Selasa, 03 April 2018

Ketertarikan lawan jenis

Topik ini aku angkat karena baru mengenal istilah "Platonic love". Aku mencari tahu dan menemukan ulasan teori mengenai ketertarikan lawan jenis.
Aku bahas di blog ini, biar teori ini jadi agak populer. ["agak" soalnya blog ini gak populer-populer banget] (^u^)

Dalam teori Psikologi sendiri jarang yang membahas "ketertarikan" secara spesifik. Ketertarikan sering dibahas dalam teori mengenai cinta. Seolah adalah salah satu atau bagian dari Teori Cinta. Yah, memang benar adanya, kalau "Ketertarikan adalah gerbang menuju Cinta"

"Ketertarikan" berhubungan dengan "daya tarik", dan ada beberapa teori psikologi yang membahas daya tarik, tapi bukan ini yang mau aku bahas. Yang mau aku bahas adalah "ketertarikan"nya
[Kalo lagi nulis skripsi, aku yakin dari awal kalimat sampe kalimat ini bakal di coret pake psidol bopen  merah.] ( ・ั﹏・ั)
Untung ini prolog blog, bukan pendahuluan skripsi ya.

Ada yang menarik dari artikel yang aku baca.
"Jika pria memandang anda lebih dari 8,2 detik, maka itu artinya dia sudah jatuh hati dengan anda. Namun jika hanya dalam 4,5 detik saja mereka sudah berpaling, maka anda tak perlu berharap banyak perhatian darinya." 

Hal ini tidak sama dengan wanita karena mereka cenderung lebih berhati-hati dalam menjaga pandangan dan mengekspresikan ketertarikannya. Dari artikel ini, terlihat ketertarikan dipengaruhi oleh gender dan waktu.
Ketertarikan menurutku adalah salah satu jenis "persaan", yang saling mempengaruhi dengan emosi [senang, marah, suka, atau sedih]. Coba baca lagi ulasan aku mengenai emosi dan perasaan. Ketertarikan bersifat subjektif, jadi dia termasuk kedalam perasaan.


Salah satu contohnya,
Ketika ada seorang wanita curhat pada temannya yang di kantor atau tepat kerja yang seorang Pria. Wanita ini menceritakan masalah rumah tangganya [menimbulkan emosi sedih, misalnya]. Kemudian membuat temannya yang seorang pria menjadi tertarik [rasa simpati atau tertarik].

Quotes 
Jangan sekali-kali kau berkeluh kesah tentang urusan rumah tanggamu dengan rekan pengajar lain apalagi yang berlainan jenis”, 

Faktor yang memperaruhi ketertarikan

1. Kondisi

Dari masalah diatas selain emosi mempengaruhi perasaan juga menandakan adanya unsur kedekatan fisik atau jarak yang mempengaruhi kedekatan. Dimana orang yang berlawanan jenis terikat dalam suatu kondisi dimana mereka harus selalu bersama [bukan pernikahan] melewati waktu bersama atau menyelesaikan masalah bersama. Seperti rekan kerja, atau teman sekelas. Hal ini juga bisa menjadi faktor timbulnya ketertarikan.
Kaya sinetron atau drama korea, selalu membuat alur dan kondisi agar kedua pemeran utama jatuh cinta.٩(♡ε♡ )۶

2. Fisik

Ada istilah "Cinta pada pandangan pertama" (at the first sight). Pandangan / melihat = melihat fisik. [kesimpulan sendiri] (*´∀`)
Sebenernya ketertarikan ini agak rawan karena biasa bersifat sementara. Ada yang lebih ganteng atau cantik cintanya terbagi. Harus ada faktor pendukung, atau faktor lain yang memperkuatnya agar ketertarikan bisa lebih mendalam. Ketertarikan fisik di tambah suasana hati yang mendukung bisa mempengaruhi kondisi fisiologis. Jantung berdetak lebih kencang, nafas tak beraturan dan lainnya bisa menjadi indikator yang mencerminkan suasana hati itu.

3. Persamaan dan Perbedaan

Jika ada kesamaan minta, nilai-nilai, kepribadian dan lainnya bisa membuat ketertarikan antara lawan jenis. Suka musik yang sama, suka artis yang sama, suka pada komik yang sama. Sehingga saat bertemu memiliki topik bahasan yang seru dan menarik bersama lawan jenis. Hal ini sudah biasa.
Ada beberapa penelitian atau pengalaman yang mengatakan kalau perbedaan juga bisa menimbulkan ketertarikan. Katanya karena adanya keunikan pada dirinya, yang tidak dimiliki dapat menggugah kekaguman dan perasaan saling melengkapi. Muncul perasaan saling membutuhkan atas kehadiran satu sama lain karena kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Mungkin juga perbedaan ini menimbulkan emosi negatif yang lama kelamaan malah menimbulkan rasa suka, karena subjek yang kita benci terus menerus hadir diingatan kita.


Ternyata banyak faktor yang menimbulkan variable ketertarikan. Bahkan dari artikel yang aku baca, ketertarikan juga bisa dipengaruhi aroma. Mungkin yang ditinjukan iklan-iklan deodoran pria itu benar. Atau iklan pasta gigi.  ¯\_(ツ)_/¯


Jenis ketertarikan

Ada 5 jenis ketertarikan lawan jenis atau bisa dibilang jenjang. [Sumber]

1. Ketertarikan Aestetik

Keteratikan sesaat pada lawan jenis. Seperti keteratikan fisik, namun hanya sekilas saja. Tidak ada keinginan berhubugan atau dekat.
Contoh gampangnya, liat cowo ganteng di Mall. Cuma tertarik aja liat muka gantengnya. ٩(♡ε♡ )۶

2. Ketertarikan Platonik 

Ketertarikan pada lawan jenis in sense of family or friendship. Keinginan untuk peduli dan terus dekat tanpa adanya ketertarikan secara seksual. Sebatas saling care. Istilah Platonik dipopulerkan oleh Plato, dari Yunani. Platonik dikatakan hubungan antara laki-laki dan perempuan yang tulus, suci, dan menghargai. Nama kerennya"Friendzone".
Malah untuk anak-anak jaman sekarang [alay] istilah Friendzone sebagai sindiran atau istilah lain dari TTM. (๑•̀ㅂ•́)ﻭ✧
Katanya juga cinta Platonik itu gak diutarakan, kalo diutarakan namanya bukan platonik lagi. Emmm ( ・ั﹏・ั)

3. Ketertarikan Sensual

Adanya keteratikan yang berifat naluri atau ketertarikan untuk mendapat sentuhan seperti, ciuman, atau pelukan. Yah contohnya ketagihan untuk ciuman dengan seseorang atau apa. 
Atau mungkin kaya ketertarikan dari seorang laki-laki untuk mengelus-elus kepala wanita. ლ(´ڡ`ლ)

4. Ketertarikan Romantik

Ketertarikan yang didasar pada keinginan untuk berhubungan seperti pacaran atau menikah. Ketertarikan yang memiliki tujuan (goal) untuk berkomitment.  

5. Kepertarikan Seksual

Jenis ketertarikan yang hanya mengincar seks aja. Bisa terjadi karena faktor ketertarikan fisik, atau setingkat diatas Aestetik. Beda tujuan sama Ketertarikan Romantik. Kalo romantik targetnya jelas buat berhubungan, kalo seksual cuma mau "bobo bareng" aja. (^오^)


Sekian ulasan megenai ketertarikan pada lawan jenis. Semoga bisa membantu untuk mengetahui ketertarikan apa yang kita miliki pada seseorang.
(๑•̀ㅂ•́)ﻭ✧

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo