Kamis, 22 Maret 2018

Advanture 2017 at Pontianak (Petualangan 2017 di Pontianak)

Yah, akhirnya. Karena aku udah mulai nulis blog lagi jadi aku baru cerita petulanganku di tahun 2017 lalu. Seperti yang sudah aku jelaskan sebelum-sebelumnya [mungkin], kalau setiap tahun, minimal 1 kali aku mau liburan keluar kotaku Depok. Yah setidaknya keluar dari yang namanya Jabodetabek.

Tahun lalu, sebenernya aku hampir gagal menjalankan misi tahunanku. Tapi Takdir berkata lain, sepertinya Tuhanpun mendukung rencanaku.
Jadi tuh tahun kemarin aku defisit banget. Ada pengeluaran dadakan yang gak bisa di hindari. Yah semacem cobaan gitulah. [masa tiba-tiba tembok halaman rubuh, jadi aku keluarin semua tabungan travel untuk benerin tembok] Trus juga akhir tahun lalu aku berencana ingin membuka Kedai Pippolicious, jadi kalau ada sisa uangnya ngalir kesana semua.
Naik Lion Air
Tapi ternyata ada "tante"ku yang danain tiket persawatku ke Pontianak. Intinya aku kepontianak lah tahun kemarin dengan super low budget.
Naik persawat, soalnya gak ada kereta yang bisa nyebrang lautan.
Sejujurnya aku agak ragu ngeposting kisah perjalananku tahun lalu.
Cuma setelah aku merapihkan file-file foto tahun 2017 kemarin, aku lihat banyak hasil jepretan yang bisa jadi review Kota Pontianak.

Pontianak adalah ibu kota Kalimantan Barat. Aku gak terlalu inget sama udara disana, cuma kayanya lebih mending lah dari udara di Jakarta [yang kalo kemana-mana kudu pake masker, kalo gak tar upilnya item]. Polusi sih gak banyak, tapi udara panasnya nyengat.
Kodisi kota ramai, tapi gak padet kaya Jakarta dan Depok. Ramainya tuh kaya Jakarta pas lagi lebaran atau Libur panjang. Jalanan lancar jaya, walau masih ramai.
Berhubung keluargaku banyak yang tinggal disana, jadi aku gak perlu keluarin ongkos nginep, alias numpang nginep aja plus ditraktir [rejeki anak soleha].
Trus juga aku diajak keliling Pontianak sama saudara-saudara.

Kapuas boad
Pertama, menyebrangi sungai kapuas.
Dari bandara aku dijemput Qiu-Qiu (om) pergi ke rumah salah satu Ie-ie (tante) di daerah Sanggau. Dari bandara ke tempat itu cukup jauh sepertinya, mungkin sejenis muter gitu. Aku sih santai-santai aja, tinggal duduk manis di mobil gitu loh.
Trus qiu-qiu ngasih tahu kalo kita ngelewatin sungai Landak. Sungainya gak terlalu lebar, sepertinya anak dari sungai Kapuas yang terkenal besar di Pontianak.
Pas cari di Google ternyata sungai landak punya sejarah yang unik. Tiap lewat aku tanya "mana landaknya?"
Suatu hari ada petani miskin, yang menemukan patung landak emas yang bisa mengabulkan permintaan. Namun patung ini dicuri, karena pencuri itu ingin memohon pada patung itu untuk menolong desanya yang dilanda kekeringan. Akhirnya patung itu mengabulkan permintaannya. Munculah air namun tidak berhenti hingga desa itu tertelan air, dan pencuri itu mati di seret monster landak. Jadilah sungai landak.
Matoa
Trus setelah sampai di Sanggau aku di suruh coba buah yang gak pernah aku makan dan lihat sebelumnya. Matoa.
Buah ini tekturnya kaya rambutan, tapi ada sedikit aroma duren. Aku gak terlalu inget rasanya, tapi aku nulis itu di Instragramku.

Balik ke kotanya, Pontianak aku disuguhin sesajen yang super banyak dari keluargaku. Katanya qiu-qiu spesial yang masakin. Ada Sayur yang jarang aku temui di Jakarta, dan aku lupa namanya. Siang itu terasa panas terik.
Qiu-qiu
Sisa hari itu Ie-ie ajak ke Mall. Aku sih ngerasa ie-ieku ini kangen sama Jakarta yang banyak Mallnya, apa emang dia doyan banget jalan-jalan ke mall. Itu aku di Pontianak diajak ke Mall terus. [mungkin sekitar 2-3kali aku pergi ke Mega Mall doang]
Di pontianak ada 3 Mall, pertama Ayani Mega Mall.
Mall ini terbilang paling gede, dan gak berasa di pontianak kalo masuk kedalamnya. Disana ada supermarket besar dan toko-toko elit.
Pasar tradisional Pontianak
Trus besokannya diajak lagi ke Mall Matahari. Mall itu sih sepi banget, mungkin rame di hari-hari tertentu. Eskalator jarang yang di nyalain, trus udaranya agak panas, ACnya males di nyalain kali. Banyak juga kios-kios yang kosong. Habis ke Mall Matahari, beranjak ke Kaisar Supermarket. Gak terlalu jauh sih. Kita Naik Go Car. Yah enaknya Go Car udah banyak di Pontianak. Kaisar murni cuma supermarket sih bukan Mall. Kayanya yang dimaksud mall ketiga itu Mall Ramayana. Cuma aku gak kesana, dan males juga. heheheheh
Oh ya, malamnya sebenernya ie-ie traktir sekeluarga makan di restoran kepiting gitu. Tapi gak tahu dimana lokasinya, karena udah malem juga, dan aku cuma ikut aja. Kaya ikan yang terbawa arus.
Sesajen heboh

Pagi hari sebelum berangkat kerja Qiu-qiu ajak jalan-jalan ke alun-alun Sungai kapuas. Kerena masih pagi yang cuma liat air [yah lah namanya juga sungai] dan menikmati terpaan angin yang kencang. Qiu-qiu juga kasih tahu aku kalau mau nyebrang sungai bisa pakai jembatan atau pakai kapal. Ada kapal yang megangkut kendaraan. 5000rupiah per motor dan 15.000 rupiah per mobil. Aku rasa sih kalo malem disana ramai
Abis dari sana diajak kepasar. Pasarnya sama kaya pasar tradisional lain kok. Banyak sayur mayur dan daging-daging. Enaknya sih ada toko kopi, yang jual kopi kiloan. Aku agak lupa, kayanya qiu-qiu jajanin aku martabak di pasar itu. [berasa kaya anak bocah]
Kwe Cap 1/2 porsi
Emang pas di Pontianak itu qiu-qiu yang paling doyan jajanin aku. Beliin aku banyak kuliner yang jarang aku temui di Jakarta ataupun Depok. Cuma sebenarnya aku pernah nyoba juga. Cuma emang jarang aja yang jual di Jakarta. Namanya juga makanan daerah.
Pertama aku cobain Kwe Cap Veteran. Qiu-qiu beliin aku buat sarapan pagi. 1 porsi isisnya banyak banget. Kwe cap ini terdiri dari Kuah, Bulet panjang yang terbuat dari tepung beras [kalau di korea namanya toppoki], dan kulit babi. Jelas sekali makanan ini gak halal.
Choi Pan
Aku cuma sanggup makan setengah porsi, karena pagi itu popo juga sodorin Choi pan home made. Nah kalo Choi Pan ini mending, karena terbuat dari tepung beras dan isinya itu biasanya bengkoang tumis. Dirumah aku juga suka buat dulu. Jadi tahu lah rasanya. Kalo di Jepang itu mungkin namanya Gyoza.

Siangnya aku ngabur kerumah sodara di Pontianak yang lain. Sepupu disana ada yang baru lahiran, gak enak aja kalo gak mampir sambil kasih bingkisan. Yah, sekalian mampir aku di ajak makan gitu. Pertama di ajak makan bakso gepeng, rekomen papi. Ternyata biasa aja sih. Trus sepupu ngajakin lagi makan di Gajah mada. Makan nasi uduk Borobudur. Buset borobudur sampe Pontianak loh. Hehehehhe.
Ternyata yang direkomen sama sepupu aku jauh lebih enak. Jadi aku makan lagi.  Setelah makan bakso aku makan nasi Uduk + Ayam. Dan Aku rekomendasikan Nasi uduk ini buat para wisatawan. Enak banget, Ayamnya empukk sampe gampang banget di koyak pake sendok.
Ayamnya ada kremes-kremesnya  gitu.

Baru menjelang sore aku balik kerumah popo, dan kita anterin si ie-ie pulang ke Sanggau. Yang nganterin rombongan gitu, jadi berjamaah. Baliknya kita makan bubur ikan yang katanya enak. Tapi ternyata emang ada yang salah sih. Kayanya sih itu sup ikan campur nasi. Nasinya belum jadi bubur. Secara keseluruhan kaya sup ikan, sup campur ikan dan sayur-sayuran. Sejujurnya sih, sop ikan itu rasanya biasa-biasa aja. Yang bikin enak saat-saat makan bareng keluarga disana. Kan Jarang-jarang makan bareng.
bubur Sup ikan
Oh ya, kalo ke Pontianak jangan lupa cobain Bakmi kepitingnya. Rekomen banget buat yang pecinta mie. Bakmi kepiting sih komposisinya halal, tapi tanya lagi sama yang jual. Perasaan aku isinya kepiting paling di tambah bakso ikan dan daging-dangingan yang lain.
Resto Bakmi kepiting
Qiu-qiu juga beliin aku bakmi kepiting. Yang bikin perasaan aku gak enak. heheheheh [takut gendut mendadak]

Yang menarik selain kuliner adalah Gereja. Di Pontianak ternyata banyak gereja, mungkin mayoritas penduduknya Kristen. Ada juga sih Mesjidnya [gede banget], tapi ada gereja Katedral yang super gede. Itu yah yang bikin bengong bangunannya. Desain clasik dengan banyak patung-patung artistik. Sayang banget kalo gak foto-foto disana. Gila, berasa kaya diluar negri loh. Kalo di foto kayanya biasa-biasa aja [apa lagi ada muka gue, yang bikin pemandangan tambah buyar], tapi tuh aslinya bikin cengok deh.
Rumah Betang
Trus spot foto-foto free lain adalah rumah Betang. Yang rame buat kumpul-kumpul ato sekedar duduk-duduk di pontianak. Masuknya free, paling kalo ada yang mintain duid parkir kasih aja 2ribu. Rumah Betang adalah rumah tradisional suku Dayak, Suku asli kalimantan.
Ciri Khas rumah ini adalah tinggi. Aslinya tangga berupa sebatang Kayu Ulin raksaksa. Kalau mau uji nyali silahkan naik kerumah Betang menggunakan tangga ini. Kalau gak berani disediakan tangga yang lebih ergonomis di belakangnya.
Santai di Bandara Supadio
Foto-foto sambil lihat matahari terbenam, rasanya pengen jorokin orang dari atas rumah betang [eh].

Sayangnya sih kemarin aku gak sempet ke katulistiwa. Itu udah kaya icon kota Pontianak sebenernya. Cuma karena waktu singkat jadi cuma muter-muter mall doang. hehehehhe
Semoga next time bisa jalan-jalan ketempat yang bagus lain di Pontianak.
And last, pulangnya aku dari bandara Supadio yang luar biasa menuju  Bandara Soekarno Hatta yang biasa aja.
Gila ruang tunggu bandara gede banget, bahakan ada kursi malas bos yang super nyaman. Rasanya pinggang tuh gak mau lepas dari bangku malas bos itu. Itu bandara paling berkesan.

Tampang anak yg gak sempet mandi

Kwe cap 1/4 porsi

Sayur asing

Pintu apa gerbang?

Ini bukan kapal Titanic

Desain ala orang Dayak

2 celoteh:

UnKnown mengatakan...

Texas Poker | Judi Poker | Sakong Online

Agen Poker OnlineTerpercaya dan Terbaik di Indonesia Menyendia berbagai macam permainan judi kartu terbaik di Asia dengan menggunakan uang asli. 1 ID untuk 8 Game Permainan yang disediakan oleh Situs Bandar PokerV

Nikmati Promo Bonus Terbesar Dari Pokervita Situs Judi Bandar66 Online
-> Bonus Cashback 0.5% (Dibagikan Setiap Minggu)
-> Bonus Refferal 20%

Doyan Main mengatakan...

Agent Poker yang banyak bonusnya
Klik ======> winning303.fun/poker

Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..