Rabu, 22 Mei 2013

Cerita hidup Sun-Sun (Story my Sun Flower)

Translation of the Bahasa Indonesia 

okeh... bisa di katakan saya cukup nekat menggunakan wifi dari android saya.. dengan paket minin untuk ngepost entri ini...
 
tapi saya ingin berbagi pengalaman menarik...


sebenarnya di tengah kegalauan hidup, saya melakukan suatu kegiatan yang cukup membosankan untuk sebagian orang.... bahkan kegiatan ini tidak pernah saya rencanakan sebelumnya...

suatu hari saya menemani teman saya yang berinisial NSK membeli bibit tanaman... dia terlihat sangat bersemangat saat memilih bibit tanaman di AceHardware... (semoga saya mendapat imbalan yang pantas kerena menyebutkan merek) ^^
melihat Dia begitu semangat, saya jadi ikut memilih... dan saya melihat bungkusan bibit bunga matahari...
sebenarnya saya suka dengan bunga matahari... selain bentuknya yang besar, bunga matahari terlihat sangat anggun... seperti matahari yang menyinari bumi...
saat memegang bibit itu saya membayangkan bunga matahari mungil di atas meja kebesaran saya (baca: meja belajar)
jadi saya ikutan membeli bibit bunga...
padahal saya sama sekali tidak memiliki pengalaman menanam bunga...
mamake (mama) suka menanam.. dan punya kebun sendiri.. namun... saya meresa tidak mewarisi bakatnya...
dalam ingatan saya, sewaktu kecil saya berusaha memindahkan beberapa tanaman... namun keesokan harinya tanaman itu mati semua... dan itu pengalaman yang cukup menyedihkan... jadi saya merasa tidak berbakat menanam...

 tapi, pada hari itu saya memulai suatu langkah besar...
dengan tekat bulat saya menanan bunga matahari...
dalam pikiran saya, asal saya merawat dengan sepenuh hati maka bibit itu akan berbunga dengan baik...
1 feb 2013, hari pertama menanam sunsun
jadi esokannya saya mengambil sebagian tanah terbaik di kebun mamake dan menaruh semua bibit dalam satu pot yang saya beli di AceHardware juga....

yah.. mungkin bagi orang yang berpengalaman, akan menganggap kalo ini perbuatan bodoh... tapi saya memang tidak memiliki pengalaman dalam hal ini... jadi saya lakukan saja... hahahahha ^o^
saya menyiram bibit itu kemudian saya tinggalkan...
saya juga agak sedikit meresa bodoh karena tidak mencari tahu di internet...
selang beberapa hari.. emmm... sepertinya besokkannya atau 2 hari kemudia... bibit itu tumbuh semua...
mmm.. tidak... hampir semua... sekitar 13 bibit tumbuh... (dan itu bukan angka yang bagus) dalam 1 pot kecil...
3 feb 2013, tumbuh benih
musim di Indonesia memang sedang tidak baik beberapa tahun ini... hampir setiap hari dalam seminggu akan turun hujan di sore hari... sehingga hampir tidak dapat di bedakan musim hujan dan musin kemarau...
karena itu untuk menjaga bibit yang baru saya tanaman,, saya sangat aktif memindahkan pot tersebut ketempat teduh.. dan mengencek tanaman tersebut setiap hari... (bahkan hampir setiap saat)
bahkan saat tidur siang saya langsung terbangun saat mendengar suara rintik hujan.. saya langsung berlari menerobos hujan untuk menyelamatkan bunga matahari saya....

7 feb 2013, sunsun tumbuh dengan riang
hari itu saya belum mengetahui ada kesalahan besar yang telah terjadi... sampai bibit itu tumbuh lebih tinggi.. dan saya mulai panik...
saya baru searching di Google.. dan shok... hampir semua situs yang membahas mengenai bunga matahari melarang bunga matahari dalam 1 tempat atau wadah yang sama... menanam bunga matahari yang baik bila di beri jarak 1cm/bibit..
dalam 1 wadah, mereka bisa hidup.. namun katanya "akar akan bercampur dan menjadi satu tumbuhan..", "dia dapat hidup namun sulit untuk berbunga... jika berbunga makan bunganya akan kecil..." (maka impian saya melihat bunga yang besar akan hancur)
8 feb, sesaat sebelum di pindah
saya langsung membayangkan bunga mawar.. saya jelas tidak ingin bunga-bungan matahari saya tumbuh seperti bunga mawar....
kemudia saya berinisiatif memindahkan bunga tersebut ke pot besar...
dulunya pot itu di gunakan mamake untuk menanam jeruk nipis... setelah "jeruk nipis" itu mati pot itu ditanami "lidah buaya"... setelah lidah buaya itu di berikan ke orang lain (di adopsi, atau di makan orang lain) pot itu hanya menjadi tong yang berisi tanah... jadi saya memanfaatkan tong (pot besar) tersebut untuk tempat bunga-bunga saya...
saya memindahkan hampir semua bunga ke tong...
8 feb 2013, pot besar mamake
awalnya saya kawatir... mengingat pengalaman buruk saya saat memindahkan tanaman... tapi, demi kelangsungan hidup bunga matahari saya...
kemudian.. entah bagaimana, saya menyisakan dua tangkai bunga di pot kecil.. dan sisanya saya taruh di pot besar mamake...

dan kemudian saya mulai memeberi nama pada bunga matahari saya...
nama yang cukup simple... Sun-Sun....
just Sun-Sun...
8 feb 2013, setelah di pisah
bunga matahari pertama saya berinama Sunsun satu, bunga matahari kedua saya berinama sunsun dua, bunga matahari keemapat saya berinama sunsun empat, bunga matahari kelima saya berinama sunsun lima, bunga matahari keenam saya berinama sunsun enam, bunga matahari ketujuh saya berinama sunsun tujuh, bunga matahari kedelapan saya berinama sunsun delapan, bunga matahari kesembilan saya berinama sunsun sembilan, bunga matahari kesepuluh saya berinama sunsun sepuluh, bunga matahari kesebelas saya berinama sunsun sebelah, bunga matahari kedua belas saya berinama sunsun dua belas, bunga matahari ketiga belas yang terletak dipot kecil saya berinama sunsun S (special).. karena saya ingin menaruhnya di kamar... dan dia yang mendapat perlakuaan paling special....
(*abaikan paragraf ini)

suatu hari saya berjalan-jalan dengan teman saya kesupermarket... awalnya saya hanya menemani Dia berbelanja,,, namun ada suatu bantuan dari Tuhan... ada diskon untuk pot panjang berwarna hijau... dari harga 64.000 rupiah menjadi 32.000 rupiah... saya langsung membali pot itu...
dan saya menyesal tidak membeli lebih banyak lagi... saya hanya membeli satu pot...
tapi dengan harga yang cukup murah.. karena setelah itu saya mencari pot yang serupa sudah tidak ada...


kebanyakan pot panjang yang saya temui tidak memiliki lubang dibawahnya... sehingga saya kawatir banyak air yang akan mengendap atau tertampung di pot..

dan pot yang saya dapat dengan harga murah itu berbeda... ada lubang pembungan di samping pot bahkan pot tersebut memiliki jaring menyanggah tanah...

seperti yang saya baca,,, bunga matahari tidak boleh terlalu banyak disiram atau terkena air.. karena akarnya akarnya mudah busuk...
jadi menurut saya pot hijau itu sangat bangus...

kemudia saya memindahkan salah satu bunga di pot kecil kedalam pot hijau dan empat sun-sun yang lain kedalam pot hijau tersebut... jadi ada 5 sun-sun....

sebenarnya ketika saya memindahkan sunsun tersebut kedalam rumah baru (pot) saya sudah memikirkan nama baru untuk sun-sun tersebut..
20 feb 2013
 yang berada di rumah hijau (pot hijau) saya berinama sunsun T (tall/tinggi) karena tubuhnya yang jangkung diantara sun-sun lain di pot hijau.. kemudian ada sunsun L(little/ kecil) yang paling kecil diantara semua sun-sun.. kemudian di pot ada yang saya berinama sun-sun G (giant/ raksasa) karena yang paling tumbuh subur...

kemudian.. saya jadi rutin memindahkan pot-pot sun-sun saat turun hujan... kecuali pot besar milik mamake.. karena terlalu besar jadi saya tidak bisa memindahkannya.. sun-sun yang berada di pot itu tetap tumbuh cantik walau tidak di pindah saat hujan...

entah kenapa saya jadi sangat senang setiap menayadari pertumbuhan setiap sun-sun...
ada beberapa kisah yang terbentuk saat saya menanam sun-sun ini...

Kisah sunsun L
sunsun L yang bertahan hidup
waktu itu saya pergi ke Bandung selama 3 hari.. saat pulang saya shok melihat si sunsun L dalam keadaan cukup tragis...
kondisi tanah kering.. itu tandanya tidak ada yang menyiram... bahkan hujanpun enggan turun untuk sun-sun...
saya langsung menyiram semua tanaman saya... sedih sekali... saya sudah berencana akan menghabisi nyawa sun-sun L keesokan harinya.. karena dia terlihat sudah tidak dapat diselamatkan... hampir seluruh daunnya rontok dan berlubang.. tubuhnya kecil mungil... sedangkan sun-sun yang lain tumbuh tinggi dan sehat...
sunsun L yang tragis


namun, saat keesokan paginya.. saya sudah menyiapkan hati untuk membinasahkan sun-sun L... dan saat saya lihat dia segar kembali...

saya jadi tidak tega menghabisi nyawanya.. kemudian saya berlari kekebun mamake dan mencari sesuatu untuk menyelamatkan nyawa sun-sun L yang kritis..
saya menemukan pot bekas.. namun masih cukup layak untuk ditanami.. saya isi pot tersebut dengan tanah secukupnya, dan menaruh sun-sun L di sana...
sunsun L di rumah baru
saya tahu sun-sun L tidak akan bertahan di rumah hijau (pot hijau) itu... karena sun-sun yang lain tumbuh lebih tinggi.. sun-sun L jelas kalah berebut makanan dan asupan sinar
matahari.. jadi jalan satu-satunya saya memindahkan sunsun L kerumah terpisah... dan dia bisa hidup dan tumbuh tinggi...
bahkan sunsun L dapat berbunga... walau bunganya tak sebesar sunsun T dan sunsun G ...
sunsun L saat berbunga




Kisah sunsun S
sunsun S
sunsun ini adalah sunsun yang paling saya manja sejak awal...
sangat manja... akarnya tumbuh di sekeliling pot.. bahkan padat memenuhi setiap pot putih yang saya beli di AceHardware... saya menarh sun-sun di tempat paling proposional yang akan terjamah cukup oleh sinar matahari.. di tangan balkon... dia tumbuh amat tinggi melebihi yang saya harapkan...
suatu hari saya kaget.. saat sunsun S berpindah kebawah... saya mengira ada yang memindahkannya.. kemudian saya memindahkan ketempat semula..
keesokan harinya sunsun S berpindah lagi.. dan kali ini potnya pecah... saya cukup shok karena potnya hampir terbelah dua...
dan kemudian saya membeli pot serupa di AceHardware...

saya berfikir dengan teori yang cukup rasional...
sunsun S setelah berganti pot
sunsun S bukan di pindahkan.. namun terjatuh... dan hipotesis awal sunsun S terjatuh karena serangan kucing... balkon rumah saya memang suka menjadi tempat yang nyaman untuk para kucing-kucing singgah.. kadang saya suka menemukan kucing tidur pulas di pojokan balkon, bahkan biji rambutan beserta noda-noda aneh... dan ini semata-mata ulah sang kucing...

akhirnya saya memindahkan sunsun ketempat yang tidak bisa di lalui kucing...
dan keesokannya saya kembali shok.. si sunsun S HILANG....
saya mulai beranggapan kucing-kucing itu sanagt liar.. apa mereka pemakan bunga matahari???
sunsun S terjun ke atap gudang
kenapa.. kanapa mereka begitu tega..
dan saya mulai mencari... ternyata si sunsun S jatuh kearah lain... sun-sun jatuh kebawah.. bukan lagi kebalkon...
untungnya di bawah bakon ada atap gudang.. sehingga sunsun S tidak luluhlantah... (hancur berkeping-keping)
dan dengan susah payah saya bisa mengambilnya...
kemudian sunsun S tidak pernah lagi saya taruh di tangan balkon... saya menaruhnya di tempat datar di balkon yang masih terjamah sinar matahari...
hipotesis saya berubah...
saya tidak lagi menyalahkan kucing-kucing....
hipotesis pertama saya... sunsun S terjatuh karena tertip angin...
kemudian hipotesis saya berubah... melihat kondisi fisik si sunsun S..
sunsun S terjatuh karena tubuhnya yang terlalu tinggi dan potnya yang terlalu mungil.. sehingga pot beban di potnya tidak dapat menahan berat si sunsun...
hehehehe...
dan pada akhirnya sun-sun S tidak saya taruh di kamar... sesuai tujuan awal saya menanam bunga matahari...


kisah sunsun lain dalam pot mamake
sunsun G, 1 meter 4centi
pot itu cukup besar dan tanahnya cukup subur... sun-sun di pot itu memiliki asupan gizi yang tinggi... mereka sangat cepat tinggi... bahkan sunsun G tinggi akhirnya mencapai 1 meter di atas permukaan tanah...
mereka bersaing cukup sehat.. walau ada beberapa sunsun menajdi tumbuh lebih kecil karena kalah saing...
selain tinggi daunnya juga lebat...
bunga yang tumbuh pertama ada di pot ini.. awalnya saya mengira itu hanya daun biasa,, namun perlahan-lahan bunga berwarna kuning itu muncul...
namun anehnya biji yang tumbuh dari bunga itu berwarna putih... mmm...
pertumbuhan subur sunsun di pot mamake
Rencana besar
setelah saya menanam sunsun beberapa hari, terlintas di pikiran saya akan memberi sunsun untuk para sahabat saya... saya ingin meberikan sesuatu yang saya rawat dengan penuh kasih sayang kepada sahabat saya... mungkin sebagai simbol rasa sayang saya untuk mereka....
hehehehe....


saya ingin mengakhiri kisah di entri ini...
kemudian saya akan memulai kisah mengenai biji-biji bunga matahari... Pengalaman lain saat menanam bunga matahari yang menyedihkan juga menyenangkan di entri memanen bunga matahari...

baca saja kelanjutanya...



to be continue
sunsun tumbuh cantik


21 maret 2013
sunsun setelah hujan

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo