Rabu, 28 Februari 2018

Wordpress ato Blogger?

Bingung melanda saat pengen bikin blog baru buat Pippolucious. Jujur sih pertama kali aku kenal blog itu wordpress. Pelajaran pertama yang aku dapet dari kampus. Blog pertama aku di wordpress itu lomayan pamor juga. Banyak yang baca, kaya blog ini. Walau isinya juga kurang lebih sama blog ini (gak jelas dan sedikit ga berbobot).
trus udah lama ga buka ternyata blog aku hilang. Waktu itu sempet ga buka lama karena wordpress error gitu, suka susah login. Akhirnya aku bikin blog ini di Blogger.
Yah blog yang awet sampe sekarang ga (belum) diapus sama Bloggernya.
Pelajaran berharga adalah Blog itu bukan web yang sepenuhnya milik kita. Secara Blog itu free ya.
Jadi istilahnya kita kaya numpang tinggal di Blogger atau Wordpress. Mereka (perusahaannya) berhak ngusir kita kapan aja tanpa jejak.

Katanya sih ada peratuan atau undang-undangnya supaya perusahaan ini gak semena-mena. Tapi tetep aja kalau mereka ga suka Blog kita bisa tiba-tiba hilang.

Nah untuk Bikin blog Pippolicious ini aku bingung abis.
Kemarin sempet bikin blog yang rada bener dikit lah, namanya Akisay Review. Blog tetang review-review gitu. Setidaknya agak bermanfaat dikit lah dari pada blog ini. Nanti kayanya aku bakal megang 3 blog. Nah aku bikin blog itu di wordpress. (ujung-ujungnya nulis review tentang blog)
Alasannya agak banyak sih. Paling utama karena aku bosen sama blogger.
Bosen tampilannya begini-begini aja. Themplatenya itu loh. Pasti ada gulir sampingnya. Kurang modern gitu. Sedangkan wordpress macem-macem tataletaknya. Walau lebih ribet ngatur deasin blognya. (blom biasa kaliiii)
Tapi lama-lama ngerjain agak terbiasa, walau masih bingung gimana cara masukin gambar-gambar di Home (halaman utamanya).
Oh ya, minesnya wordpress juga ada... kalo kita masukin gambar diitung berapa ukurannya. Jadi ada batas maksimal kalo kita masukin poto. Trus enaknya tuh tiap kita posting sesuatu ada gambarnya. Kalo gak pake juga boleh, tapi kurang oke gitu tampilanya di home (bahasa gaolnya "Beranda" bukan berenda).
Hal lain yang bikin males juga Wordpress itu dagang banget. Yah lah, pasti nyari-nyari peluang bisnis (dagang). Nama domainnya Lebih mahal dari Blogger, trus suka julan Themplate juga. Banyak sih yang dibikin jualan. Iklan juga gak kaya blogger, yang masuk kekantong penulis, tapi iklan langsung dari tuan rumahnya. Kalo kita ga mau ada iklan, yah kita harus bayar. Mungkin bahasa sederhananya, iklan itu mensponsori kita, atau bayarin kontrakan kita di wordpress.
Satu lagi. Waktu bikin wordpress dulu, akun blog aku gak langsung muncul di Google Searching loh... mesti nunggu beberapa waktu sampe blog kita di "Akui". Kadang kita harus memasukan manual alamat blog kita supaya muncul di Google Search. Lomayan bikin hopeless, takut-takut tulisan kita kurang berharga dimata orang-orang. Secara gimana orang mau baca blog kita kalo alamatnya aja ga bisa dicari di Google.
Alasan simpenya sih, karena wordpress bukan punya Google.. Sedangakn Blogger punya Google. Jdi lebih menguntungkan di Blogger.

Ngomongin Wordpress, ada dua macem sih. Ada wordpress.com dan wordpress.org. Yang aku pake itu wordpress.com, jadi aku kurang tahu gimana yang wordpress.org.
Aku baca review blog lain, wordpress.org lebih bagus siih...
Bagus tapi BAYAR, ga free. Istilah di dunia bisnis "ada uang ada barang"
lo mau yang gratisan tapi bagus?? cihhhh~~~~~

Mungkin nanti kalo bisnis aku udah berkembang, aku bakal beli tuh blog-blog... (mungkinnnn)
Apa bikin web sendiri aja?? dulu pernah berlajar buat web sih.. tapi yah gitu... waktu SMP dan itu udah lama. Bikin web pake koding-koding yang menjelimet. Salah koding 1 biji aja ga jalan. Sedangkan aku ratunya Typo... yah kelar udah. Bikin web nyuruh orang aja dah. Kayanya mustahil dibikin sendiri.

Setelah banyak pertimbangan, ujung-ujungnya balik lagi ke Blogger. Paling usaha keras biar tampilannya agak beda. jadi ga ngebosenin aja. (padahal dari tadi banyakan jelek-jelekin wordpress,  cuma )
Aku sih curiga isinya juga banyakan curhatan kaya blog ini sih. hehehhe.
paling curhatan seputar kehidupan pedagang sih. Kalo masalah lain-lain cerita diblog ini aja. Soalnya kasian blognya kalo ditelantarin.
Udah lama ditinggalin aja masih ada yang mau baca... hehehehhe
Lagi juga sekarang jamannya Vlog sih.. bikan Blog... tar paling Blog yang itu dihiasin Vlog...
Cuma kecemasan aku itu, takut orang-orang pada eneg aja.
soalnya kan kalo Vlog itu kan kitanya ngomong langsung.. nah aku takut pada eneg aja liat tampangku. Apa lagi kondisi jerawatan... sampe di ScreenCapture sama orang loh, pas aku bikin vidio di akun chanel Youtobe.

Oh ya, aku bikin rangkuman dulu deh... biar kalo ada yang males baca curhatan gak jelas aku bisa langsung Scroll kebawah. Ini intinya, Kelemahan dan kelebihan Wordpress dan Blogger.

Wordpress,

  • Tampilannya lebih bagus.
  • Lebih rapih dan modern
  • Banyakan dagangannya (iklan, themplate bayar, Domain mahal)
  • Alamat blog gak langsung muncul di Google Search.
Blogger,
  • Bosen sama tampilannya
  • Udah biasa sama pengaturannya
  • Bisa masukin iklan dan masuk kekantong sendiri biaya iklannya
  • Domainnya lebih murah 
  • Saat bikin akun blog, langsung muncul di Google Search

udah kayanya. Sekian review dari orang awam didunia IT.. hehehe
soa,nya cuma bisa bahas dari kaca mata penulis blog bukan bahas dari kaca mata orang yang ngerti perITan...

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo