Minggu, 01 April 2018

Kenapa susah banget nemu jodoh?

Ini ada tudingan om-om yang bikin kepalaku gatel. (◠﹏◠✿)
Gak tau deh maksudnya apa, dia kembali singgung-singgung lagi masalah yang cukup pribadi. Kaya masalah jodoh. Lebih spesifiknya mengenai "Persyaratan" pasangan yang ideal.
Entah, mungkin maksud dia mau bilang "gak usah pilih-pilih pasangan"
[dan semoga dia gak nyelipin maksud yang laen] (☉‿☉✿)

Yah aku percaya semua orang punya standarnya masing-masing, atau bahasa gampangnya "tipe" orang yang disukai. Tipe ini kadang menjadi syarat tak tertulis. Gak ada hitam di atas putih atau apapun istilahnya.
Nah, ada yang menyalahkan tipe-tipe [syarat-syarat] itu sebagai penghambat bertemunya jodoh. ╰(◡‿◡✿╰)

Sekilas sih, aku pikir masuk akal aja. Sebenernya aku mau berusaha untuk menyangkalnya. Rasanya gimana ya, kok kayanya berasa disalah-salahin.
Kalau lagi uring-uringan ngejomblo berasa diceletukin "lo sih pilih-pilih". (凸-_-凸)
Lah ya emang pacar atau calon pendamping hidup bisa gitu asal nyomot aja. Ketemu nyomot, ketemu nyomot. Kalo gitu mah jomblo udah musnah kali.

Bertahun-tahun gak pacaran, sebenernya karena udah pasrah aja. Paling nemu yang keliatannya oke rayu sedikit trus pacaran. Tapi pas liat kejelekannya langsung mundur.
Pilih-pilih?
Bisa jadi sih. (ಥ﹏ಥ)

Habis kan Pilih pasangan gak kaya milih baju di mall. Pilih baju di mall aja susah.
Tapi memang pilih pasangan mirip sama milih baju di Mall. Jadi aku kasih contoh pilih pasangan kaya pilih baju aja. Biar gampang ngertinya.
Contohnya, mau beli jaket, muter-muter satu mall belum tentu dapet yang cocok. Ada aja yang naksir tapi harganya mahal, ada yang mahal tapi gak suka dan gak nyaman, kadang berjam-jam bisa gak nemu.
Pilih pasangan, muter sana sini, ada yang ganteng tapi seleranya tinggi, ada yang cocok tapi pelit atau jelek.
Bedanya, kalo baju atau jaket cuma dipakai beberapa kali, dalam jangka waktu maksimal bertahun-tahun pake. Kalau udah jelek buang kan.
Kalo pasangan itu dipake seumur hidup, makin lama makin sayang, makin dirawat biar ga cepet "game over". Amin.

Masa iya, aku disuruh beli baju yang gak aku suka trus gak nyaman dipake kaya karung goni gitu, walau harganya murah. Trus pas dipake perasaan gak enak, hati gak seneng mau ngapa-ngapain jadi gak mood. Jadi pilih baju gak bisa asal-asalan, sama kaya pilih pasangan gak bisa asal-asal kan. ಠ_ಠ

Menurut aku, cari pasangan setidaknya memenuhi kriteria dasar dulu. [kaya milih baju]

Pertama, sesuai dengan fungsinya. Kalo beli baju itu liat dulu kebutuhannya, untuk apa baju itu di pakai. Kondangan? tidur? acara formal? acara non formal? atau cuma buat sekedar gaya-gayaan?
Jadi kalau cari suami, yah minimal kudu memiliki ciri suami yang main. Sesuai dengan fungsinya. Emmmm. Tunggu fungsi suami apa??? ah ya.. pencari nafkah. Oke minimal mau dan berusaha menafkahi diri sendiri. Gak apa-apa minta sama orang tua, atau sodara.
[next time aku mau ngomel-ngomel masalah minta duid sama sodara kaya]
Kalau milih istri yah minimal bisa ngurus rumah tangga. Ngurus keuangan atau bisa diandalkan dalam mengurus anak.
Kalau mau pilih pacar, yah memenuhi fungsinya aja, ada yang punya pacar cuma buat disuruh-suruh anter jemput. Ada yang punya pacar cuma buat pamer. Yah yang penting berfungsi dulu.

Kedua, kriteria yang lain yang wajib dimiliki. Kaya syarat khusus yang gak bisa dibantahkan. Kalau umpama baju itu kaya "kemeja kudu ada kerahnya dan kancingnya" kalo gak ada kerah dan kancing mungkin namanya blouse. Beda jenis.
Kalo pasangan tuh kaya "pasangan yang seiman", "pasangan yang satu suku", atau "kudu/harus wanita umur 17++", "kudu/harus pria lajang"

Minimal 2 hal itu lah yang kudu dijalanin kan. Sisanya kaya prinsip atau selera pemikiran masing-masing orang. Trus semakin banyak kriteria [syarat] yang diinginkan maka semakin susah.
Mungkin kaya milih baju dengan warna tertentu. "Maunya baju warna merah, yang cocok sama penampilan" atau " celana hitam aja biar cocok di paduin sama baju apa aja"
Milih pasangan juga gitu kali yah, "Maunya tuh yang putih, biar anaknya putih.", "mau yang cantik"
Jadi lebih spesifik sih. Kalau cari baju dengan ciri spesifik kayanya lebih gampang ketemu. Soalnya tinggal lewat lorong toko-toko di mall, lirik sekilas warna baju yang di cari, kalo ketemu warnanya baru liat modelnya dan lain-lain. [biasa kaya gitu]
Kalo cari pasangan mungkin kaya gitu juga. Random cari yang tampangnya menarik, baru liat yang lain-lainnya.
[mungkin ini salah satu alasan kenapa wanita suka make up kalo jalan-jalan.]

Tapi, buat aku syarat yang utama adalah "kenyamanan".(๑˃̵ᴗ˂̵)ﻭ
Ada orang yang nyaman pake baju berenda, ada yang gatel-gatel. Kalo pun terpaksa pake paling sekali dua kali pake aja, atau pas dipake tuh malah gak bahagia. Efek brutalnya jadi gatel-gatel satu badan. Untuk apa pake baju yang ga nyaman? gaya?
Jadi kalo aku sendiri milih pasangan yang bikin aku nyaman, pinter nempatin diri supaya orang lain nyaman. Nyambung diajak ngobrol, minimal punya kesukaan yang sama atau tujuan hidup yang sama. [balik lagi ke pippolicious]
Yah orang beda-beda sih. Ada yang rela aja gitu pake rok mini walau cuaca dingin. Ada juga orang yang bertahan dengan pasangan walau doyan mukul atau marah-marah. Tergantung kebutuhan dan tujuannya.
Jadi gak semua orang mementingkan rasa nyaman.

Rasa nyaman dan mempunyai tujuan itu dua variable yang berbeda. tapi bisa saling berhubungan atau mempengaruhi.
Aku mungkin susah mencari orang yang membuat aku merasa nyaman, jadi mungkin kalau ada variable tujuan yang sama, bisa menggantikan atau membuat variable nyaman. Atau bahkan aku mentoleransi variable rasa nyaman. [lo lagi bikin skipsi yas???] ( ・ั﹏・ั)

Gak tahu kenapa belakangan ini variable "Tujuan" memenuhi pemikiranku. Kayanya variable ini sangat penting dan hampir tidak bisa digantikan. Tujuan hidup.
[Berasa kaya sebuah "kunci" gitu] (・∀・)

Pada dasarnya manusia lahir dengan tujuan masing-masing kan?
Adam dan hawa aja punya tujuan, atau udah di kasih perintah secara jelas. Tinggal generasinya aja ini yang tujuannya kemana-mana.

***

Balik ke topik utama. Menurutku, selain variable [jadi kebiasaan pake kata ini deh] "Syarat" salah satu yang paling menentukan adalah persepsi dan pergaulan.
Why?


Persepsi
Kalo persepsi kita buruk terhadap sesuatu maka semakin susah kita menerima. Istilahnya jadi semakin keras kepala.
Contoh, pilih baju harus yang merah. Kalo gak merah gua ga pede.
Persepsinya udah buruk duluan terhadap penampilan. Kalau dia persepsinya bagus terhadap penampilan mikirnya "gak usah merah, pink-pink dikit juga oke lah."
Kaya milih cowo, "Gak kaya gak papa, yang penting rajin kerja" kalo persepsinya buruk "yah cowo itu harus kaya, baru bisa sama gua"

Kayanya Variable [ah kata ini lagi] persepsi lomayan berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Kaya orang yang berpersepsi "Menikahi orang yang mencintai kita" atau "menikahi orang yang kita cintai"
Oke, kalau ada pilihan ini kayanya aku milih "menikahi orang yang mencintai kita". Why? Karena rasanya bahagia kalo di sukai atau dicintai seseorang, dibanding kita yang jatuh cinta. Jatuh itu sakit soalnya.
Masalahnya lagi, sampe sekarang aku ngerasa gak ada yang cinta sama aku. [ToT]
Balik lagi kepersepsi. Ada orang yang bilang "suka" atau "cinta" tapi pas ditanya "apa itu cinta?".
Atau "apa yang kamu suka dari aku?" Diem. Gak bisa jawab. (¯―¯٥)
Emm jadi dia sendiri aja gak ngerti sama apa yang dia rasakan. Gimana dia mau ngambil kesimpulan kalo dia Cinta?
Cuma buat ngerayu doang? 凸-_-凸
emmmm..... Maaf saya bukan tante-tante girang... saya cuma ABG lugu.
Aku menilai "perasaan" bukan dari kata-kata, tapi dari sikap.  [persepsi mengenai sikap orang]
Mungkin aku harus merubah persepsi kali yah biar gampang membuka hati ke orang. Gak usah mikirin variable ketulusan perasaan orang. Yang penting asal pilih, berguna dan lainnya.

[aku curiga itu om-om pengen aku mikir begini. "perasaan itu gak penting, bisa berubah"]
Emangnya gampang merubah persepsi orang?

Trus pergaulan.
Gimana ceritanya kita bisa ketemu orang lain kalau cuma bersembunyi dalam hutan?
Tar lama-lama nikah ma monyet bukan sama orang.
Intinya sih kaya bergaul gitu mungkin. Jaman sekarang ada sosmed, buat yang takut keluar rumah.
Yah kalau kaya di drama korea sih enak. Orang yang anti sosial bisa gampang aja gitu ketemu jodohnya. Kaya drama "Flower boy next door", cewe ansos di tempel sama cowo-cowo kece. (๑´ڡ`๑)
Dikehidupan nyata kalo jadi ansos makin susah ketemu jodoh dengan kriteria yang diinginkan.
Paling ujung-ujungnya di jodohin, trus pasrah mau dapet jodoh yang kaya gimana.
Istilahnya tuh, di jodohin sama monyet juga pasrah aja. Yang penting nikah.
Aku tuh mikir buat bergaul sama kalangan-kalangan yang kita-kita bakal cocok sama aku aja. Emang sih berteman sama siapa aja, tapi pilih jodoh gak bisa siapa aja. Kalau kita bergaul di tempat dugem, kemungkinan besar dapet jodoh orang dugem juga.


***
Nahhhhh...
Masuk ke bahasan yang seru nih. "pentingnya nikah" (・へ・)
Ini yang kadang bikin jones jadi gak punya semangat buat cari pasangan. Mungkin mau lah cari pasangan cuma sekedar status atau biar gak sepi.

Secara tertulis ataupun tidak. Dalam masyarakat ada persepsi
"kalo gak nikah itu berati belum ketemu jodoh"
Mungkin udah ketemu jodohnya, tapi gak punya alasan untuk nikah. Atau udah cocok tapi blom berkesempatan nikah. [makanya pacaran dulu] itu juga dinamain "belum jodoh"
Jadi "pernikahan" dianggap seperti "patokan". (;・`д・´)

Tapi buat apa nikah? [lebih masuk ke variable persepsi]
Nikah ribet, kudu terikat. Berasa buat suatu organisasi dengan banyak peraturan. Ya gak sih?

Mungkin istilahnya nikah itu udah sah dalam membeli baju. Kalau belum nikah, kaya baju yang udah dipegang tapi blom dibayar. Sudah booking tapi belum bisa dibawa kemana-mana/ keluar dari toko. Belum sah.
Enaknya sih masih bisa milih yang lain, tapi kasihan aja kalo baju itu kelamaan dipegang ternyata gak jadi dibeli. Atau takut baju itu malah jatoh ketangan orang lain secara paksa. Orang lain bisa aja bilang "Habis lo kelamaan mikir, mending gua aja yang bayar. Gua suka dan langsung mau beli, kalo perlu gua lebihin duidnya"

Fungsi utama nikah adalah memiliki. Mengclaim. 

Kalopun suatu hari baju itu dicuri orang, kita bisa lapor pihak yang bewajib dan mengambil kembali baju kita. Bedanya mau gak kita pake lagi bajunya yang bekas dipake orang jahat.
Kalo baju bisa kita buang, kalau pasangan???
emmmm... terserah lah itu.. tergantung persepsi lagi.
Orang nikah emang bisa cerai, tapi efeknya lebih buruk dari pada cuma buang baju. Ini yang bikin beli baju itu beda sama memilih pasangan.

Kalau baju kita gak suka tinggal buang, kasih orang atau jadiin kain lap.
Kalau pasangan adalah orang. Gak bisa seenaknya dibuang, kasih orang atau jadiin lap. Belum lagi kalo punya anak. Kadang mau seburuk apapun pasangan jadi ditoleransi karena faktor-faktor lain.
Kaya yang telah di janjikan saat pernikahan, janji yang dibuat bukan dengan orang tapi dengan Tuhan, "Akan terus bersama saat suka dan duka, saat sehat maupun sakit" jadi pas lagi duka gak bisa kabur dari pernikahan atau pasangannya.
Ternyata sih baru aku sadari, pernikahan disetiap agama juga beda. Walau pada dasarnya Tuhan tidak suka kalau ada perceraian, atau kaya memainkan janji ke Tuhan. Ternyata gak disetiap agama janji buat "setia" sampai mati. emmmm... males banget bahas ini. Apa lagi kalo beda kepercayaan. Jadi males nikah soalnya.
Di agama satu, pernikahan itu gak bisa di ingkari, sekali nikah gak boleh berpaling. Cuma sekali seumur hidup, kecuali pasangannya meninggal.
Di agama lain, pernikahan kaya proses jual beli aja. Kalau sudah punya yah sudah, mau aku buang atau aku apakan boleh. Jadi bisa cerai atau di ceraikan.
Jadi ngerasa pernikahan gak ada yang terlalu spesial. Kecuali kaya sah buah "berhubungan badan"

Pantes aja orang gak pusing-pusing banget buat nikah. Karena pikirannya simple. Gak ribet sama konsesuensi. [lagi-lagi perbedaan persepsi]
Kaya aku yang kebanyakan mikir konsekuensinya, jadi bikin banyak syarat. Tapi ada yang mikir nikah itu simple, jadi asal ada syarat dasarnya udah cukup.
Soalnya buat aku nikah itu janji seumur hidup, mungkin buat dia kalo gak cocok masih aman lah, bisa cerai. [mungkin]
Tar ada lagi istilah "kalau cerai berati gak jodoh"

Kayanya aku tuh mikitr kebanyakan, sedangkan orang yang udah nikah bilang "nikah itu biasa aja, gak ribet" berdasarkan pengalaman orang. Tapi banyak juga yang curhat pengenai pernikahan yang bikin "takut" dan "cemas".

Bagi aku nikah itu maunya urusan 2 orang aja yang saling berkomitment. Saling berjanji setia, saling mendukung dan menjaga. Salah satu cara yang aku pikirkan adalah "Pippolicious the adventure"
kenapa?
Karena perjalanan berdua aja sama pasangan. Gak ada unsur lain yang bikin pusing kaya orang tua.
[gak sipa punya mertua]


Mungkin dari bahasan diatas, bisa ditarik kesimpulan kalau mau nemu jodoh itu mesti,
1. Bergaol
2. Merubah persepsi
3. Membuka hati dan pikiran
4. Mencari tujuan yang tepat

Yah, semoga dengan kesimpulan ini bikin cepet ketemu jodoh.
[pesimis gitu ngomongnya] (。ŏ﹏ŏ)

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo