Minggu, 24 Oktober 2010

nama-nama bulan

kita pasti biasa saja mendengar nama bulan.. namun apakah kalian tau asal muasal nama Januari, Febuarai, Maret dst..
maka aku coba tulis yang aku tau tetantang asal nama-nama bulan ini,,

Januari
Januari sendiri diambil dari kata "Janus", yaitu dewa Romawi yang memiliki satu mata diwajahnya dan dikepala bagian belakang. Janus juga dikenal sebagai God Of Gates, Doorways, Begennings, Endings, Sunset, dan Sunrice. Karena pada bulan ini ada festival Janus, maka diberinama Januari dari bahasa latin Januarius.

Febuari
Febuari berasal dari kata "Februa", yaitu festifal pengampunan dosa tradisi bangasa Sabine, Roma. yang baisanya di gelar pada tanggal 15 Febuari. dalam bahasa latin Februare berarti Purifcation atau permurnian. Tetapi ada juga yang berkata Febuari itu diambil dari Februus, nama dewa Italia kuno.

Meret
Meret diambil dari nama dewa perang "Mars" yang dikenal juga sebagai dewa Yunani, Aries. kerena pada bulan ini suka perang. Dulu sebelum Maret, ada tambahan hari yang namanya Intercalaris(inter-kalen-der). tetapi sejak jaman Julius Caesar, tidak dipakai lagi


April
April berasal dari kata "Aperie" yang dalam bahasa latin berarti Blossom atau bunga 
J karena itu orang roma menyebut bulan ini Aprilis. ada juga yang bilang April berasal dari kata "Aphrodite", nama Yunani dari planet Venus alisa dewi cinta dan kecantikan.


Mei
Mei berasal dari kata "Maia" artinya The great one. Maia adalah dewi Italia dari musin semi, anak perempuan dariu Faunus, dan istri dari Vulcan. ada juga yang bilang berasal dari nama Maiesta, dewi kehormatan dari roma. Sumber lain mengatakan Maia adalah anak Atlas. dan menikah dengan Jupiter dan ibu dari Mercury.


Juni
Juni sendiri berasal dari nama "Juno" yaitu ratunya dewi-dewi se-Roma(the principle of the Roman Pantheon). Dialah perempuan sejati dan dewi pernikahan. Adiknya sekaligus istri dari Jupiter, Juga dikenal sebagai dewi yunani, Hera. yang juga dibilang iuniores atau lelaki muda, lawan dar maiores atau lelaki dewasa dan cantik yang sedang mekar.

Juli
karena kaisar Julius Ceasar lahir di bulan ini maka pada 46sm dia merevisikan kalender Romawi, selanjutnya menjadi mananya sendiri. sebelunya bulan ini bernama Quintilis atau bulan kelima. karena dulu Bulan berawal Dari Maret bukan Januari,

Agustus
kaisar Roma Agustus Caesar merevisi kalender yang disusun oleh Julius Ceasar. karena pada bulan ini terjadi banyak kejadian heroik dan keberuntungan yang di alami kerajaan yang dipimpinnya. pada awalnya bulan ini bernama Sextilis atau bulan keenam. dan akirnya diubah sesuai namanya.

September
September asalnya dari "Septem" yang artinya tujuh. bulan ini memang bukan bulan ketujuh dalam kalender bangsa Julian atau Romawi. bulan ini baru establish pada Julius Caesar. awalnay jumblahnya ada 29 tetapi diubah menjadi 30.
Oktober berasal daro Octo yang berati delapan dalam kalender Julian di masa kerajaan romawi. ketika kalender Gregory yang dibuat oleh Pope Gregory XII diberlakukan, dan awal tahun dimulai dari Januari, Oktober pun mundur menjadi bulan kesepuluh.

November
Novenber berasal dari "Novem" yang artinya sembilan. ini adalah bulan kesembilan dimasa kerajaan Romawi. Tahun 1582 negara-negara khatolik mengoreksi kalender Gregorian, sehingga November ditetapkan nmenjadi bulan kesebelas.

Desember
bulan kesepuluh dalam kelender Julian atau romawi. berasal dari kata Decem. yang berati sepuluh. setelah ada pembaruan dimana Januari diakui sebagai awal tahun maka desember manjadi bulan kedua belas

0 celoteh:

 
©Suzanne Woolcott sw3740 Tema diseñado por: compartidisimo