Jumat, 09 Maret 2018

Penampakan disekitar kita

Topik Horor bisa dibilang topik bermata dua. Ditakuti namun tetap saja diminati. Sebenernya percaya, gak percaya memang makluk halus itu ada. Dalam beberapa kitab kepercayaan menerangkan kalau mahluk halus itu memang ada. ada sebagian mencerikatan kehidupan setelah mati.
Sebenarnya dalam ajaran agama, kita tidak diajarkan untuk takut. Tapi tetap saja masih banyak yang takut.
Kenapa?
Karena hantu itu mahluk yang asing. Mahluk yang kita tidak kenali, baik atau buruknya.
Mahluk yang kadang bisa kita lihat, kadang kita bisa rasakan atau kadang tidak keduanya, namun mereka ada.
Belum lagi sugesti-sugesti dari pada pembuat film, untuk meraup keuntungan. Mereka membuat persepsi hantu begitu menyeramkan hingga banyak penonton yang ketakutan. Semakin mengerikan film tersebut, maka semakin banyak uang yang mereka dapat.

Aku mau cerita sedikit, mengenai penampakan-penampakan hantu yang dialami beberapa orang yang aku kenal.
Dulu, waktu kuliah aku pernah menulis sebuah laman, mengenai pengalaman mengerikan teman-temanku di kampus. Cerita ini cukup menarik, hingga banyak blogger yang copy paste seenaknya.
Sebenernya, kalo mau cerita horor, cukup tanyakan ke orang-orang sekitar, pengalaman mistik apa yang pernah mereka alama? Maka Cerita akan lebih orisinil.
Itu saranku aja sih, tapi kalo masih mau copas yah, itu hak kalian. [kadang aku juga suka kopas]
Tapi ceritaku kali ini langsung dari nara sumber dan pengalaman pribadi [orang yang aku kenal].

1. Penampakan saat main Mobile Legend
Cerita pertama, adalah ceritaku bsendiri. Pengalaman yang aku alami sendiri beberpa hari yang lalu.

Yah, tahun 2018. Siapa yang gak tau Mobile Legend?[Kalo gak tahu, berati lo gak gaol.]
Walaupun gak suka, atau benci sama game ini, pastinya tahu lah game apa ini.
Aku jadi player game ini udah cukup lama. Aku join dari season 3 atau 4 gitu, lupa. Pokoknya yang skin freenya Fanny. Jadi udah lomayan lama. Sejak aku buka Kedai Pippolicious, jelas waktu main aku sedikit. Aku punya waktu luang setelah tutup toko. Sekitar diatas jam 11 malam. Biasanya aku main sampe jam 1 [kadang sampe jam 3], Tapi sebisa mungkin aku batasin 2 babak ranked aja kalau malem.
Nah, seperti malam-malam sebelumnya, setelah tutup toko aku langsung rebahan di sofa ruang tamu. Karena sofanya ga panjang-panjang banget, yah cuma bisa rebahan setengah badan sih, tetep aja nyaman buat main. Biasanya jem segitu juga lampu ruang tamu udah di matiin. Paling sisa lampu kecil buat penerangan, biar gak gelap-gelap banget.
Alasan aku main diruang tamu, karena dekat dengan Wifi. Jadi akses sinyal cukup lancar buat ranked.
Lagi asik main, tiba-tiba langganan aku ada yang ngajak video call pake app wahtsapp. Disaat ada yang video call, otomatis layar beralih ke kamera depan handphone. [tanpa ijin]
Hal ini cukup bikin gondok ya, apa lagi ranked trus ada yang video call. Aku langsung matiin aja, tapi di telepon lagi. Gondok kan, tapi pas aku geser sedikit layar handphone ke atas kepala gitu ada sesosok wanita, samar-samar berjalan melewati ruang tamu menuju pintu. Tepatnya sih gak jauh dari belakangku gitu.
Kondisi ruangan agak gelap sih, trus aku liat itu dari kamera depan handphone xiaomi. Jadi agak gak jelas, tapi aku yakin pasti itu cewe berambut panjang. Cewenya juga ga tinggi-tinggi banget. Kayanya numpang lewat gitu.
Oh ya, biar aku jelasin, kalo dirumahku itu yang cewe cuma aku sama nyokap. Nyokap Stroke [gak bisa jalan] dan aku lagi duduk di sofa. Jadi yang lewat bukan orang.
Setelah itu, vidio call aku matiin lagi, dengan geser tombol merahnya aku bergumam "Aduh, malam-malam ganggu aja sih". Aku lanjutin ranked, soalnya kalo AFK bisa kalah. Udah menang, aku pelan-pelan menuju kamar. Seolah gak terjadi apa-apa. Trus aku lanjutin ranked di kamar.

Setelah lewat beberapa hari, aku main kerumah temenku. Kita main mobile legends bareng, trus sekalian aku cerita masalah cewe yang lewat di belakang aku. Temenku ini emang punya kelebihan sedikit. [sejenis, ngeliat dan ngerasain]
 Dia pernah beberpa kali datang, dan nginep di rumahku.
 Trus dia bilang "di ruang tamu? oh, disana emang ada. Tapi gak ganggu kan?"
"gak sih, cuma lagi lewat, trus ketangkep kamera aja" jawabku.
"yang paling kuat sih aku rasain ditempat nyokap lo tidur siang."
"tapi biasanya sih selalu terang."
"iya, cuma kuat aja auranya, tapi gak ganggu kan?"
dalam hati aku ngegerutu, gak ganggu sih, tapi sekarang aku yang terganggu sama kenyataan itu. "dulu, disitu emang ada kenangan pahit sih. Mungkin setan bokap gua ngetem disana" jawab aku sok sante.
"bisa jadi"
Semoga kenyataan ini tidak mengganggu pikiran kearah horor kalo dirumah. Cuma aku mule merinding dikit pas nulis ini.


2. Bangunan kosong
Kali ini aku mau cerita mengenai bangunan kosong yang ada di halaman rumahku. Bangunan ini berupa kerangka rumah yang belum jadi, dan tidak terawat. Tekstur tanahnya juga agak miring, apa lagi setelah pembangunan perumahan yang depelopernya jelek. Trus bikin fodasi gak lengkap. [ngeceh-ngoceh]

Intinya itu, bangunan ini memang gak pernah ditinggali lama. Dulu pernah ada karyawan mama yang tinggal disana, tapi sejak kodisi ekonomi mama menurun dan gak pake karyawan, tempat itu sepenuhnya kosong. Yang bikin horor sih banyak, seperti kamar mandi di bangunan itu. Dulu dipakai beberapa kali sama papi [adenya mamaku]yang mau mandi siang, atau almarhum papaku. Sekarang kondisi kamar mandi makin parah, udah gak bisa dipake buat mandi atau sekedar buang air. Intinya sekarang tinggal kerangkanya aja itu kamar mandi.
Trus didepan kamar mandi ada sumur. Sumur tua yang cukup dalam. Sekarang sumur itu udah ga produktif, karena aku udah bikin galian baru. Sekarang bangunan itu diperuntukan untuk gudang. Menyimpam segala jenis barang, bahkan barang-barang yang bukan barang aku. [tetangga bahkan teman, nitipin barangnya dibanguanan tua itu.
Setiap melihat bangunan tua itu, aku berharap agar rumahku segera terjual. Selain fengshui yang gak bagus, bangunan itu jadi tempat banyak mahluk halus, dan butuh banyak renovasi.

Salah satu kisah dialami sama orang yang pernah ngekos disamping kamarku. Di samping kiri kamar kosan mereka ada kamar mandi khusus buat mereka, bahkan kalau malam aku takut buat kencing [buang air kecil] di dalam kamar mandi itu. Aku takut kalau tiba-tiba aku terkurung di kamar mandi itu, tanpa ada yang tahu.
Kamar mandi dibuat kecil dan sederhana, tapi kalau malam tetap saja menyeramkan. Apa lagi posisinya tepat di depan bangunan kosong itu.
Jadi ceritanya, ada dua laki-laki yang ngekos atau menempati kamar itu. Mereka adalah Pakde S yang umurnya sekitar 40 tahun, asli lamongan, dan saudaranya Om R yang umutnya 30an. Mereka ngekos di tempat itu karena dekat dengan tempat kerja mereka.

Mereka cerita pengelaman mereka di kamar itu. Waktu awal-awal menempati kamar itu kalau malam suka ada yang ngetok-ngetok pintu kamar mereka. Awalnya hanya si pakde S yang denger, besokannya temen sekamarnya Om R juga denger, dan mereka sepakat gak buka. Kecuali ada yang ngetok-ngetok sambil teriak keperluan mereka apa. Trus dimalam-malam selanjutnya, terdengar suara orang mandi di kamar mandi mereka. Merekapun makin gak nyaman. Akhirnya, karena udah muak di ganggu, mereka kalau malam-malam suka bikin api unggun didepan kamar. Kadang mereka sambil pake sarung, duduk di teras kamar sambil Simule [karokean].
Jadi mereka sok-sok nantangin gitu. Sampe mereka pindah sih, mereka gak ngeluh lagi sama "gangguan-gangguan" itu.
Cuma kamar mereka jadi kosong, dan ichiki [anjingku]jadi suka nangis-nangis kalo malem.
Selain itu sih, aku pernah ngerasa pusing banget saat diarena bangunan itu, tapi saat beranjak pergi rasa pusing itu hilang, trus aku coba mendekat lagi, terasa pusing lagi. mmmmm
Aku gak tahu sih mahluk apa aja yang ada disana, tapi kayanya banyak.

3. Asap putih
Ini cerita dari satpam perumahan di samping rumahku. Jadi kemarin, tiba-tiba dia negor tetanggaku yang tinggal satu halaman sama rumahku. "yon, lo kemaren ngapain bakar-bakar sampah?"
tetanggaku jawab "kagak rik, kan gua langganan tukang sampah, ngapain gua bakar sampah"
Trus aku yang kepo langsung tanya, "emang ada apa rik?"
"kaga, gua pas lagi patroli malem, liat ada asep putih dari balik tembok" balik tembok rumahku maksudnya.
"lah, yang lo liat asep beneran bukan rik?"
"Gak tau, pokoknya ada asep putih banget. Baunya bukan kaya bakaran sampah juga sih, tapi wangi gitu. Cuma gua gak tau wangi apa"
"Gua sih, gak bakar apa-apa kalo malem rik, gua sibuk main hape" mobile legends pastinya.
"yah gak tau, pokoknya asepnya ada disitu, di balik tembok keliatan banget"
"heheheh, yah pippo lagi bakar-bakarin tikus kali rik" aku berusaha mencairkan suasana yang mule merinding.
"sumpah ini sekarang gua merinding." Kata Erik. "makanya kalo patroli malem gua suka pake headset, soalnya suka ada yang ketawa dari atas pohon kalo gua lewat" curhat Erik.
"hi hi hi gitu suaranya, trus gua bales aja ha ha ha" abis itu gua jalan cepet.

Sejarahnya sih, sebelum jadi perumahan, tempat itu emang lahan kososng. Bahkan ada isu kalau disana ada siluman ular. Saat pembukaan lahan karena mau dibuat perumahan, ular-ular disana lari kesegala penjuru arah. Mereka mencari rumah baru. Sebagian pindah ke kebun yang agak jauh dari lahan itu, sebagian mati terlindas mobil di jalan raya. Wajar aja sih kalau disana ada penghuni selain manusia. Mungkin sebelum manusia menghuni tempat itu, sudah ada mahluk lain yang tinggal disana.

4. Penghuni rumah kosong
Yang ini cerita dari babe yang sering mampir ke Kedaiku buat ngopi. Dia tinggal di kontrakan belakang, yang cukup jauh dari kedaiku. Tiap pulang dia gak mau sampe tengah malem, paling sekitar jam 10 paling lama jam 11 dia udah kabur. Trus suka di tanyain sama tetanggaku "kok udah mau pulang be? kan masih sore"
babe dengan kesel jawab "sore apaan udah jem 11, takut saya kalo pulang maleman lagi"
disitu aku kepo lagi " emang kenapa be? ada cewe yang nunggu dirumah ya?"
"kaga, babekan udah ga punya bini"
"lah kan masih rame juga be, itu ada bang I. Tar pulangnya bareng dia aja"
"Ah sama aja. Orang tetep aja diganggu ah" kata babe keceplosan.
"digangguin siapa be? mana ada banci malem-malem disini"
"bukan banci, sama yang nungguin rumah kosong itu."
"Rumah kosong? yang mana be? yang godain cewe be?"
"itu rumah kosong di samping perumahan P, itu kan kosong karena gak ada yang betah tinggal disana. soalnya yang gangguin cewe mukanya ireng." cewe disini maksudnya sejenis kuntil anak kalinya atau hantu perempuan. "itu, waktu itu babe pulang malem abis nonton dangdutan, trus pas babe jalan pulang di depan babe ada tukang bakso yang abis pulang juga. Trus pas sampe depan rumah itu, tukang bakso langsung dorong gerobaknya sambil lari. Padahal kan tanjakan, tapi kuat banget dia dorongnya sambil lari. Tau-tau ada yang keluar dari rumah itu. Cewe pake jubah item trus mukanya gosong gitu. Item. Babe takut trus babe jalan mojok-mojok.  Tapi dia ga pergi-pergi, jadi babe bilangin aja 'neng, udah masuk sana! udah malem, jangan gangguin orang', trus dia balik lagi kerumahnya. Pantesan aja itu rumah gak laku-laku." Cerita babe sama orang-orang kepo.
"Rumah yang mana sih be?" aku masih sok kepo
"Itu loh, rumah yang dulu di kontrakin sama supir angkot, angkotnya suka ada didepan. Ruamhnya yang samping lapangan.
"kayanya aku tahu deh be. Pippo juga jarang mau pipis di depan rumah itu" Aku inget pas ajak Pippo jalan-jalan, Pippo hampir selalu pipisin taneman atau pohon yang dia temuin dijalan, tapi pas sampe di rumah itu cuma diendus sebentar trus balik jalan lagi. Kayanya di skip itu taneman-taneman yang ada disitu.
"Gak tau deh itu rumah dari dulu emang gak ada yang betah nempatin." kata babe masih curhat. "Orang-orang belakang juga cerita suka di gangguin sama cewe ireng itu. Makanya udah pada tau jem segitu ga ada yang mau lewat sana. Mana lampu jalannya mati-mati mulu."
"Ya udah be, pulang aja. Tar kalo ketemu cewe itu titip salem ya."
"husss, itu cewe suka pindah-pindah ke pohon juga loh, ati-ati kalo ngomong, tar disamperin baru tau sara"
jeng-jeng
aku anggap itu bukan sebuah ancaman, tapi nasihat.


Serem atau gak cerita-ceritaku ini, itu relatif. Tapi cerita-cerita ini adalah pengalaman nyata dari orang-orang disekitarku.







0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo