Minggu, 21 November 2010

Merokok



Rokok merupakan bisnis yang paling menguntungkan. Ya kenapa tidak 28% penduduk Indonesia penggemar rokok. Rokok telah melekat dihati banyak orang, walaupun sudah banyak sekali peringatan tentang bahaya rokok. Bahkan di iklan dan lebel bungkus rokok telah tertera efek samping merokok seperti peringatan "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER ,SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN SERTA JANIN", namun tetap saja cara ini tidak efektif untuk mengurangi rokok . Di China saja ada 390juta perokok atau 29% penduduknya adalah perokok. Berhenti merokok sepertinya mudah, tetapi kenyataannya orang yang sudah terikat dengan rokok sangat sulit untuk berhenti. Mungkin sudah banyak cara yang di lakukan untuk berhenti,tetapi tetap saja masih merokok.

kenapa orang-orang menyukai rokok?
katanya dengan merokok kita bisa lebih santai dan merasa tenang. Jika tidak merokok orang akan mudah stres dan depresi. selain merokok membuat kita menjadi santai ada yang beranggapan bahwa merokok itu akan menunjukan kejantanan.
Merokok memang adamanfaatnya namun bahaya rokok lebih banyak dari pada manfaatnya. Sadarkah bahwa jika merokok bukan saja menyakiti dirisendiri namun juga menyakiti orang lain.
Tampa kita sadari jika kita merokok, kita akan menyakiti orang lain. Karena asap rokok yang menyebar juga akan merusak organ pernafasan orang lain (perokok pasif).

Kerugian merokok!!
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dan sebagainya. Bahkan  Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

2. Rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seseorang yang sudah kecanduan akan susah untuk berhenti merokok. 

3. Dari segi materi orang yang kecanduan rokok akan susuh menabung dan sukses, dana yang saharusnya diberikan untuk keluarga sering di salah gunakan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

4. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokokyang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

5.  Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Penyakit-penyakit akibat rokok
• Jantung dan Stroke
Satu dari tiga kematian di dunia berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan “sudden death” ( kematian mendadak).
• Kanker paru
Satu dari sepuluh perokok berat akan menderita penyakit kanker paru. Pada beberapa kasus dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian, karena sulit dideteksi secara dini. Penyebaran dapat terjadi dengan cepat ke hepar, tulang dan otak.

• Kanker mulut
Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.
• Osteoporosis
Karbonmonoksida dalam asap rokok dapat mengurangi daya angkut oksigen darah perokok sebesar 15%, mengakibatkan kerapuhan tulang sehingga lebih mudah patah dan membutuhkan waktu 80% lebih lama untuk penyembuhan. Perokok juga lebih mudah menderita sakit tulang belakang.
• Katarak.
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada mata. Perokok mempunyai risiko 50% lebih tinggi terkena katarak, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
• Psoriasis.
Perokok 2-3 kali lebih sering terkena psoriasis yaitu proses inflamasi kulit tidak menular yang terasa gatal, dan meninggalkan guratan merah pada seluruh tubuh.
• Kerontokan rambut.
Merokok menurunkan sistem kekebalan, tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti lupus erimatosus yang menyebabkan kerontokan rambut, ulserasi pada mulut, kemerahan pada wajah, kulit kepala dan tangan.
• Dampak merokok pada kehamilan.
Merokok selama kehamilan menyebabkan pertumbuhan janin lambat dan dapat meningkatkan risiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Risiko keguguran pada wanita perokok 2-3 kali lebih sering karena Karbon Monoksida dalam asap rokok dapat menurunkan kadar oksigen.
• Impotensi.
Merokok dapat menyebabkan penurunan seksual karena aliran darah ke penis berkurang sehingga tidak terjadi ereksi.


Beberapa Tips untuk Berhenti Merokok
Berhenti merokok sepertinya mudah, tetapi kenyataannya orang yang sudah terikat dengan rokok sangat sulit untuk berhenti. Mungkin sudah banyak cara yang di lakukan untuk berhenti, tetapi tetap saja masih merokok.
nah ini ada beberapa tips, semoga bisa membantu menghilangkan kecanduan rokok..

1.Mulai Dengan Kebiasaan Yang Baik.
Untuk merubah kebiasaan yang sering di lakukan harus juga dengan melakukan kebiasaan lain, seperti makan permen, makan buah-buahan atau menggigit cengkeh,dan lain-lain. Sebab sering kali yang membuat sulit berhenti merokoka dalah karena sugesti untuk merokok yang sudah menjadi kebiasaan. Dalam ilmu psikologi kita harus bisa mengontrol para penderita rokok. Jika cara mengantikan rokok dengn makan permen tidak berhasil maka kita harus menggunakan ancaman untuk penguna rokok, agar sang pengguna berhenti merokok.

2.Tanamkan Kesadaran Untuk Berhenti Merokok
Sadarlah bahwa rokok itu adalah racun yang kerjanya sangat lambat tetapi mematikan. Bangunkan kesadaran diri yang kuat dan lihat dengan jelas bahaya yang di akibatkan asap rokok adalah sangat-sangat berbahaya bagi kesehatan dan mulailah untuk berhenti merokok. Jangan tunggu jantung diri sendiri berhenti lebih dahulu,baru berhenti merokok.Tetapi berhentilah sekarang dan katanlah itu kepada diri sendiri bahwa saya harus berhenti sekarang. Bulatkan tekat pada diri sendiri bahwa keputusan untuk berhenti merokok tidak bisa
di ganggu gugat. Itu adalah keputusan total dan jangan pernah sentuh lagi itu sampai kapanpun..!!!

3.Berhenti merokok Dengan Cara Bertahap
berhenti merokok dapat dilakukan setahap demi setahap. memang susah menghilangkan kecanduan rokok, seperti kecanduan narkoba, menghilangkan kecan dua rokok kita dapat lakukan perlahan-lahan. setiap hari kita harus kurang sedikit demi sedikit sampai akirnya benar-benar berhenti. jika kita langsung berhenti mungkin efeknya hanya sebentar.

4.Mulailah Dengan Pergaulan Yang Sehat
Pergaulan yang buruk akan membawa pada kebiasaan yang buruk. Jadi berusahalah jauhi teman-teman yang merokok, tapi bukan bearti memutuskan hubungannya sebagai teman. Bila di tawari katakan dengan sungguh-sungguh bahwa kamu sendiri sudah berhenti merokok dengan perasaan bangga. Sebab mereka juga pasti ingin berhenti tapi tidak mampu saja. Dari pada sendiri tertular dan menjadi perokok pasif yang pada akhirnya dapat terkena dampak negatifnya juga dari rokok, lebih baik menjauh. Mulailah memiliki pergaulan yang sehat demi menjaga kesehatan.

5. Isilah Jiwa Raga dengan Hal Positive
Hal yang paling perlu di lakukan adalah menyadari bahwa merokok itu membuat kita terikat dengan rokok dan itu bearti berdosa. Dosa itu adalah kejahatan di mata Tuhan. Kalu kita berhenti merokok,kita bukan hanya menjaga tubuh kita tatap sehat,tetapi menyenangkan hati Tuhan juga.Oleh karena itu berhentilah merokok, lakukan dengan kekuatan dan niat yang tulus dan minta pertolongan Tuhan.



0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo