Selasa, 16 November 2010

The Newborn Baby


Pendahuluan

    Anak adalah anugrah paling indah yang dibeikan olah Tuhan Yang Maha Kuasa. Perkembangan anak merupakan berlian bagi setiap orang tua. semua orang tua pasti tidak ingin melewatkan masa pertumbuhan anaknya. pada masa pertumbuhan adalah masa yang penting. Dalam masa pertumbuhan fisik anak juga mengalami pertumbuhan mental. Karena alasan tersebut saya berinisiatif untuk membuat makalah ini sebagai tugas sofskill Psikologi Tegnologi dan Informasi.

    Terimakasih untuk teman-teman saya yang selalu mendukung saya dalam susah dan senang, terutama terimakasih kepada dosen pembimbing softskill saya, karena berkat bimbingan dari para Dosen Universitas Gunadarma, saya berhasil membuat sebuah makalah "The Newborn Baby".

    Walau pun saya tau bahwa makalah ini sangan jauh dari kata sempurna namun saya berharap agar makalah yang saya buat ini dapat berguna dan dapat memberi informasi yang beguna bagi yang membacanya.


Penulis


Yasika

(15509920)

Latar belakang
    Tiga tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang paling sensitif, yang akan sangat menentukan perkembangan otak dan kehidupannya di masa mendatang. Jaringan otak anak yang mendapatkan banyak stimulasi akan berkembang mencapai 80% pada usia 3 tahun. Dibandingkan dengan waktu-waktu selanjutnya, rangsangan atau stimulasi yang anda berikan kepada anak anda selama tiga tahun pertama inilah yang akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan otaknya, dan menjadi dasar pembentukkehidupannya yang akan datang.
    Menjadi orangtua adalah sebuah tanggung jawab yang besar dan merupakan suatu hal yang sangat sulit. Tanpa mempunyai bekal ilmu pengetahuan yang cukup, maka akan mengalami banyak kesulitan untuk mendidik dan mengasuh anak anda menjadi anak yang cerdas dalam segi fisik maupun mentalnya. Terkadang menjadi orang tua dapat menyebabkan stress sehingga tampa sadar mempengaruhi pertumbuhan anak. Anak yang seharusnya mendapatkan kasih sayang tetapi justru menerima tindakan kekerasan hanya karena orang tua mengalami stress dan tidak tahu harus berbuat apa.
Pembahasan
     Pada periode neonatal dalam empat minggu pertama adalah masa transisi dari rahim, dimana janin yang awalnya didukung sepenuhnya oleh ibu didalam rahim seperti sirkulasi darah, pernafasan, nutrisi, pembuangan dan lainnya setelah lahir semua sistem dan fungsi harus beroprasi sendiri.

Ukuran dan berat
    rata-rata bayi yang baru lahir (neonatus), di Amerika Serikat panjangnya sekitar 20 inci dan berat sekitar 7,5 kilogram. Saat lahir, 95% dari bayi yang baru lahir beratnya sekitar 5,5 sampai 10 kilogram dan panjangnya antara 18 sampai 22 inci. Biasanya anak laki-laki cenderung sedikit lebih panjang dibandingkan anak perempuan, dan anak sulung cenderung lebih ringan dari pada anak setelahnya. Di hari pertama mereka beberapa anak yang baru lahir kehilangan 10% berat badan mereka, terutama disebabkan karena kehilangan cairan. Pada hari kelima biasanya anak kembali ke berat awa lnya.


Sistem Tubuh
    Sebelum lahir, sirkulasi darah, pernafasan, nutrisi, pembuangan, dan temperature dilakukan melalui tubuh ibu. Setelah lahir, semua system dan fungsi harus beroprasi sendiri. Sebagian besar pekerjaan transisi ini terjadi selama empat sampai enam jam pertama setelah bayi di dilahirkan.
    Saat bayi masih dalam kandungan, janin dan ibu memiliki sistem peredaran darah dan detak jantung yang terpisah terpisah. Darah janin dibersihkan melalui tali pusar, yang membawa darah yang dipakai untuk plasenta dan mengembalikan pasokan segar. Saluran sirkulasi darah sepenuhnya ada dalam tubuh bayi. Denyut jantung pada awalnya cepat dan tidak teratur, dan tekanan darah tidak stabil sampai sepuluh hari setelah lahir.
Janin mendapat oksigen dan membuang dioksida malalui tali pusar . Bayi yang baru lahir membutuhkan oksigen yang lebih banyak dari pada saan masih dikandung dan setelah lahir bayi harus berusaha mendapatkan oksigen tersebut. Kebanyakan bayi mulai bernapas segera setelah mereka terkena udara. Jika bernapas tidak dimulai dalam waktu sekitar lima menit, bayi mungkin menderita cedera otak permanen disebabkan oleh Anoxia, kekurangan oksigen, atau hypoxia, atau kekurangan pasokan oksigen. karena paru-paru bayi hanya memiliki satu persepuluh sebagai kantung-kantung udara banyak sebagai orang dewasa, bayi (terutama yang lahir prematur) yang rentan terhadap masalah pernapasan. mungkin terjadi selama pengiriman sebagai akibat dari kompresi ulang plasenta dan tali pusat dengan kontraksi masing-masing.
    Bayi yang baru lahir seharusnya menangis, itu menandakan bahwa bayi lahir dengan selamat namun jika bayi tidak menangis harus diwaspadai karena biasanya bayi yang tidak menangis berate mengalami kelainan. Biasanya bayi yang tidak menangis makan akan di balik dan ditepuk bokongnya agar bayi dapat menangis.

Perkembangan Otak Anak
    Bayi baru memiliki ciri yang khas, diantaranya kepala besar (seperempat panjang tubuhnya) dan dagu surut. Pada awalnya, kepala bayi yang baru lahir mungkin akan panjang dan cacat karena cetakan yang berkurang hal ini mempengaruhi pertumbuhan otak bayi. Perkembangan otak terjadi pada saat bayi belum lahir dan sesudah lahir disebut periode peka. Dalam periode ini berhubungan erat dengan periode dimana jaringan tak yang mengendalikan fungsi-fungsi tubuh itu sedang tumbuh dan berkembang. Munculnya periode peka ini bisa berlainan pada tiap-tiap anak,tergantung pada faktor keturunan dan terlebih lagi pada stimulasi yangpernah diterima oleh anak. Pada periode peka ini, anda akan lebih mudah mengajarkan hal-hal yang sedang peka itu daripada setelah periode peka ini berakhir. Hubungan anda dengan anak anda akan sangat mempengaruhiberhasil tidaknya anak anda menerima stimulasi, yang pada akhirnyamenentukan bagaimana jaringan otak anak anda akan dibentuk.

     Hubungan antar sel-sel otak dibentuk dengan adanya saling kirim dan terima signal. Signal yang berupa getaran aliran listrik ini mengalir dari sel yang satu ke sel yang lainnya, dan dengan bantuan zat kimia seperti serotonin, terbentuklah hubungan antara sel-sel otak tersebut.

    Rangsangan yang terus-menerus, yang anda berikan melalui bentuk kegiatan yang berulang-ulang, akan semakin memperkuat hubungan antar sel-sel otak. Satu sel otak mampun membuat 15.000 hubungan dengan sel otak yang lain. Hubungan yang sangat rumit inilah yang membentuk jaringan antar sel-sel otak. Pengalaman yang diterima oleh bayilah yang akan menentukan bentuk jaringan di dalam otak. Sejak bayi lahir, jaringan ini akan dibentuk dengan cepat sekali,dan pada usia anak mencapai 3 tahun, otak anak anda akan membuat kira-kira 1000 trilyun hubungan, dimana jumlah ini adalah 2 kali lipatdari jumlah hubungan jaringan otak pada orang dewasa.

     Saat lahir, bayi punya 100 miliar sel otak yang belum tersambung. Pada usia 0-3 tahun terdapat 1000 triliun koneksi (sambungan antar sel). Pada saat inilah anak-anak bisa mulai diperkenalkan berbagai hal dengan cara mengulang-ulang.

    Otak yang belum matang rentan terhadap trauma, baik terhadapucapan yang keras maupun tindakan yang menyakitkan.Susunan otak terbentuk dari pengalaman. Jika pengalaman anak takut dan stress, maka respon otak terhadap dua hal itulah yang akan menjadi arsitek otak sehingga dapat mengubah struktur fisik otak. Itulah mengapa kita harus menghindarkan diri dari memarahi anak atau memukulnya. Jika anak kita melakukankesalahan atau melakukan sesuatu yang tidak sopan,sebaiknyalah kita mulai mengajarkannya mana yang betul dansopan santun dengan cara yang arif serta penuh kesabaran.

Kesimpulan

     Tiga tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang paling sensitif, yang akan sangat menentukan perkembangan otak dan kehidupan. Sebelum lahir, sirkulasi darah, pernafasan, nutrisi, pembuangan, dan temperature dilakukan melalui tubuh ibu. Setelah lahir, semua system dan fungsi harus beroprasi sendiri. Segala sesuatu yang diperlkikan janin didalam tuduh ibu disalurkan melalui tali pusar. Bayi yang bari lahir harus mengirup oksigen sendiri kurang dari lima menit setelah dilahirkan juka tidak bayi terrancam terkena cedera otak karena hypoxia atau Anoxia. Saat lahir, 95% dari bayi yang baru lahir beratnya sekitar 5,5 sampai 10 kilogram dan panjangnya antara 18 sampai 22 inci.

Daftar pustaka


Papalia E Diane, Olds Wendkos Sally, & Feldman Duskin Ruth. Human Development. New York: Higher Educatoin, 2009

Taufan Suranata. http://www.scribd.com/doc/16614748/eBook-Tiga-Tahun-Pertama-Yang-Menentukan-Bagi-Anak. 15 nopember 2010

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo