sedih saat harus menggali tanah... dan melepas sunsun Gendut... ini pertama kalinya saya melepaskan anak-anak saya... sambil bekaca-kaca saya memasukan akarnya kedalam kantung plastik dan bergegas kerumah sahabat saya...
bukan hanya saya yang sedih dan merasa sayang... Papi-Chan juga langsung mengeluh sedih.... dia langsung berkata "yahhh kok di kasih orang... suruh nanem sendiri aja...." dan akhirnya saya berusaha meyakinkannya... dan diam-diam keluar rumah membawa sunsun....
perasaan yang aneh saat pertama kali membawa sunsun keluar rumah... secara diam-diam saya berbisik pada sunsun "kamu akan di rawat dengan baik kok... lihat tuh.. dunia itu luas..."
OMG... sambil nahan air mata...
untung sunsun gak berekspresi... kalo gak saya sundah nangis melihat ekspresinya...
TT___TT
saat tiba di komplek rumahnya, hati saya sudah siap.. saya harus tulus...
saat itu ada seorang bapak-bapak langsung membantu saya menyebrang... dan berbicara "hati-hati mataharinya..."
perasaan saya senang sekali.... sunsun membawa banyak kebahagiaan pagi itu...
sepanjang jalan orang melihat saya dengan bunga matahari yang begitu cantik dan sehat...
sepanjang jalan saya merasa menjadi pusat perhatian... akhirnya saya berusaha berjalan lebih tegak dan mantap...

sunsun gendut
ketika bertemu gang, dan berpas-pasan dengan seorang ibu-ibu yang tidak saya kenal, Dia langsung tersenyum saat melihat saya... reflek saya ikut tersenyum... pertama kali saya kira orang itu mengenal saya... karena senyumnya begitu ramah...
kemudian dia berkata "beli dimana??? cantik sekali...." dengan mata berbinar-binar
"ini nanem sendiri bu" saya merasa sangat bangga... usaha saya menanam bunga matahari ini begitu membuat saya senang...
mungkin ini cara sunsun untuk menghibur saya...
Dia mengerti Niat tulus saya... dan saya tidak bermaksud menelantarkannya...

ritual serah termima sunsun
dengan ceria saya sampai di rumah sahabat saya dan melakukan ritual serah terima...


dan keesokan harinya saya menyiapkan hati lagi untuk meberikan sunsun berikutnya pada teman saya yang berinisial NSK... dia sahabat saya yang berperan dalam proses awal menanam sunsun... berkat dia saya bisa menanam sunsun dengan baik....
kali kedua hati saya tidak begitu hancur... saya memberikan sunsun tujuh dengan lapang dada…


kemudian saya mulai fokus pada sisa sunsun di rumah saya...
sebenarnya ada dua sahabat lagi yang ingin saya berikan,,, namun berkat tolakan dasyat saya tidak bisa meberikannya... saya hanya dapat memberi mereka biji sunsun...

hal lain yang saya suka dari sunsun adalah saat melihat kumbang-kumbang kecil... (entah mahluk kecil apa yang berputar-putar disekekeliling sunsun)
mereka terlihat cantik dan serasi... sesekali saya berfikir dari mana kumbang ini berasal.?? mereka kecil dan cantik... memindahkan serbuk sari sunsun.... 
dan saya mulai meng-upload foto-foto mereka...

kemudian ada kisah sunsun G (Sunsun Giant/sunsun yang paling besar),
sunsun ini tumbuh amat LAMBAT, walau tubuhnya amat besar.. tingginya mencapai 1meter, 4 centi... dibanding sunsun yang lain bunganya tumbuh paling lambat... namun paling besar... dan yang berbeda dari sunsun lain adalah di setiap pangkal tangkai, tumbuh Bed Flower baru yang ukurannya kecil-kecil...
awalnya saya santai saja dengan tumbuhnya Bed Flower sunsun ini...
namun setelah mendapat petuah dari sabahat saya si NSK, bahwa hal itu tidak baik.. karena mereka akan berebut makanan dalam satu tubuh... jadi cara terbaik saya harus mencabutnya... 
mencabut Bed Flower kecil ini tidak semudah yang di bayangkan..
awalnya ada perasaan sedih dan HOROR.... saya seperti akan mencabut kepala seseorang.. namun setelah beberapa hari saya bisa menghilangkan perasaan itu.. dan mulai mencabut Bed Flower sunsun G..

dan yang berbeda lagi dari sunsun G adalah masalah biji...
sebelun sunsun G saya panen bijinya..
 sunsun sebelumnya yang sudah tumbuh terlebih dahulu dan layu sudah saya panen... dan hasilnya seperti bibit yang awal saya tanam.. yaitu "kuaci"
dan ini akan nyambung langsung ketopik biji sunsun....


Biji Sunsun (Sun Flower Seed)
Setelah semua bunga sunsun mekar dalan satu Bed Flower maka masa yang paling menyedihkan yaitu harus melihat dia layu... satu demi satu Bed Flower lemas tak bertenaga... mulai meng-coklat, kering, lepas dan botak...
ini adalah masa yang paling tidak enak di lihat....
namun saya  harus berfikir positif... ini adalah PROSES REINGKARNASI sunsun...
dia akan menjadi sunsun yang baru.. dalam tubuh sunsun sekarang sedang memproses sebuah benih-benih baru.. kehidupan baru... ini lah saat anak-anak (para sunsun) menciptakan sebuah kehidupan yang baru...
dan saya mulai jarang menengok sunsun...

sesekali saya datang, dan meperhatikan.. batangnya masih sangat kokoh.. namun bunga yang dulu tumbuh dengan cantik kini jadi BREKELE (JELEK).. namun satu yang saya sadari... di ujung Bed Flowernya terlihat sesosok pantat biji.... (new baby)

okeh.. kita skip bagian ini...

saya akan menjelaskan mengenai bagaimana saya MEMANEN BIJI BUNGA MATAHARI....
berdasarkan petunjuk dari beberapa sahabat dan secara naluri saya membersihkan bangkai bunga sunsun yang masih menempel di Bed Flowernya...
kemudian saya mulai secara sadis, menumbangkan sebatang demi sebatang bunga matahari sampai keakar... dan meletakan Bed Flower diatas koran...
kemudian saya mulai dengan ritual selanjutnya yaitu melepas biji-biji sunsun...
dengan cara menggesek bijinya dengan jempol saya...
^^b
 
hal yang perlu di perhatikan :
1. Tunggu Kondisi bunga KERING...
2. BATANG KUNING
3. bad flower CRISPY...
 Dapat di cek dulu dengan mengambil satu buah biji.. jika biji masih putih atau belum sepenuhnya hitam jangan di panen...
namun kalau keadaannya sudah terlalu naas... maka PANENLAH.....
dalam hal ini saya tidak tahu kapan tanggal spesifiknya dalam memanen bunga matahari.. karena tanggal panen sepertinya di pengaruhi pada kondisi bunga tersebut.. jika bunga tersebut lahir normal maka perkiraan waktu sekitar 4 bulan dari masa tanam (awal tanam)... (apa ini yang di maksud oleh bungkusan bibit???)

jenis Biji:
dalam pengalaman kali ini.. saya menemukan pengetahuan baru mengenai bunga matahari....
TIDAK SEMUA BUNGA MATAHARI BERBIJI HITAM BELANG-BELANG.....

1. biji bunga matahari yang BAGUS adalah yang berwarna hitam dan ada garis putih... saya namakan dia BIJI ABU-ABU... 
2. ada biji bunga yang berwarna HITAM PEKAT... ciri-cirinya adalah lebih besar dibandingkan biji bunga abu-abu... rata-rata biji hitam ini kurus dan hitamnya bisa luntur, seperti tinta....
biji ini dapat tumbuh... namun perbandingannya lebi sedikit dibanding dengan biji abu-abu...
3. Biji Putih.... saya juga masih ragu dengan biji ini... namun biji ini saya panen dari sunsun G...
Bed Flower yang paling besar... dan ini merupakan biji terburuk...
hipotesis saya adalah biji ini belum sepenuhnya JADI...  biji ini adalah biji gagal...
warnanya putih dan tidak dapat tumbuh.. itu yang membuat saya mengatakan jika biji ini jelek...


okeh.. saya menulis ini bukan hanya omong kosong.. saya melakukan riset pribadi dengan biji-biji ini...
saya memang amatir dalam hal ini.. tidak memiliki guru dan pembimbing dalam melakukan riset ini... namun yang saya paparkan adalah hasil dari eksperimen saya...

setelah memanen saya melakukan ritual membuahan kembali....
dengan acar tradisional.. yaitu menggunakan media kapas untuk menumbuhkan sunsun...
saya mengurutkan setiap biji agar dapat membedakan setiap pertumbuhan biji....
dan kesimpulan yang saya dapat dari riset amatir ini adalah :
BIJI YANG GENDUT KEMUNGKINAN TUMBUHNYA LEBIH TINGGI...
AIR YANG DI GUNAKAN SECUKUPNYA.. jika terlalu lama maka akar akan busuk...
DAN BIJI AKAN DI JAMURI.. ATAU BERJAMUR... saat dilakukan proses ini...

 materi ini akan berlanjut... karena saya sedang mengembangkan program SUNSUN SECOND GENERATION....
dan kemungkinan entri ini masih bersambung.. namun cukup lama karena saya akan melakukan beberapa riset... mengenai menanam di halaman...
^^
tunggu, dan doakan hasil yang terbaik dari riset bunga matahari ini... saya senang bisa berbagi pengalaman... siapa tahu berguna.. hehehehe


0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo