Kamis, 05 April 2018

Cheng Beng tahun ini, 2018

Aku hanya ingin mengingat
wajahnya yang di foto ini
Cheng Beng adalah adalah sejenis tradisi sembanyang leluhur. [menurutku] Secara umum adalah kepercayaan ajaran Khong Hu cu atau Budha.
Manfaatnya supaya kita gak lupa jasa-jasa leluhur kita. Manfaat yang lainnya, salah satu alasan seluruh keluarga berkumpul.  (・ิω・ิ)
Jadi semacem lebaran gitu.
Cuma Cheng Beng sembayangnya pake hio, kalo lebaran Solat. Kalo Cheng Beng sembayang di Kuburan atau Tempat Penitipan Abu, kalau Lebaran Solat di Mesjid.
Perbedaannya lagi sembanyang Cheng Beng gak harus di 1 hari, atau ada rentang waktunya. Kalau lebaran di rayakan 1, atau 2 hari untuk ekstra perayaannya. [sok tau lo]

 Aku gak tahu tahun ini mulai sembanyang Cheng Beng dari tanggal berapa, tapi terakhir sembanyangnya itu hari ini, Tanggal 5 April.
Gara-gara baru tahu minggu lalu, jadi aku sempet-sempetin Sembayangin papaku. [You-know-Who] (;´Д`)

Tadinya tuh emang gak ada waktu luang, karena awal bulan sebisa mungkin aku ga libur. Akhirnya aku ambil keduanya dalam 1 hari [hari ini], Aku sembayang pagi-pagi biar sorenya bisa dagang.
Kalau sembayangin papa tuh bisa setengah harian. Bukan sembanyangnya yang lama, tapi perjalanannya.
Soalnya papaku abunya di daerah Dadap. Udah masuk Tanggerang.
Kalau mau sembanyang aku mesti lompat dari Depok menuju pojokan Tanggerang. (;´༎ຶД༎ຶ`)

Yah, aku bela-belain bangun jem 4 dan berangkat sebelum jem 5 pagi. Niatnya biar gak desek-desekan di kereta atau dapet banguku gitu. Ternyata buat dapet banguku di kereta kurang pagi. [ngarep] (。>﹏<。)
Yah, setidaknya kereta gak padet-padet banget. Trus baru dapet duduk setelah lewatin stasiun tanah abang, beda 1 stasiun dari Duri tempat aku transit. Setidaknya sempet duduk sebentar. Naro pantat beberapa menit.
Untuk ke Dadap aku harus turun di Stasiun kali deres, jadi naik kereta yang ke arah Tanggerang.
Dari stasiun naik Gojek kira-kira pejalanan masih sejauh 14km.
Lomayan juga tantangannya. Dari stasiun Kalideras yang banyak pabrik-pabrik, ke Dadap yang banyak pergudangan. Jalan bareng sama berbagai macam truck. Dari trsk pasir, truk bata, sampe truk yang angkut kontainer super gede. Kira-kira bannya aja setinggi motor yang aku tumpangin. (。ŏ﹏ŏ)

Kenapa seniat itu?
Yah, habis papaku ga punya anak lagi, kalo gak aku yang sembayangin siapa lagi? (;´Д`)
Kasian juga kalo gak ada yang sembanyangin, sedangkan orang lain [yang udah mati]di doain. Dateng bikin altar sederhana bakar-bakar duid udah pulang.
Liat orang-orang bakar "koper" banyak banget. Aku cuma bakarin duid aja. Hehehe
Sambil lirik altar buatan orang lain yang full makanan, aku bisik-bisik ke papa. "pa, kalo bisa bikin aku sukses, tahun depan aku bakarin koper."  (๑˃̵ᴗ˂̵)ﻭ

Kepercayaannya roh leluhur akan menyertai keturunannya ato apa lah. Kaya melindungi atau menjaga gitu. Temenku ing-ing bilang "minta dilindungin yas, dia galak tapi kayanya dia mikirin elu juga"
emmm... gak penting sih itu, dilindungin ma dia apa gak. Yang penting dia seneng aja ada yang inget dan peratiin dia walau cuma sekali setahun. Aku juga gak sempet kasih dia apa-apa dari hasil keringetku sendiri. [kerja maksudnya] (︶^︶)



Kalau tahun-tahun lalu sih gampang aja, karena gak terlalu banyak kerjaan. Jadi bisa kapan aja sembayang, sekarang mepet-mepet tanggal udahannya[batas waktunya] baru sembayang. Gak sante lagi jalannya. (︶^︶)
Tidur cuma 3 jam semalam, paginya langsung berangkat. Walau gak mandi, setidaknya aroma badanku lebih mending dari pada debu dan polusi Jakarta. Kalo gak pake masker itu, seharian di Jakarta Upil jadi item. Apa lagi jalan kedaerah yang kaya gitu. Banyak pergudangan atau pabrik yang limbahnya gak jelas gimana, dan kendaraan yang asepnya super sekali. Cuma bisa pasrah aja melewati perjalanan hari ini.
Pulang sempet-sempetin makan dan tidur siang, baru buka kedai.

Super sekali hari ini. Aku jadi super woman. ٩(♡ε♡ )۶

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo