Senin, 30 Mei 2011

Teori Herarki Kebutuhan (Abraham Maslow)


Dalam pandangan Maslow, semua manusia memiliki perjuangan atau kecenderungan yang dibawa sejak lahir (genetis) untuk mengaktualisasikan diri, tetapi ada lebih banyak hal yang terkandung didalam teorinya tentang dorongan manusia ini. Manusia  dilahirkan dengan  kebutuhan instinktif, dorongan kebutuhan-kebutuhan universal yang dibawa sejak lahir yang tersusun dalam suatu tingkat atau jenjang. Maslow percaya untuk menyelidiki kesehatan psikologis satu-satunya tipe orang yang dipelajari ialah orang yang sangat sehat. Ia kritis terhadap Freud dan ahli-ahli teori kepribadian lain yang berusaha memahami kepribadian dengan mempelajari orang neoritis dan orang yang memiliki gangguan hebat. Maslow mengemukakan, kita harus mempelajari contoh yang paling baik, paling sehat, dan paling matang dari manusia, dan jika kita hanya memahami hal sebaliknya maka kita akan hanya melihat dari satu sisinya saja yaitu sisi yang sakit dari kodrat manusia. Dengam mempelajari kepribadian yang paling sehat kita dapat menemukan seberapa jauh kita dapat mengembangkan kapasitas-kapasitas kita. 
Maslow menyusun teori tentang motivasi manusia, dimana variasi kebutuhan manusia di pandang tersusun dalam bentuk berjenjang. Setiap jenjang kebutuhan dapat terpenuhui jika jenjang sebelumnya sudah terpuaskan. Jenjang motivasi juga bersifat meningkat, kebutuhan pada tingkat yang lebih rendah harus relatif terpuaskan sebelum menyadari kebutuhan yang jenjangnya lebih tinggi. Ketika karya Maslow dengan orang yang mengaktualisasikan diri berkembang, maslow menduga bahwa individu yang sehat ini berbeda, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif dengan orang yang berhubungan dengan apa yang mendorong mereka. Hal ini menbuat Maslow mengemukakan teori radikal tentang dorongan untuk orang yang mengaktualisasikan diri.
Dalam jenjang kebutuhan Maslow terdapat empat jenjang basic need (devincy need) dan satu jenjang metaneeds atau growth needs.
 

Jenjang kebutuhan Maslow
Jenjang Needs
Deskripsi
Kebutuhan Berkembang (Metaneeds)
Self Actualization Needs (Metaneeds)
Kebutuhan orang untuk menjadi yang seharusnya sesuai dengan petensi, seperti kebutuhan kreatif, realisasi diri, serta perkembangan self
Kebutuhan untuk mencapai tujuan, terus maju, dan menjadi lebih baik. Being-values, 17 kebutuhan yang berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman, pemakaian kemampuan kognitif secara positif mencari kebahagiaan dan pemenuhan keputusan. Masing-masing kebutuhan pun berpotensi sama.
Kebutuhan Karena Kekurangan (Basic Needs)
Esteem Needs
Kebutuhan kekuatan, penguasaan, kompetensi, kepercayaan diri, dan kemandirian
Kebutuhan prestise, penghargaan dari orang lain, status, ketenaran, dominasi, menjadi penting, kehormatan dan apresiasi
Love Needs / Belonging Ness
Kebutuhan kasih sayang, keluarga, teman, pasangan , dan anak (bereproduksi).
Kebutuhan untuk menjadi bagian dari kelompok masyarakat.
Menurut Maslow kegagalan kebutuhan akan cinta (love needs) dan memiliki menjadi sumber hampir sebuah bentuk psikopatologis.
Sefety Needs
Kebutuhan akan keamanan, stabilitas, proteksi, struktur, hukum, keteraturan, batas, bebas dari takut dan cemas.
Psychological Needs
Kebutuhan nomeostatik seperti makan, minum, gula, garam, protein, istirahat seks dan lain-lain.

Pemisahan kebutuhan ini tidak berarti masing-masing bagian bekerja secara eksklusif, tetapi kebutuhan bisa bekerja secara tumpang tindih. Dalam satu ketika seseorang bisa saja dimotivasi oleh dua kebutuhan atau bahkan lebih. Jenis-jenis kebutuhan diantaranya:
  1. Kebutuhan Fisiologis
Maslow memperkirakan rata-rata kebutuhan fisiologis sampai 85%. Kebutuhan fisiologis bersifat neostatistik seperti makan, minum, gula, garam, protein, istirahat seks dan lain-lain. Kebutuhan ini juga termasuk kebutuhan keamanan jangkan pendek dan merupakan kebutuhan terkuat dari semua kebutuhan.

  1. Kebutuhan Akan Keamanan (Safety)
Kebutuhan keamanan merupakan pertahanan hidup jangka panjang. Setelah kebutuhan fisiologis terpenuhi atau terpuaskan maka akan muncul kebutuhan untuk merasa aman, stabilitas, proteksi, struktur hukum, keteraturan, batas, kebebasan dari rasa takut dan cemas. Maslow percaya kalau kita terkadang membutuhkan sedikit banyak sesuatu yang bersifat rutin dan dapat diramalkan. Ketidak pastian sulit untuk dipertahankan, karena itu kita berusaha mencapai sebanyak mungkin jasmanian, perlindungan, dan keterlibatan menurut kemampuan kita.

  1. Kebutuhan Dimiliki Dan Cinta.
Kebutuhan untuk memiliki atau manjadi bagian dari kelompok sosial dan cinta menjadi tujuan yang dominan. Untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan akan cinta kita akan membangun suatu hubungan akrab dan penuh perhatian dengan orang lain atau pun dengan orang-orang pada umumnya, dan dalam hubungan ini memberi dan menerima cinta adalah sama penting. Maslow membagi kebutuhan ini menjadi dua jenis yaitu Deficiency/D-Love(kebutuhan cinta karena kekurangan) dan being/B-Love(cinta yang memntingkan diri sendiri).
  1. Kebutuhan Harga Diri (Self Esteem)
Maslow membedakan kebutuhan ini menjadi dua yaitu penghargaan yang berasal dari orang lain (respect from other) dan pengargaan diri sendiri (self respect). Penghargaan dari luar dapat di dasarkan pada reputasi, kekaguman, status, popularitas, prestise, ataupun keberhasilan dalam masyarakat, semua sifat dari bagaimana orang lain berfikir dan berinteraksi terhadap kita. Dan untuk mendapatkan penghargaan dari luar kita juga perlu menghargai diri kita sendiri, agar mendapat perasaan harga diri yang sejati kita harus mengatahui diri kita dengan baik dan mampu menilai secara objektif kebaikan maupun kelemahankita sendiri.

  1. Kebutuhan Aktualisasi Diri
aktualisasidiri dapat didefinisikan sebagai perkembangan yang paling tinggi dan penggunaan semua bakat kita, pemenuhan semua kualitas dan kapasitas kita.  Meskipun kebutuhan ini dalan tinggkat yang paling rendah namun hidup akan terasa kurang tampa adanya kepuasan kebutuhan aktualisasi diri. Maka apabila kebutuhan ini terpenuhi manusia menjadi manusia yang utuh dan berada dalam damai dengan diri kita.

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo